EPSILON: E-learning Fisika & Pendidikan Fisika FMIPA UNJ

Sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa terutama dalam menghadapi era industri 4.0, prodi fisika dan pendidikan fisika bekerja sama untuk menyediakan media pembelajaran daring yang diberinama Epsilon. Epsilon ini berisi materi-materi perkuliahan yang dapat dipelajari secara online. Hal ini sangat berguna untuk bahan review terutama untuk materi-materi sulit seperti kalkulus, fisika matematika, dan mata kuliah lain yang melibatkan hitungan. Epsilon dapat dikunjungi pada alamat epsilon.smart-unj.ac.id.

Tujuan jangka panjang dari Epsilon ini adalah bahwa semua kegiatan perkuliahan yang meliputi materi perkuliahan, tugas, dan kuis dapat dilakukan secara online. Hal ini mengadopsi dari sistem pembelajaran online dari kampus terkemuka, seperti MIT yang memiliki kerjasama dengan John&Wiley dalam pembelajaran fisika dasar. Hal ini memudahkan dosen dan mahasiswa apabila sistem pembelajaran konvensional sulit dilakukan, terutam saat pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih melanda Indonesia.

Sekitar tahun 2012 prodi fisika dan pendidikan fisika sebenarnya telah menyediakan media pembelajaran online pada mata kuliah fisika dasar dan kalkulus melalui kerjasama dengan John&Wiley. Namun, kerjasama tersebut hanya bertahan beberapa tahun yang salah satu penyebabnya adalah dana yang tersedia. Oleh sebab itu, malalui Epsilon ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar karena tidak ada biaya seperser pun yang dipungut.

Written by