Visitasi Akreditasi Internasional Rumpun Fisika dan Matematika FMIPA UNJ dengan ASIIN Jerman

Pada tanggal 12-13 Oktober 2023 telah dilaksanakan Visitasi Akreditasi Internasional oleh Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) pada program studi rumpun Matematika dan Fisika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Visitasi ini dilakukan secara luring di Ruang Sidang Gedung Syafei lantai 8 dan daring melalui Zoom.

ASIIN merupakan lembaga akreditasi berbasis di Jerman yang memusatkan perhatiannya pada bidang teknik, informatika, dan ilmu alam. ASIIN bertugas mengevaluasi serta mengakreditasi program-program studi di berbagai universitas dan lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Kegiatan visitasi ini dihadiri oleh Rektor UNJ, para Wakil Rektor, Dekan, dan Ketua Lembaga UNJ, Koordinator Program Studi, Kepala Laboratorium serta Dosen rumpun Fisika dan Matematika.  Selain itu  juga terdapat sejumlah panelis ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Andrea Kern dari ASIIN Jerman.
  2. Prof. Hans-Georg Weigand dari Universitas Würzburg Jerman.
  3. Prof. Andreas Müller dari Universitas Jenewa Swiss.
  4. Alexandra Dreiseidler dari Sekolah Menengah Emil-Fischer di Euskirchen Jerman.
  5. Dr.Rer. Nat. Roniyus Marjunus dari Universitas Negeri Lampung (UNILA).
  6. Prof. Hilda Assiyatun dari Institut Teknologi Bandung (ITB).
  7. Andre Saputra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Proses visitasi ASIIN terhadap program studi ini melibatkan evaluasi yang sangat terperinci pada berbagai aspek, termasuk kurikulum, metode pengajaran, sumber daya pengajaran, kualifikasi dosen, riset, fasilitas laboratorium, serta kualitas dan pencapaian mahasiswa.

Rumpun Fisika memiliki beberapa Laboratorium diantarnya  Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Modern, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Fisika Material, Laboratorium Komputer dan Laboratorium Media Pembelajaran Fisika. Kegiatan visitasi laboratorium rumpun fisika dhadiri oleh kepala Laboratorium dan  laboran rumpun Fisika serta panelis ahli. Visitasi ini melibatkan evaluasi terhadap berbagai aspek, seperti fasilitas, peralatan, standar keselamatan, metode eksperimen, kualitas penelitian, dan kualifikasi laboratoran.

Saat diskusi antara panelis ahli dan UNJ, beberapa pokok pembahasan termasuk potensi UNJ sebagai Excellent University dalam persaingan dengan universitas lain di Jakarta. UNJ memiliki keunggulan sebagai lembaga pendidikan dengan sejarah yang kaya, upaya untuk meningkatkan pengalaman studi di luar negeri bagi staf pengajar dan mahasiswa, serta perbaikan berkelanjutan pada fasilitas laboratorium di FMIPA. Keberhasilan UNJ di bidang olahraga, vokasi, dan seni juga turut menjadi sorotan.

Menurut Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, akreditasi internasional dapat memberikan keuntungan dalam bentuk pengakuan dari masyarakat yang kemudian akan meningkatkan minat masyarakat terhadap UNJ secara global. Prof. Komarudin juga menegaskan pentingnya meningkatkan riset, pembelajaran, dan mutu staf pengajar dalam menjadikan UNJ sebagai World Class University.

Pada akhir diskusi, terdapat tiga hal yang mendapat apresiasi tinggi dari panelis ahli terhadap UNJ, yakni Center of Excellence, Labschool, dan Inkubator Bisnis, yang dinilai memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Prof. Komarudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada panelis ahli atas diskusi dan kesan yang diberikan kepada UNJ.

Written by