STEAM adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang memberikan siswa kesempatan untuk memperluas pengetahuan dalam sains dan humaniora dan pada saat yang sama mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di abad ke-21 ini – seperti keterampilan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, kepemimpinan, kerja tim, kreativitas, ketangguhan, dan keterampilan lainnya. STEAM diinisiasi oleh Rhode Island School of Design yang menambahkan “arts” ke dalam kerangka STEM. Penambahan “arts” pada kerangka STEM adalah penting sebagai praktik, seperti pemodelan, mengembangkan penjelasan, dan memunculkan kritikan, dan evaluasi (argumentasi), yang selama ini sering ditekankan dalam konteks pendidikan matematika dan sains.
Pemahaman konsep dasar STEAM dan inovasi yang bisa dilakukan dalam mengembangkan model pembelajaran ini harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi harus ditingkatkan. Untuk itu Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan Kuliah Umum (stadium general) dengan mengundang narasumber dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yaitu Dr. Noorzana Binti Khamis yang berpengalaman dalam bidang Physics Education, Scientific Epistemology, STEM Education, Environmental.
Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si. Dekan FMIPA menyambut baik dengan kegiatan kuliah umum ini dan berharap kegiatan ini memberikan pengetahuan yang lebih dalam terkait dengan STEAM, dan pertemuan ini menjadi wadah diskusi dosen dan mahasiswa Pendidikan Biologi dengan narasumber terkait dengan perkembangan riset yang ada di UTM. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Noorzana Binti Khamis terkait dengan tren dan inovasi penelitian STEAM dan diakhir dengan diskusi bersama dengan mahasiswa.