Olimpisme Camp 2019

Pada tanggal 22-24 November 2019 program studi fisika dan pendidikan fisika bersama-sama mengadakan kegiatan ‘Olimpisme Camp 2019’ yang bertempat di gunung bundar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa fisika dan pendidikan fisika tingkat I yang berjumlah kurang lebih 200 peserta. Acara ini merupakan penutupan dari mata kuliah olimpisme pada semester ganjil. Tujuan diadakannya acara ini antara lain:
1. Pembinaan mental dan karakter mahasiswa angkatan 2019
2. Mensinergikan kegiatan Prodi dan kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa
Prodi Fisika, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta.
3. Mengaplikasikan dan mengembangkan nilai-nilai Olimpisme dalam berbagai sisi kehidupan.

Para peserta beserta dosen pendamping berangkat di pagi hari pada hari Jumat tanggal 22 November 2019 dari halaman UNJ. Sebelum pemberangkatan, peserta diminta melakukan pemeriksaan kelengkapan anggotanya terlebih dahulu. Setelah semuanya selesai, peserta bersama dosen pendamping mengadakan apel pembuka dengan pembina apel adalah Dr. Hadi Nasbey yang juga merupakan ketua panitia. Akhirnya para peserta memasuki truk dan berangkat menuju gunung bundar dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam.

Setelah sampai di lokasi, peserta memfokuskan diri untuk membangun tenda dan dapur kecil untuk memasak. Sejak pagi sampai malam sekitar pukul 19.00 belum ada materi dari panitia. Pada pukul 20.00 panitia mengumpulkan peserta untuk memberikan materi pertama. Acara dibuka oleh Dr. Anggara Budi Susila, lalu memperkenalkan para dosen yang hadir termasuk pemberi materi Drs. Soni Teguh. Setelah itu, Dr. Soni Teguh memberikan materi pengenalan tentang olimpisme kepada peserta. Setelah materi selesai, peserta diberi pengarahan oleh panitia untuk acara naik gunung di pagi harinya. Setelah semuanya selesai, baik panitia dan peserta beristirahat untuk persiapan besok pagi.

Acara naik gunung dimulai pada pagi hari tanggal 23 November 2019 dengan masing-masing kelompok peserta berjumlah sekitar 8 orang. Sedikitnya ada 4 pos yang harus dilalui peserta untuk mencapai tujuan akhir. Masing-masing pos dijaga oleh dosen pendamping dan panitia. Seluruh panitia dan peserta sampai ke puncak gunung sekitar pukul 12.00, lalu semuanya kembali ke tempat asal setelah beristirahat secukupnya. Acara dilanjutkan dengan makan bersama antara panitia dan peserta untuk menambah hubungan kekeluargaan. Acara olimpisme ditutup pada malam harinya melalui api unggun.


Keesokan harinya, baik panitia maupun peserta membenahi semua perlengkapan untuk bersiap-siap pulang. Setelah semuanya selesai, acara resmi ditutup melalui apel penutup. Dr. Hadi Nasbey bertindak sebagai pembina apel dan sekaligus menutup acara ‘Olimpisme Camp 2019’. Setelah itu, panitia dan peserta kembali ke tujuan masing-masing.

Written by