Webinar: LabVIEW for Academic and Industrial Applications

Pada hari kamis 12 November 2020, prodi fisika bekerjasama dengan prodi pendidikan fisika UNJ mengadakan webinar yang mengambil topik “LabVIEW for Academic and Industrial Applications” yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa fisika dan pendidikan fisika angkatan 2018. Acara webinar ini pada dasarnya adalah kegiatan pengganti dari Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang setiap tahunnya diadakan oleh prodi fisika dan pendidikan fisika dengan mengunjungi beberapa instansi pendidikan atau industri. Akan tetapi, kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda memaksa semua kegiatan mahasiswa dilakukan secara daring online.

Acara webinar ini dimoderatori oleh Dr. Mutia Delina sebagai pembawa acara. Acara dimulai pada pukul 09.45 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Setelah itu, kegiatan webinar secara resmi dibuka oleh Dr. Adisyahputa selaku Dekan FMIPA UNJ. Lalu, pembacaan doa dipandu oleh Fauzi Bakri, M.Si sebelum penyampaian materi. Pembicara pada kegiatan ini adalah bapak Yasrof Adityo Mahardiko sebagai perwakilan dari PT Halia Teknologi Nusantara. Acara penyampaian materi ini dimoderatori oleh Riser Fahdiran, M.Si.

Pada pemaparannya, pembicara mula-mula memberikan pendahuluan tentang pengertian LabVIEW beserta cara pengoperasiannya. LabVIEW merupakan sebuah perangkat lunak (software) berbasis grafis atau block diagram. Untuk mengoperasikan LabView, user mula-mula membuat sebuah interface pada kontrol panel yang tersedia. Setelah itu, user dapat menyusun blok diagram yang berisi kode-kode perintah untuk menjalankan operasi tertentu. LabVIEW ini sangat berguna dalam memproses dan menganalisis data-data yang digunakan dalam bidang industri. PT Halia Teknologi Nusantara sendiri telah bertahun-tahun menjadi konsultan di bidang industri dengan memanfaatkan LabVIEW.

Tujuan utama dari webinar ini adalah sebagai pembuka dari kegiatan pelatihan LabVIEW yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa fisika dan pendidikan fisika angkatan 2018. Pelatihan ini akan diadakan secara intensif selama 3 hari pada bulan Desember 2020. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan skill tambahan dalam pengoperasian LabVIEW yang mungkin akan berguna untuk tugas akhir atau pun skill tambahan dalam dunia kerja. Acara webinar ini ditutup dengan foto bersama seluruh peserta.

Written by