Studium General Prodi Fisika UNJ: Peran Alumni Fisika dalam Penelitian dan Pengembangan Teknologi di Lembaga Riset dan Dunia Industri

Untuk memberikan wawasan keilmuan bagi mahasiswa, Prodi Fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kegiatan stadium general yang diadakan pada hari Kamis, 16 September 2021 secara online dengan menggunakan platform zoom. Studium general kali ini membawa tema ‘Peran Alumni Fisika dalam Penelitian dan Pengembangan Teknologi di Lembaga Riset dan Dunia Industri’. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Prodi Fisika pada setiap semesternya.

Pembicara pada stadium general ini adalah Dr. Trismidianto dari instansi Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer (LAPAN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Bayu Nurcahyo, S.Si. dari instansi PT. Wahana Duta Jaya Rucika. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dbuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FMIPA Dr. Esmar Budi, dan ditutup dengan doa oleh Fauzi Bakri, M. Si.

kuliah umum pertama dibawakan Dr. Trismidianto dan dimoderatori oleh Riser Fahdiran, M.Si. Dr. Trismidianto merupakan alumni fisika UNJ angkatan 2001 yang bekerja di LAPAN sampai saat ini. Pada kesempatan kali ini beliau memaparkan penelitian beliau yang berkaitan ilmu kebumuian dan antariksa yang sedang ditekuni sampai sekarang. Selain itu, beliau juga memaparkan pengalaman beliau saat menjadi mahasiswa sampai akhirnya bergabung dengan LAPAN sampai sekarang.

Kuliah umum kedua dibawakan oleh Bayu Nurcahyo, S.Si. dan dimoderatori oleh Dr. Teguh Budi Prayitno. Bayu merupakan alumni UNJ angkatan 2007 yang bekerja di PT. Wahana Duta Jaya Rucika sampai saat ini. Pada kuliah ini beliau juga memaparkan pengalaman beliau selama menjadi mahasiswa, berpindah-pindah kerja untuk menemukan bidang yang cocok, sampai akhirnya berhabung dengan PT. Wahana Duta Jaya Rucika. Selain itu, beliau juga memotivasi mahasiswa agar jangan mudah menyerah sampai lulus dari kuliah.

Acara stadium general ini ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

 

 

Written by