Kompetensi Lulusan

Kode

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

S1 Mampu menunujukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghargai keragaman budaya, dan menjunjung tinggi nasionalisme serta  nilai-nilai kemanusiaan.
S2 Mampu menginternalisasi nilai-nilai kemandirian, disipin, tanggung jawab, berfikir kritis, inovatif, komunikatif, dan kolaboratif dalam menyelesaikan berbagai masalah.

KETERAMPILAN UMUM

KU1 Mampu bekerja optimal baik secara mandiri maupun berkelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaannya.
KU2 Mampu mendokumentasikan dan melakukan analisis data untuk menyusun deskripsi saintifik berdasarkan kaidah ilmiah baku dalam rangka menghasilkan solusi permasalahan secara tepat.
KU3 Mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tulisan serta mengimplementasikan dan mempublikasikan gagasan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PENGETAHUAN

P1 Menguasai konsep-konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok fisika klasik dan fisika modern
P2 Menguasai konsep matematika, komputasi, dan instrumentasi dalam kajian keilmuan fisika serta pemecahan permasalahan Fisika
P3 Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika, dan terapannya.

KETERAMPILAN KHUSUS

KK1 Mampu melakukan analisis teoritis, dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar fisika dan konsep matematika untuk menghasilkan model atau simulasi yang sesuai dengan hipotesis
KK2 Mampu melakukan eksperimen dengan menerapkan prinsip dasar pengukuran fisika dan metodologi ilmiah baku untuk menginterpretasikan data dan merumuskan gejala atau permasalahan fisika.
KK3 Mampu menguasai keterampilan instrumentasi dan komputasi, serta sistesis dan karakterisasi material untuk meningkatkan dan mengembangkannya pada bidang yang lebih luas
KK4 Mampu mengaplikasikan konsep fisika pada bidang terapan yang relevan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK sesuai dengan bidang kepeminatan.
KK5 Meningkatkan kompetensi dan keilmuannya untuk dapat melanjutkan studi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.