Struktur kurikulum pada program sarjana mengacu pada peraturan pendidikan tinggi (Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2015 dan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020). Selain mengikuti Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), standar profesi, di bidang Kimia berasal dari Konsorsium Kimia Indonesia (HKI) dengan mempertimbangkan orientasi tantangan ke depan dan akreditasi internasional. Nama program studi berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 57/M/KPT/2019 tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi di Indonesia dan di Bahasa Inggris. Gelar yang akan dilampirkan pada gelar sarjana Pendidikan Kimia adalah Bachelor of Education (B.Ed) atau Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam bahasa Indonesia.

Mata kuliah yang harus diselesaikan selama masa studi minimal 8 (delapan) semester dan maksimal 14 (empat belas) semester dengan rentang satuan kredit 144-147 sks atau 216-220,5 ECTS. Pada tahun terakhir, mahasiswa melakukan penelitian sebagai tugas akhir. Struktur kurikulum prodi Pendidikan Kimia terdiri dari 4 kelompok mata kuliah yaitu:

  1. Mata Kuliah Universitas yang merupakan Mata Kuliah Umum-MKU untuk seluruh mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Jakarta
  2. Program Fakultas menampilkan mata kuliah khusus untuk Fakultas MIPA
  3. Fitur Program Studi terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan
  4. Mata kuliah Pedagogi (Mata Kuliah Dasar Kependidikan-MKDK)

No

Mata Kuliah Total (Kredit)

Total (ECTS)

1

Mata kuliah universitas

14

21

2

Mata kuliah fakultas

1

1,5

3

Mata kuliah pedagogi

7

10,5

4

Mata kuliah wajib program studi

99

148,5

5

Mata kuliah pilihan

4

6

6

MBKM

20

30

Total

145

217,5

Proses penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum FMIPA UNJ secara nasional mengacu pada kebijakan pemerintah, dan kebijakan universitas oleh UNJ. Selain itu juga didukung dengan berbagai fasilitas mulai dari peraturan, pedoman, dan kebijakan baik dari kementerian maupun universitas. Pengembangan kurikulum juga dijaga dengan pendanaan yang sesuai, fasilitas pembelajaran, kegiatan organisasi, pemantauan dan evaluasi sebagai tindak lanjutnya. Kurikulum program telah mengalami beberapa tinjauan. Kajian ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian dan relevansi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, regulasi universitas dan asosiasi profesi, saran dari alumni dan pemangku kepentingan, dan kebutuhan pasar kerja.

Pendidikan kimia merupakan integrasi filsafat dan pendidikan kimia yang menyatukan karakteristik kimia dan pendidikan untuk menghasilkan bagian pengetahuan dari pendidikan kimia. Pendidikan kimia erat kaitannya dengan filsafat kimia yang berkaitan dengan karakteristik kimia. Oleh karena itu, kurikulum terdiri dari pendekatan multidisiplin, interdisipliner, dan transdisipliner kimia dan pendidikan dan pengetahuan tubuh relevansinya. Ilmu Kimia sendiri sebagai mata pelajaran terdiri dari Kimia Organik, Kimia Anorganik, Biokimia, Kimia Fisik, dan Kimia Analitik. Kemudian di bidang pendidikan terdiri dari kurikulum, karakteristik peserta didik, metodologi pengajaran, media pembelajaran, penilaian, dan evaluasi. Oleh karena itu, kurikulum terdiri dari empat inti Subject Matter (SM).

Kode Subject Matter Deskripsi Mata Kuliah
SM1 Pengetahuan Umum dan Pendukung Studi yang mengembangkan kompetensi sebagai individu, profesional, dan warga negara dan secara global. Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berpikir, berkolaborasi, berkomunikasi,

mengamalkan, dan bertindak secara ilmiah sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan, khususnya dalam bidang pendidikan kimia.

  1. Agama
  2. Pancasila
  3. Kewarganegaraan
  4. Bahasa Indonesia
  5. Logika dan Penalaran Ilmiah
  6. Big Data dan Programming
  7. Pengantar Pendidikan
  8. Olimpisme
  9. Bahasa Inggris
  10. Kewirausahaan
  11. Pendidikan Lingkungan Hidup
  12. Metodologi Penelitian
  13. Statistika
SM2 Pedagogi Didaktik Kajian di bidang pendidikan yang mengembangkan keterampilan didaktik pedagogis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran baik di kelas maupun di laboratorium. Kajian yang berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 1.      Pengembangan Peserta Didik

2.      Teori Belajar Mengajar

3.      Landasan Pendidikan

4.      Perencanaan dan Manajemen Pembelajaran

5.      Telaah Kurikulum Kimia

6.      Metodologi Pengajaran

7.      Penilaian dan Evaluasi

8.      Media Pembelajaran

9.      Laboratorium HSE (Keselamatan Kesehatan dan Lingkungan)

10.  Seminar Pendidikan Kimia

BK3 Matematika dan Ilmu Dasar Kajian yang mendeskripsikan konsep dasar sains, matematika, materi, dan hukum-hukum dasar kimia dalam berbagai reaksi dalam memecahkan masalah. 1.      Kimia Dasar I

2.      Kimia Dasar II

3.      Praktikum Kimia Dasar

4.      Fisika Dasar

5.      Praktikum Fisika Dasar

6.      Biologi Umum

7.      Praktikum Biologi Umum

8.      Matematika Kimia

BK4 Kimia Kajian tentang konsep dasar dan aplikasi kimia yang terbagi menjadi Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Analitik, Biokimia, dan Kimia Lingkungan secara komprehensif berdasarkan referensi ilmiah. 1.      Termodinamika Kimia

2.      Kimia Organik

3.      Praktikum Kimia Organik

4.      Struktur Atom dan Struktur Senyawa Anorganik

5.      Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif

6.      Praktikum Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif

7.      Kinetika Kimia

8.      Praktikum Kimia Fisik

9.      Reaksi Dasar Anorganik

10.  Pemisahan Kimia

11.  Reaksi Senyawa Organik

12.  Logam Transisi dan Senyawa Kompleks

13.  Praktikum Kimia Anorganik

14.  Struktur dan Fungsi Biomolekul

15.  Mekanika Kuantum

16.  Kimia Logam dan non-Logam

17.  Instrumen Analisis Kimia

18.  Praktikum Instrumen Analisis Kimia dan Pemisahan

19.  Metabolisme Biomolekuler

20.  Praktikum Biokimia

Pendidikan kimia fokus pada mengintegrasikan pengetahuan konten Kimia dengan pedagogi. Mahasiswa memiliki pengalaman dalam kerja lapangan di sekolah sebagai guru pra-jabatan. Pada tahun terakhir, mahasiswa melakukan penelitian sebagai tugas akhir yang berkaitan dengan pendidikan kimia. Struktur kurikulum didasarkan pada klasifikasi mata kuliah untuk mencapai Program Learning Outcome (PLO) masing-masing program studi. Deskripsi mata kuliah dapat dilihat dari modul, struktur mata kuliah memiliki Course Learning Outcomes (CLO) untuk mencapai PLO. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil mata kuliah wajib dan pilihan, selain kebijakan baru Kebebasan Belajar yang disebut Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Learning Outcome (PLO) dan semua deskripsi program (buku pegangan modul) program studi tersedia di situs web. Kurikulum disebarluaskan dengan berbagai cara, termasuk website dan Buku Pedoman Akademik (BPA) untuk program sarjana.

Kode Mata Kuliah Mata Kuliah CP ECTS PLO
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Semester 1
0051142 Bahasa Indonesia 2 3.0 v
0051122 Pancasila 2 3.0 v v
0053074 Landasan Pendidikan 3 4.5 v
33150023 Kimia Dasar I 3 4.5 v v
30055043 Fisika Dasar 2 3.0 v v
32251012 Praktikum Fisika Dasar 1 1.5 v v v
33154031 Biologi Umum 2 3.0 v v
33154062 Praktikum Biologi Umum 1 1.5 v v v
33154071 Matematika Kimia 3 4.5 v v
33150842 Olimpisme 1 1.5 v
Total CP 20 30
Semester 2
Wawasan Pendidikan 2 3.0 v v
0052033 Agama 2 3.0 v
0052152 Perkembangan Peserta Didik 2 3.0 v v
00051062 Kewarganegaraan 2 3.0 v v
33151542 Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran 2 3.0 v v v
33150033 Kimia Dasar II 3 4.5 v v
Praktikum Kimia Dasar 2 3.0 v v v
33154143 Pendidikan Lingkungan Hidup 3 4.5 v v
33150312 HSE (Health Safety and Environment) Laboratory 2 3.0 v v v
Total CP 20 33
Semester 3
Big Data dan Programming 2 3.0 v v v
0052144 Teori Belajar dan Pembelajaran 2 3.0 v v v
30055053 Struktur Atom dan Struktur Senyawa Anorganik 3 4.5 v v
33151324 Kimia Organik 4 6.0 v v
33150933 Termodinamika Kimia 3 4.5 v v
33150893 Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif 3 4.5 v v
33154212 Praktikum Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif 2 3.0 v v v
Total CP 19 31.5
Semester 4
Logika dan Penalaran Ilmiah 3 3.0 v v
33154263 Telaah Kurikulum Kimia 4.5 4.5 v v v
30052012 Metodologi Pembelajaran 3 3.0 v v v
30055082 Dasar Reaksi Anorganik 3 3.0 v v
33150983 Kinetika Kimia 4.5 4.5 v v
33250232 Kimia Pemisahan 4.5 4.5 v v v
33250053 Metodologi Penelitian 4.5 4.5 v v v
33150172 Praktikum Kimia Organik 3 3.0 v v v
Total CP 20 33
Semester 5
Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran 3 4.5 v v v
Kimia Koordinasi 3 4.5 v v
33150682 Praktikum Kimia Anorganik 2 3.0 v v v
Ikatan Kimia 3 4.5 v v
33250343 Struktur dan Fungsi Biomolekul 3 4.5 v v
33154083 Statistika 3 4.5 v v v
33150041 Praktikum Kimia Fisik 1 1.5 v v v
Reaksi Senyawa Organik 4 6.0 v v
Total CP 22 33
Semester 6
33151192 Microteaching 2 3.0 v v v
Kimia Unsur 2 3.0 v v
33250333 Kimia Analisis Instrumen 3 4.5 v v
Praktikum Kimia Analisis Instrumen dan Pemisahan 2 3.0 v v v
33151093 Metabolisme Biomolekul 3 4.5 v v
Praktikum Biokimia 2 3.0 v v v
33250632 Seminar Pendidikan Kimia 2 3.0 v v v v v v
Mata Kuliah Pilihan 4 3.0 v v v v v v
Total CP 20 30
Semester 7
MBKM
30052072 Seminar Pra Skripsi 2 3.0 v v v v v v
30055032 Praktik Keterampilan Mengajar 6 9.0 v v v v v v
Universitas/Mata Kuliah Pilihan/MBKM 12 18.0
Total CP 20 30
Semester 8
30054024 Skripsi 4 6.0 v v v v v v
Total CP 4 6.0
TOTAL CREDITS 145 217.5
Mata Kuliah Pilihan
33150952 Kewirausahaan 3 3.0 v v v
33154092 Media Pembelajaran 2 3.0 v v v
30050042 Bahasa Inggris 2 3.0 v v
33150012 Biokimia Medis 2 3.0 v v
33150462 Bioteknologi 2 3.0 v v
33151482 Bahan Kimia Produk Alami 2 3.5 v v
33151492 Penjelasan Struktur Molekul 2 3.0 v v
33250362 Nanosains dan Nanoteknologi 2 3.0 v v
33150282 Kimia Polimer 2 3.0 v v
33150272 Kimia Lingkungan 2 3.0 v v
33154322 Green Chemistry 2 3.0 v v
33151332 Sejarah Kimia dan Pendidikan Kimia 2 3.0 v v v
33151342 Pembelajaran Sains 2 3.0 v v v
33151392 Science Technology Engineering Mathematics (STEM) 2 3.0 v v v
33154202 Komputer 2 3.0 v v
33151422 Etnopedologi 2 3.0 v v v v
33151432 Kimia untuk Anak Berkebutuhan Khusus 2 3.0 v v v v
33151452 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 3.0 v v
33154302 Lingkungan belajar 2 3.0 v v
33154272 Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia 2 3.0 v v v
33154312 Pengembangan Instrumen 2 3.0 v v v v
33151442 ICT dalam Pembelajaran Kimia 2 3.0 v v v
33151402 Konsep Penting dalam Kimia 2 3.0 v v v
3151382 Manajemen Sekolah 2 3.0 v v v v
MBKM (20 credits)
Pilihan 1
30052072 Seminar Pra Skripsi 2 3.0 v v v v v v
30055032 Praktik Keterampilan Mengajar 6 18.0 v v v v v v
Mata Kuliah Universitas 12
Pilihan 2
30052072 Seminar Pra Skripsi 2 3.0 v v v v v v
30055032 Praktik Keterampilan Mengajar 6 18.0 v v v v v v
Mata Kuliah Pilihan 12
Pilihan 3
30052072 Seminar Pra Skripsi 2 3.0 v v v v v v
30055032 Praktik Keterampilan Mengajar 6 18.0 v v v v v v
MBKM (8 program) 12

Struktur dan mata kuliah (modul) pada program studi Pendidikan Kimia terdiri dari 145 SKS. Pada program studi mata kuliah terdiri dari mata kuliah wajib 99 sks memberikan kompetensi umum dan dasar untuk gelar sarjana kimia dan 7 sks untuk mata kuliah pedagogi umum. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa terdiri dari 4 SKS tambahan 20 SKS MBKM dan 14 SKS mata kuliah umum. Mata kuliah pilihan dikategorikan menjadi lima kelompok minat yaitu Bioscience, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, dan Kimia Analitik, dan Pedagogi Kimia. Pada prodi Pendidikan Kimia, struktur kurikulum dibagi menjadi 4 tahun program intensi. Tahun pertama studi difokuskan pada pengetahuan dasar matematika dan ilmu pengetahuan alam, mata kuliah umum dan filsafat dasar pendidikan yang terdiri dari 40 sks mata kuliah. Tahun kedua studi fokus mata kuliah pedagogi, kimia dan pedagogi kimia yang terdiri dari 39 sks mata kuliah. Tahun ketiga studi berfokus pada kimia dan pedagogi kimia dengan total 42 sks. Tahun terakhir studi terdiri dari 24 sks yang harus dilalui oleh mahasiswa yang fokus pada program MBKM, tesis dan mata kuliah pilihan yang mendukung tesis. Setiap mata kuliah memberikan kontribusi terhadap PLO di prodi Pendidikan Kimia seperti diagram di bawah ini. Struktur pada program studi pendidikan kimia berdasarkan peraturan di tingkat nasional dan universitas yang merupakan kombinasi antara pengetahuan konten kimia dan pedagogi.