Kolokium online: Teknis Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Data Difraksi Sinar-X

Sebagai pengganti stadium general yang biasanya diadakan pada awal semester karena adanya pandemi Covid-19, Prodi Fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kolokium online yang berjudul ‘Teknik Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Data Difraksi Sinar-X’ yang diadakan pada:
Hari/tanggal : Rabu, 22 Juli 2020
Pukul              : 09.00 s.d 12.00
Platform        : Zoom virtual Meeting

Adapun pembicara pada kolokium ini adalah Dr. Erfan Handoko, M.Si dan dimoderatori oleh Riser Fahdiran M.Si, keduanya adalah dosen fisika UNJ. Bidang penelitian beliau adalah eksperimen material magnetik terutama yang berkaitan dengan karakteristik material magnetik untuk aplikasi dalam nanoteknologi. Pada kolokium ini, beliau menjelaskan tentang teori difraksi sinar-X dan menerapkannya dalam eksperimen. Selain itu, beliau juga menjelaskan cara menganalis data dari hasil difraksi yang berkaitan dengan makna fisis yang didapat.

Kolokium ini diikuti oleh sekitar 60 peserta baik dari dosen dan mahasiswa. Dalam daftar hadir tercatat beberapa peserta dari luar UNJ, seperti UNTIRTA, Planetarium, Universitas Bhayangkara Jakarta, dan Universitas Global Jakarta. Oleh sebab itu, mudah-mudahan acara kolokium ini dapat diadakan lagi mengingat animo peserta yang cukup besar .

 

Written by