Salah satu kegiatan tri darma perguruan tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk meberikan kontribusi kepada masyarakat dengan cara memeberikan informasi dan edukasi dalam berbagai aspek ilmu.

Demi Mewujudkan tri darma perguruan tinggi tersebut, tim dosen Prodi Statistika & Ilmu Komputer Universitas Negeri Jakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan pada tiga lokasi yang berbeda yaitu Kantor Kelurahan Malaka Jaya dan Kantor RW 07, Jakarta Timur (Selasa, 4 Oktober 2022) serta Gedung Dewi Sartika Lantai 5 Universitas Negeri Jakarta (Rabu, 12 Oktober 2022). Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari strategi edukasi dan bentuk kontribusi dosen statistika UNJ dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan khususnya di bidang statistika dan ilmu komputer sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini bermitra dengan Kelurahan Malaka Jaya yang saat ini dikepalai oleh Bapak Asri Yanto. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini melibatkan mahasiswa prodi statsitika dan juga ilmu komputer sebagai ajang pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan ini, dimulai dengan acara pembukaan di lantai 3 Kantor Kelurahan Malaka Jaya yang dibuka secara resmi oleh Bapak Asri Yanto selaku Lurah Malaka Jaya Selain itu Koordinator Program Studi Ilmu Komputer turut memberikan sambutan dan menyambut baik terselenggaranya acara ini. Pasalnya, acara ini mendukung peningkatan kualitas riset bagi dosen dan mahasiswa khsususnya di bidang pendidikan. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan sesaui dengan lokasi dan pelatihan yang telah di pilih oleh peserta.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, terbagi menjadi 10  jenis pelatihan dengan topik yang berbeda dan dilaksanakan di 2 lokasi. Dmana, progam studi statistika melaksanakan 5 pelatihan di Kantor Kelurahan Malaka Jaya sedangkan program studi ilmu komputer melaksanakan pelatihan di kantor RW 07. Pembicara dalam rangkaian kegiatan PKM ini terdiri dari 5 dosen statistika dan 2 dosen ilmu komputer, yaitu  Dr. Ir. Bagus Sumargo M.S., selaku Koorprodi Statistika, Dian Handayani, M.Si., FarohLadayya M.Si., Dra Widyanti Rahayu, M.Si., Dania Siregar, M.Si., Vera Maya Santi, M.Si., Ir. Fariani Hermin M.T., selaku koordinator program studi ilmu komputer, Med Irzal, M.Kom., Drs. Mulyono, M.Kom., dan Ari Hendarno, S.Pd. M.Kom.

Lokasi pertama yaitu lantai tiga Kantor Kelurahan Malaka Jaya dihadiri oleh 32 peserta  yang merupakan pengurus RPTRA, Forum Komunikasi Dini Masyarakat (FKDM), admin PPSU, ASN, dan Dinas Sosial. Peserta mendapatkan 3 jenis pelatihan. Pertama-tama peserta mendapatkan pelatihan dengan judul “Pelatihan dan pendampingan pembuatan Infografis untuk Aparat RT/RW di Kelurahan Malaka Jaya” di paparkan oleh Ibu Faroh Ladayya, M.Si., dan diikuti oleh 32 peserta  yang merupakan pengurus RPTRA, Forum Komunikasi Dini Masyarakat (FKDM), admin PPSU, ASN, dan Dinas Sosial. Pada pelatihan ini peserta belajar dan mempraktekkan langsung bagaimana membuat infografis dalam menyusun dan menyebarkan informasi agar lebih menarik dan interaktif.

Selanjutnya peserta mendapatkan pelatihan dengan yang dipaparkan oleh ibu Dra. Widiyanti Rahayu, M.Si dengan judul “Pelatihan Estimasi Data Hilang dalam Rangka Penyusunan Prototipe Wilayah dalam Angka di Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur”.

Terakhir peserta mendapatkan pelatihan yang dipaparkan oleh Ibu Dania Siregar, M.Si dengan judul “Pelatihan dan Pendampingan Visualisasi Data dalam rangka Penyusunan Prototipe Wilayah Dalam Angka di Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memvisualisasikan data menggunakan google data studio. Pada pelatihan ini, peserta diperkenalkan secara langsung apa itu data google data studio dan mempraktekan langsung visualisasi data dengan data studio. Data yang digunakan adalah data covid-19 di Indonesia.

Lokasi pelatihan berikutnya dilaksanakan di lantai 1 Kantor kelurahan Malaka Jaya yang dihadiri oleh 13 pengurus dan anggota Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK). Pertama peserta mendapatkan pelatihan yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si dengan judul.  “Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Statistika Deskriptif dalam Rangka Penyusunan Prototipe Wilayah dalam Angka di Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur”. Peserta diberikan pelatihan bagaimana melakukan pendampingan dan penyusunan wilayah terkecil/kelurahan dalam angka menggunakan G-Form, Survei, Pengolahan Data, dan Publikasi.

Selanjutnya peserta mendapatkan pelatihan yang dipaparkan oleh Dian Handayani, M.Si, dengan judul “Pelatihan Manajemen Data Terhadap Aparat Kelurahan (Studi Kasus: Aparat Kelurahan Malaka Jaya Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur)”.

Pelatihan yang dilaksanakan di RW 07 dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan kader posyandu di Kelurahan Malaka Jaya. Peserta mendapatkan Pelatihan Pemanfaatan e-Commerce sebagai sarana pemberdayaan ekonomi keluarga dan juga pelatihan. Pemanfaatan Sistem Informasi Posyandu yang dipaparkan oleh Ibu Ir. Fariani Hermin I., M.T serta Bapak Med Irzal, M.Kom.

Diwaktu yang berlainan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan oleh dosen program studi statistika Ibu Vera Maya Santi, M.Si. dengan judul pelatihan “Metode Survei pada Pengembangan Publikasi Kelurahan dalam Angka di Kelurahan Malaka Jaya”.

Dilain kesempatan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan pada waktu yang berbeda yaitu Rabu, 12 Oktober 2022 yang berlokasi di Gedung Dewi Sartika Lantai 5 Universitas Negeri Jakarta. Pelatihan ini dihadiri oleh Guru Matematika se-Jakarta Timur dimana peserta mendapatkan pelatihan Menghitung Integral Menggunakan Metode Newton-Cotes dengan Bantuan Microsoft Excel dan Pengolahan Data Penelitian dengan SPSS yang dipaparkan oleh Drs. Mulyono, M.Kom. Pelatihan selanjutnya dipaparkan oleh Bapak Ari Hendarno, S.Pd., M.Kom. dengan judul pelatihan “Pembuatan penelitian kuantitatif yang bertife SEM (Structural Equation Modeling) sebagai alternative selain PTK”

Kegiatan berjalan cukup baik dan lancar, dimana peserta cukup antusias dalam pelaksanaan pelatihan. Sebagian besar peserta pelatihan merasa pelatihan memberikan manfaat dan pengetahuan baru, motivasi serta keterampilan yang menunjang profesi Di akhir acara, banyak peserta yang meminta dibuatkan program pelatihan serupa untuk dibimbing dalam meningkatkan keahlian serta keterampilan dalam memudahkan pekerjaan mereka sebagai pengurus RPTRA, Forum Komunikasi Dini Masyarakat (FKDM), admin PPSU, ASN, Dinas Sosial, Lembaga Masyarakat Kelurahan, kader posyandu dan juga guru matematika.

 
0

You may also like

Peresmian Pojok Statistik Universitas Negeri Jakarta
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pelatihan Statistika
Visitasi Akreditasi Program Studi Statistika 2018

admin

Tinggalkan Balasan