Pelatihan Asisten Laboratorium Semester 119

Salah satu capaian pembelajaran lulusan yang ingin dicapai oleh Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta adalah mampu melakukan eksperimen dengan menerapkan prinsip dasar pengukuran fisika dan metodologi ilmiah baku. Oleh karenanya kurikulum Program Studi Fisika sarat dengan mata kuliah praktek yang dilaksanakan di Laboratorium. Mata kuliah praktikum adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh setiap mahasiswa Program Studi Fisika. Mata kuliah praktikum bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam melakukan eksperimen dan mengukur fenomena kefisikaan yang telah dipelajari secara teori. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari cara melakukan pengukuran yang akurat, merancang eksperimen, dan menganalisis data secara sistematis.

Dalam melaksanakan mata kuliah praktikum di laboratorium, dosen pengampu mata kuliah dibantu oleh laboran dan asisten laboratorium. Asisten laboratorium (Aslab) adalah mahasiswa Program Studi Fisika yang bertugas membantu pelaksanaan praktikum di laboratorium. Setiap mahasiswa Fisika dapat menjadi asisten laboratorium mata kuliah praktikum asalkan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah mahasiswa yang bersangkutan telah lulus mata kuliah praktikum tersebut. Persyaratan selanjutnya adalah calon Aslab wajib mengikuti pelatihan Aslab yang diselenggarakan oleh Program Studi Fisika. Pelatihan aslab ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada calon Aslab agar lebih terampil mengoperasikan alat laboratorium serta mensosialisasikan tugas, hak, dan kewajiban menjadi Asisten Laboratorium.

Pelatihan Asisten Laboratorium di Program Studi Fisika semester 119 TA 2023/2024 dilaksanakan pada hari Jumat, 22 September 2023 pukul 08.00-16.00 WIB. Pelatihan tersebut terbagi menjadi tiga kegiatan paralel, yaitu Pelatihan Aslab Praktikum Fisika Dasar 1, Pelatihan Aslab Praktikum Fisika Modern, dan Pelatihan Aslab Praktikum elektronika. Kegiatan tersebut diikuti oleh 130 calon asisten laboratorium, dan setiap calon asisten hanya diperkenankan memilih satu kegiatan. Instruktur kegiatan terdiri dari tim dosen program studi pengampu mata kuliah praktikum dan laboran. Melalui pelatihan ini diharapkan semua calon Aslab memiliki persamaan persepsi lebih memahami dan lebih terampil menggunakan alat-alat praktikum serta memiliki persamaan persepsi mengenai tata cara pelaksanaan praktikum di Laboratorium.

Dokumentasi:

Tautan dokumentasi Pelatihan Aslab

Praktikum Fisika Dasar I:

Praktikum Elektronika:

Praktikum Fisika Modern:

Written by