Image of Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Berpikir dan Gender terhadap Hasil Belajar Kognitif dalam Mata Pelajaran Biologi

Text

Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Berpikir dan Gender terhadap Hasil Belajar Kognitif dalam Mata Pelajaran Biologi



Efikasi diri adalah keyakinan seseorang untuk dapat menguasai situasi dan menghasilkan hasil positif. Efikasi diri mempengaruhi tindakan, kegigihan dalam memecahkan masalah, tingkat usaha, dan hasil akhir dari individu. Efikasi diri laki-laki berbeda dengan perempuan. Siswa laki-laki maupun perempuan yang mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah dapat dibantu dengan membiasakan dirinya untuk berpikir dan bertindak ketika dihadapi masalah tersebut. Kebiasaan dalam berpikir dan bertindak tersebut lebih dikenal dengan habits of mind. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh efikasi diri, kebiasaan berpikir dan gender terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran biologi. Nilai rata-rata tertinggi pada kelompok siswa dengan efikasi tinggi, kebiasaan berpikir rendah dan bergender perempuan yaitu sebesar 91.82. Nilai rata-rata tes terendah pada kelompok siswa dengan efikasi tinggi, kebiasaan berpikir rendah dan bergender laki-laki yaitu sebesar yaitu sebesar 70.91. Berdasarkan hasil pengujian pada hipotesis dengan uji faktorial ANOVA diperoleh nilai sig. 0.009 < 0.05. Dapat dikatakan bahwa terdapat interaksi antara efikasi diri, kebiasaan berpikir dan gender dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif.


Ketersediaan

B3618017B36.18 017Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 017
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436149240
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this