SEMINAR NASIONAL FISIKA 2018

Seminar Nasional Fisika 2018 merupakan wadah temu ilmiah berkala tahunan yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika dan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta, sebagai forum interaksi, kolaborasi, dan integrasi antara pendidik, peneliti, dan praktisi. SNF tahun ini (2018) merupakan SNF tahun ke-7. Sejak pertama kali diselenggarakan, Seminar Nasional Fisika merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta. Dan semenjak tahun 2014 Seminar Nasional Fisika ini diselenggarakan atas kerjasama Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) cabang Jakarta. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia khususnya di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika terapan.

Seminar yang bertemakan “Research Development on Physics and Implementation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) to Strengthen Teaching and Learning Process” ini akan menghadirkan tiga pembicara inti, yaitu Prof. Kiichiiro Kagawa (Fukui University, Japan), Osamu Hashimoto, Ph.D. (Gunma Astronomical Observatory, Japan), dan Irma Rahma Suwarma, Ph.D (Universitas Pendidikan Indonesia). Adapun jumlah keseluruhan peserta seminar kali ini adalah 235 peserta dengan makalah yang diterima dan akan dipresentasikan sebanyak 193 dengan bidang kajian meliputi: Pendidikan Fisika; Instrumentasi dan Komputasi; Fisika Material, Biofisika dan Fisika Medis; Ilmu Kebumian dan Antariksa; Fisika Teori, Partikel dan Nuklir; serta Fisika Lingkungan dan Energi Terbarukan. Pemakalah berasal dari Fukui University Japan, Gunma Astronomical Observatory Japan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Institut Kejuruan Ilmu Farmasi, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Cendrawasih Papua, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Universitas Negeri Bengkulu, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional-Badan Tenaga Nuklir Nasional, Universitas Pancasila, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung, Universitas Terbuka, SMA Islamic Village, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Galuh, SMA Negeri 8 Bandung, dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

 

Dr. Ahmad Ridwan, M.Si Wakil Rektor Bidang kerjasama (mewakili Rektor UNJ) memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar.
Ariadne L. Juwono, M.Eng, Ph.D Ketua Himpunan Fisika Indonesia (HFI) memberikan sambutan sekaligus acara seminar.
Foto para Pembicara Utama
Sesi Foto Panitia Utama dengan para Pembicara Utama
Pembicara Utama Dr. Osamu Hashimoto menyampaikan materi Dengan moderator Riser Fahdiran, M.Si
Pembicara Utama Prof. Kiichiro Kagawa menyampaikan materi Bersama asistennya
Pembicara Utama Irma Rahma Suwarna, Ph.D menyampaikan materi Dengan moderator Dr. Esmar Budi, M.Si
Diskusi Peserta dengan pembicara
Diskusi Peserta dengan pembicara

Written by