Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Berpikir dan Gender terhadap Hasil Belajar Kognitif dalam Mata Pelajaran Biologi
Efikasi diri adalah keyakinan seseorang untuk dapat menguasai situasi dan menghasilkan hasil positif. Efikasi diri mempengaruhi tindakan, kegigihan dalam memecahkan masalah, tingkat usaha, dan hasil akhir dari individu. Efikasi diri laki-laki berbeda dengan perempuan. Siswa laki-laki maupun perempuan yang mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah dapat dibantu dengan membiasakan dirinya untuk berpikir dan bertindak ketika dihadapi masalah tersebut. Kebiasaan dalam berpikir dan bertindak tersebut lebih dikenal dengan habits of mind. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh efikasi diri, kebiasaan berpikir dan gender terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran biologi. Nilai rata-rata tertinggi pada kelompok siswa dengan efikasi tinggi, kebiasaan berpikir rendah dan bergender perempuan yaitu sebesar 91.82. Nilai rata-rata tes terendah pada kelompok siswa dengan efikasi tinggi, kebiasaan berpikir rendah dan bergender laki-laki yaitu sebesar yaitu sebesar 70.91. Berdasarkan hasil pengujian pada hipotesis dengan uji faktorial ANOVA diperoleh nilai sig. 0.009 < 0.05. Dapat dikatakan bahwa terdapat interaksi antara efikasi diri, kebiasaan berpikir dan gender dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif.
Ketersediaan
B3618017 | B36.18 017 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi) |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B36.18 017
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3436149240
|
Klasifikasi |
B36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Dinda Yumarita Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain