Shawol: Sharing with our Lecturers 2020

Sebagai wujud silaturahmi antara dosen dan mahasiswa, BEM prodi fisika dan pendidikan fisika FMIPA UNJ mengadakan acara ‘Sharing with Our Lecturers (Shawol)’ yang diadakan pada hari Sabtu 19 Desember 2020. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Bersama Hadapi Pandemi Menuju Pembelajaran Efektif dan Produktif di Era Digital’ melalui aplikasi zoom. Hal ini didasarkan pada pandemi Covid 19 yang masih berlangsung di seluruh dunia hingga saat ini.

 

Untuk acara ini, seluruh panitia yang terlibat adalah seluruh mahasiswa prodi fisika dan pendidikan fisika sedangkan para dosen hanya memberikan pengalaman dan motivasi kepada para mahasiswa. Acara dimulai pada pukul 08.00 oleh MC yang dilanjutkan dengan sambutan oleh pembina BEM pendidikan fisika bapak Handjoko Permana, M.Si dan pembina BEM fisika ibu Dr. Mutia Delina. Setelah itu, acara dilanjutkan oleh games yang diadakan oleh dan untuk mahasiswa.

Stelah acara games berakhir, acara inti dimulai, yaitu talk show bersama dosen dan para mahasiswa. MC kemudian memandu jalannya sharing ini. Acara sharing dimulai dengan beberapa dosen membagikan pengalaman berupa tips dan trik untuk dapat kuliah di luar negeri. Kesimpulan yang dapat diambil dari pengalaman ini adalah mahasiswa harus mempunyai planning, passion, dan networking. Hal ini tidak lepas dari prosedur yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi di luar negeri.

Setelah itu, sesi tanya jawab antara dosen dan mahasiswa pun dimulai. Hal yang paling banyak ditanyakan oleh mahasiwa adalah seputar kegiatan akademik, seperti perkuliahan, bidang keahlian dosen, dan tips untuk lulus tepat waktu, Pada sesi ini hampir semua dosen memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. Inti sari agar mahasiswa suskes di semua bidang terutama di bidang akademik adalah mahasiswa harus dapat membagi waktu dan mempunyai motivasi yang kuat untuk maju.

Sesi sharing ini diakhiri pada pukul 11.15 dan acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Pada sesi ini, para dosen dipersilahkan untuk meninggalkan forum diskusi sedangkan para mahasiswa melanjutkan acara shawol hingga selesai pada pukul 11.40.

Written by