Visi
Visi Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta adalah “Menjadikan Program Studi yang unggul di bidang pengetahuan fundamental Fisika material, Fisika instrumentasi, dan Fisika komputasi dalam kolaborasi ditingkat Asia.”
Misi
Misi Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta adalah:
Melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran bidang fisika yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menghasilkan lulusan yang religius, cinta tanah air, mampu berfikir kritis, berwawasan kependidikan, memiliki integritas dan kepedulian yang tinggi, mampu berkolaborasi secara aktif di tingkat nasional dan internasional dalam menyelesaikan masalah demi kemaslahatan manusia dan peradaban.
Tujuan
Tujuan Program Studi Fisika adalah Menghasilkan lulusan yang:
- Menguasai konsep dasar dan metodologi fisika serta mengaplikasikannya pada bidang yang lebih luas dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk dapat menemukan solusi sesuai dengan bidang pekerjaannya.
- Memiliki kemampuan untuk terus memperdalam dan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui studi pada jenjang yang lebih tinggi baik secara formal ataupun informal.
- Mampu berkolaborasi secara aktif dan efektif dalam suatu tim (kelompok kerja), mengkomunikasikan ide atau gagasan secara lisan dan tertulis, serta memiliki kemampuan managerial di bidang kerja yang relevan.
- Memiliki jiwa kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang kerja yang ditekuni
Strategi
Untuk merealisasikan visi, misi, dan tujuan Program Studi Fisika UNJ maka telah disusun sasaran dan strategi pencapaian yang tepat dengan indikator dan capaian yang jelas. sasaran dan strategi pencapaian visi, misi, dan tujuan Program Studi Fisika UNJ mencakup tiga aspek sebagai berikut.
1. Kualitas Lulusan
i) Kesiapan kerja lulusan
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
Persentase lulusan S1 yang: | a. mendapat pekerjaan (waktu tunggu < 6 bulan); | 70% | 75% | 80% | 85% | 90% |
b. melanjutkan studi; | 1% | 2% | 3% | 4% | 5% | |
c. menjadi wiraswastawan | 1 % | 1 % | 1 % | 1 % | 1 % |
ii) Mahasiswa di luar kampus
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
Persentase lulusan S1 yang: | a. menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) SKS di luar kampus; | 2 | 5 | 10 | 15 | 25 |
b. meraih prestasi paling rendah tingkat nasional | 1 % | 1.25% | 1.5 % | 2 % | 2.5 % | |
2. Kualitas Dosen
i) Dosen di luar kampus
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
berkegiatan tridharma di kampus lain | Pengajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Penelitian | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
Pengabdian | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 |
ii) Kualifikasi Dosen
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
Kualifikasi dosen | a. berkualifikasi doktor | 89% | 100% | 100% | 100% | 100% |
b. memiliki sertifikasi kompetensi/profesi yang diakui industri dan dunia kerja, | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
c. berasal dari kalangan praktisi profesional, dunia industri atau dunia kerja (jumlah dosen luar menjadi dosen Program studi melalui kerjasama) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
iii) Penerapan riset dan Pengabdian dosen
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
Penerapan riset dan Pengabdian dosen: | a. berhasil mendapatkan rekognisi internasional dan meningkatkan H index dosen | 60% | 70% | 80% | 90% | 100% |
b. diterapkan oleh masyarakat | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
3. Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran
IKU | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | |
i) Kemitraan program studi | a. Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri | 2 | 5 | 8 | 11 | 15 |
b. Sekolah (P2M) | 2 | 4 | 6 | 8 | 10 | |
c. Komunitas (Organisasi Profesi) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
d. Desa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
e. Lembaga Riset | 2 | 4 | 6 | 8 | 10 | |
ii) Pembelajaran dalam kelas | a. Studi Kasus | 2 | 5 | 8 | 10 | 15 |
b. Project Based Learning | 2 | 5 | 8 | 10 | 15 | |
iii) Akreditasi Internasional | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 |