Detail Cantuman
Advanced SearchText
Analisis Literasi Sains Berbasis Lingkungan dan Kreativitas Siswa pada Materi Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Model Nature of Science (NOS)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa berbasis lingkungan dan kreativitas pada materi asam basa dengan menggunakan model pembelajaran Nature of Science (NOS). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMA Ksatrya, Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan dan tes literasi sains. Penelitian ini diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan literasi sains siswa berbasis lingkungan dan kreativitas yang muncul menggunakan model pembelajaran NOS yang dinyatakan dalam persentase kemampuan literasi sains berbasis lingkungan dan kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan literasi sains berbasis lingkungan siswa kelas XI IPA muncul dengan persentase yang bervariasi sedang, dimana terlihat dari hasil tes literasi sains bahwa sebanyak 21% siswa memiliki kemampuan literasi tinggi, 61% siswa memiliki kemampuan literasi sedang dan 18% siswa memiliki kemampuan literasi rendah. Sedangkan kreativitas siswa muncul dengan persentase yang bervariasi dengan kategori tinggi, cukup dan rendah. Berdasarkan hasil kuesioner juga diperoleh bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran NOS tinggi.
Ketersediaan
K3618014 | K36.18 014 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi) |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K36.18 014
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3336167866
|
Klasifikasi |
K36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Viory Eka Savitry
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain