Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia Siswa
Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-modul 3D berbasis PBL (Problem Based Learning) pada topik larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa. Modul elektronik ini disusun menggunakan 3D Page-Flip Professional dengan mengikuti langkah Penelitian dan Pengembangan Borg & Gall. Sebanyak 224 siswa, 11 guru, dan 10 ahli terlibat dalam evaluasi E-modul 3D yang dikembangkan.. Hasil realiabilitas ahli materi dan bahasa diperoleh R= 0,78. Sedangkan hasil realibilitas ahli media diperoleh R= 0,721, kedua hasil tersebut memiliki kategori baik. Hasil uji coba skala kecil baik siswa maupun guru pada setiap indikator diperoleh persentasi berturut-turut sebesar 79,5%- 86,5% dan 83,3%-93,4% dengan interpretasi baik sampai sangat baik. Hasil uji coba skala besar baik siswa maupun guru pada setiap indikator diperoleh persentasi berturut-turut sebesar 80,3%- 92,3% dan 88,3%-93,5% dengan interpretasi baik sampai sangat baik. Penerapan e-Modul hasil pengembangan pada proses pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol.
Ketersediaan
K3618016 | K36.18 016 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi) |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K36.18 016
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3336167940
|
Klasifikasi |
K36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Romarta Gultom
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain