Image of Analisis Literasi Sains Berbasis Lingkungan dan Kreativitas Siswa pada Materi Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Model Nature of Science (NOS)

Text

Analisis Literasi Sains Berbasis Lingkungan dan Kreativitas Siswa pada Materi Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Model Nature of Science (NOS)



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa berbasis lingkungan dan kreativitas pada materi asam basa dengan menggunakan model pembelajaran Nature of Science (NOS). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMA Ksatrya, Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan dan tes literasi sains. Penelitian ini diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan literasi sains siswa berbasis lingkungan dan kreativitas yang muncul menggunakan model pembelajaran NOS yang dinyatakan dalam persentase kemampuan literasi sains berbasis lingkungan dan kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan literasi sains berbasis lingkungan siswa kelas XI IPA muncul dengan persentase yang bervariasi sedang, dimana terlihat dari hasil tes literasi sains bahwa sebanyak 21% siswa memiliki kemampuan literasi tinggi, 61% siswa memiliki kemampuan literasi sedang dan 18% siswa memiliki kemampuan literasi rendah. Sedangkan kreativitas siswa muncul dengan persentase yang bervariasi dengan kategori tinggi, cukup dan rendah. Berdasarkan hasil kuesioner juga diperoleh bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran NOS tinggi.


Ketersediaan

K3618014K36.18 014Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K36.18 014
Penerbit Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3336167866
Klasifikasi
K36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this