Image of Pengaruh Pembelajaran Matematika Model Eliciting Activities (MEAs) Dikombinasikan Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 11 Depok

Text

Pengaruh Pembelajaran Matematika Model Eliciting Activities (MEAs) Dikombinasikan Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 11 Depok



Penelitian ini menggunakan quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain pretest post-test control grup design. Pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling. Pengambilan sampel tahap pertama menggunakan purposive sampling untuk memilih 5 kelas yang diajarkan oleh guru yang sama kemudian, untuk mendapatkan 2 sampel yaitu kelas eksperimen (pembelajaran MEAs dikombinasikan tutor sebaya) dan kelas kontrol (konvensional) dari 5 kelas terpilih sebelumnya, menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen, memiliki rata-rata yang tidak berbeda secara signifikan dan kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen terdiri dari instrumen pretest dan posttest masing masing instrumen terdiri 8 soal uraian. Sebelum instrumen penelitian digunakan, telah dilakukan uji validasi, realibilitas dan taraf kesukaran pada instrumen tersebut.
Berdasarkan hasil penilitian rata-rata nilai pretest kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen 34,59, dan rata rata nilai pretest kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol yaitu 36,21. Hal ini menunjukan bahwa rata rata nilai pretest kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol sedikit lebih tinggi daripada kelas eksperimen kelas eksperimen namun tidak berbeda secara signifikan. Perhitungan hasil rata-rata post-test kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen 66,41 sedangkan rata-rata hasil post-test kemampuan komunikasi pada kelas kontrol hanya 52,00. Hasil uji-t berpasangan hasil pretest dan posttest kedua kelas menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kedua kelas.
Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran MEAs dikombinasikan tutor sebaya terhadap komunikasi matematis siswa maka dilakukan uji-t tidak berpasangan terhadap nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t tidak berpasangan menyatakan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol secara signifikan yang secara tidak langsung menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model eliciting activities (MEAs) dikombinasikan tutor sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.


Ketersediaan

M1517035M15.17 035Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 035
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this