Struktur kurikulum pada program sarjana mengacu pada peraturan pendidikan tinggi (Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2015 dan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020). Selain mengikuti Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), standar profesi, di bidang Kimia berasal dari Konsorsium Kimia Indonesia (HKI) dengan mempertimbangkan orientasi tantangan ke depan dan akreditasi internasional. Nama program studi berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 57/M/KPT/2019 tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi di Indonesia dan di Bahasa Inggris. Gelar yang akan dilampirkan pada gelar sarjana Pendidikan Kimia adalah Bachelor of Education (B.Ed) atau Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam bahasa Indonesia.
Mata kuliah yang harus diselesaikan selama masa studi minimal 8 (delapan) semester dan maksimal 14 (empat belas) semester dengan rentang satuan kredit 144-147 sks atau 216-220,5 ECTS. Pada tahun terakhir, mahasiswa melakukan penelitian sebagai tugas akhir. Struktur kurikulum prodi Pendidikan Kimia terdiri dari 4 kelompok mata kuliah yaitu:
- Mata Kuliah Universitas yang merupakan Mata Kuliah Umum-MKU untuk seluruh mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Jakarta
- Program Fakultas menampilkan mata kuliah khusus untuk Fakultas MIPA
- Fitur Program Studi terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan
- Mata kuliah Pedagogi (Mata Kuliah Dasar Kependidikan-MKDK)
No | Mata Kuliah | Total (Kredit) | Total (ECTS) |
1 | Mata kuliah universitas | 14 | 21 |
2 | Mata kuliah fakultas | 1 | 1,5 |
3 | Mata kuliah pedagogi | 7 | 10,5 |
4 | Mata kuliah wajib program studi | 99 | 148,5 |
5 | Mata kuliah pilihan | 4 | 6 |
6 | MBKM | 20 | 30 |
Total | 145 | 217,5 |
Proses penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum FMIPA UNJ secara nasional mengacu pada kebijakan pemerintah, dan kebijakan universitas oleh UNJ. Selain itu juga didukung dengan berbagai fasilitas mulai dari peraturan, pedoman, dan kebijakan baik dari kementerian maupun universitas. Pengembangan kurikulum juga dijaga dengan pendanaan yang sesuai, fasilitas pembelajaran, kegiatan organisasi, pemantauan dan evaluasi sebagai tindak lanjutnya. Kurikulum program telah mengalami beberapa tinjauan. Kajian ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian dan relevansi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, regulasi universitas dan asosiasi profesi, saran dari alumni dan pemangku kepentingan, dan kebutuhan pasar kerja.
Pendidikan kimia merupakan integrasi filsafat dan pendidikan kimia yang menyatukan karakteristik kimia dan pendidikan untuk menghasilkan bagian pengetahuan dari pendidikan kimia. Pendidikan kimia erat kaitannya dengan filsafat kimia yang berkaitan dengan karakteristik kimia. Oleh karena itu, kurikulum terdiri dari pendekatan multidisiplin, interdisipliner, dan transdisipliner kimia dan pendidikan dan pengetahuan tubuh relevansinya. Ilmu Kimia sendiri sebagai mata pelajaran terdiri dari Kimia Organik, Kimia Anorganik, Biokimia, Kimia Fisik, dan Kimia Analitik. Kemudian di bidang pendidikan terdiri dari kurikulum, karakteristik peserta didik, metodologi pengajaran, media pembelajaran, penilaian, dan evaluasi. Oleh karena itu, kurikulum terdiri dari empat inti Subject Matter (SM).
Kode | Subject Matter | Deskripsi | Mata Kuliah |
SM1 | Pengetahuan Umum dan Pendukung | Studi yang mengembangkan kompetensi sebagai individu, profesional, dan warga negara dan secara global. Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berpikir, berkolaborasi, berkomunikasi, mengamalkan, dan bertindak secara ilmiah sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan, khususnya dalam bidang pendidikan kimia. | 1. Agama 2. Pancasila 3. Kewarganegaraan 4. Bahasa Indonesia 5. Logika dan Penalaran Ilmiah 6. Big Data dan Programming 7. Pengantar Pendidikan 8. Olimpisme 9. Bahasa Inggris 10. Kewirausahaan 11. Pendidikan Lingkungan Hidup 12. Metodologi Penelitian 13. Statistika |
SM2 | Pedagogi Didaktik | Kajian di bidang pendidikan yang mengembangkan keterampilan didaktik pedagogis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran baik di kelas maupun di laboratorium. Kajian yang berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. | 1. Pengembangan Peserta Didik 2. Teori Belajar Mengajar 3. Landasan Pendidikan 4. Perencanaan dan Manajemen Pembelajaran 5. Telaah Kurikulum Kimia 6. Metodologi Pengajaran 7. Penilaian dan Evaluasi 8. Media Pembelajaran 9. Laboratorium HSE (Keselamatan Kesehatan dan Lingkungan) 10. Seminar Pendidikan Kimia |
BK3 | Matematika dan Ilmu Dasar | Kajian yang mendeskripsikan konsep dasar sains, matematika, materi, dan hukum-hukum dasar kimia dalam berbagai reaksi dalam memecahkan masalah. | 1. Kimia Dasar I 2. Kimia Dasar II 3. Praktikum Kimia Dasar 4. Fisika Dasar 5. Praktikum Fisika Dasar 6. Biologi Umum 7. Praktikum Biologi Umum 8. Matematika Kimia |
BK4 | Kimia | Kajian tentang konsep dasar dan aplikasi kimia yang terbagi menjadi Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Analitik, Biokimia, dan Kimia Lingkungan secara komprehensif berdasarkan referensi ilmiah. | 1. Termodinamika Kimia 2. Kimia Organik 3. Praktikum Kimia Organik 4. Struktur Atom dan Struktur Senyawa Anorganik 5. Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif 6. Praktikum Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif 7. Kinetika Kimia 8. Praktikum Kimia Fisik 9. Reaksi Dasar Anorganik 10. Pemisahan Kimia 11. Reaksi Senyawa Organik 12. Logam Transisi dan Senyawa Kompleks 13. Praktikum Kimia Anorganik 14. Struktur dan Fungsi Biomolekul 15. Mekanika Kuantum 16. Kimia Logam dan non-Logam 17. Instrumen Analisis Kimia 18. Praktikum Instrumen Analisis Kimia dan Pemisahan 19. Metabolisme Biomolekuler 20. Praktikum Biokimia |
Pendidikan kimia fokus pada mengintegrasikan pengetahuan konten Kimia dengan pedagogi. Mahasiswa memiliki pengalaman dalam kerja lapangan di sekolah sebagai guru pra-jabatan. Pada tahun terakhir, mahasiswa melakukan penelitian sebagai tugas akhir yang berkaitan dengan pendidikan kimia. Struktur kurikulum didasarkan pada klasifikasi mata kuliah untuk mencapai Program Learning Outcome (PLO) masing-masing program studi. Deskripsi mata kuliah dapat dilihat dari modul, struktur mata kuliah memiliki Course Learning Outcomes (CLO) untuk mencapai PLO. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil mata kuliah wajib dan pilihan, selain kebijakan baru Kebebasan Belajar yang disebut Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Learning Outcome (PLO) dan semua deskripsi program (buku pegangan modul) program studi tersedia di situs web. Kurikulum disebarluaskan dengan berbagai cara, termasuk website dan Buku Pedoman Akademik (BPA) untuk program sarjana.
Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | CP | ECTS | PLO | ||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | ||||||||||||
Semester 1 | ||||||||||||||||||||||
0051142 | Bahasa Indonesia | 2 | 3.0 | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
0051122 | Pancasila | 2 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
0053074 | Landasan Pendidikan | 3 | 4.5 |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150023 | Kimia Dasar I | 3 | 4.5 | v |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
30055043 | Fisika Dasar | 2 | 3.0 | v |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
32251012 | Praktikum Fisika Dasar | 1 | 1.5 | v |
| v |
|
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33154031 | Biologi Umum | 2 | 3.0 | v |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33154062 | Praktikum Biologi Umum | 1 | 1.5 | v |
| v |
|
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33154071 | Matematika Kimia | 3 | 4.5 | v |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150842 | Olimpisme | 1 | 1.5 |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
Total CP | 20 | 30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 2 | ||||||||||||||||||||||
| Wawasan Pendidikan | 2 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
0052033 | Agama | 2 | 3.0 | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
0052152 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | 3.0 | v |
|
|
| v |
|
|
|
|
|
| ||||||||
00051062 | Kewarganegaraan | 2 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33151542 | Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran | 2 | 3.0 | v | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150033 | Kimia Dasar II | 3 | 4.5 | v |
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
| Praktikum Kimia Dasar | 2 | 3.0 | v |
| v |
|
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33154143 | Pendidikan Lingkungan Hidup | 3 | 4.5 |
| v |
|
|
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33150312 | HSE (Health Safety and Environment) Laboratory | 2 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
Total CP | 20 | 33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 3 | ||||||||||||||||||||||
| Big Data dan Programming | 2 | 3.0 |
| v |
|
|
| v | v |
|
|
|
| ||||||||
0052144 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 2 | 3.0 | v |
|
|
| v |
| v |
|
|
|
| ||||||||
30055053 | Struktur Atom dan Struktur Senyawa Anorganik | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33151324 | Kimia Organik | 4 | 6.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150933 | Termodinamika Kimia | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150893 | Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33154212 | Praktikum Kimia Analisis Kualitatif dan Kuantitatif | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
Total CP | 19 | 31.5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 4 | ||||||||||||||||||||||
| Logika dan Penalaran Ilmiah | 3 | 3.0 |
| v |
|
|
| v |
|
|
|
|
| ||||||||
33154263 | Telaah Kurikulum Kimia | 4.5 | 4.5 |
| v |
|
| v |
|
|
|
|
| v | ||||||||
30052012 | Metodologi Pembelajaran | 3 | 3.0 |
| v |
|
| v |
|
|
| v |
|
| ||||||||
30055082 | Dasar Reaksi Anorganik | 3 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150983 | Kinetika Kimia | 4.5 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33250232 | Kimia Pemisahan | 4.5 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33250053 | Metodologi Penelitian | 4.5 | 4.5 |
| v |
|
|
| v |
|
| v |
|
| ||||||||
33150172 | Praktikum Kimia Organik | 3 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
Total CP | 20 | 33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 5 | ||||||||||||||||||||||
| Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran | 3 | 4.5 |
| v |
|
| v |
|
|
| v |
|
| ||||||||
| Kimia Koordinasi | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33150682 | Praktikum Kimia Anorganik | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
| Ikatan Kimia | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33250343 | Struktur dan Fungsi Biomolekul | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33154083 | Statistika | 3 | 4.5 |
| v |
|
|
| v |
|
| v |
|
| ||||||||
33150041 | Praktikum Kimia Fisik | 1 | 1.5 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
| Reaksi Senyawa Organik | 4 | 6.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
Total CP | 22 | 33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 6 | ||||||||||||||||||||||
33151192 | Microteaching | 2 | 3.0 | v |
|
|
| v |
| v |
|
|
|
| ||||||||
| Kimia Unsur | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
33250333 | Kimia Analisis Instrumen | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
| Praktikum Kimia Analisis Instrumen dan Pemisahan | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33151093 | Metabolisme Biomolekul | 3 | 4.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
| Praktikum Biokimia | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
| v |
|
|
| ||||||||
33250632 | Seminar Pendidikan Kimia | 2 | 3.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
| ||||||||
| Mata Kuliah Pilihan | 4 | 3.0 |
| v |
| v | v |
| v |
|
| v | v | ||||||||
Total CP | 20 | 30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||
Semester 7 |
| |||||||||||||||||||||
MBKM |
| |||||||||||||||||||||
30052072 | Seminar Pra Skripsi | 2 | 3.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
|
| |||||||
30055032 | Praktik Keterampilan Mengajar | 6 | 9.0 | v |
|
| v | v |
| v | v |
|
| v |
| |||||||
| Universitas/Mata Kuliah Pilihan/MBKM | 12 | 18.0 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
Total CP | 20 | 30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
Semester 8 |
| |||||||||||||||||||||
30054024 | Skripsi | 4 | 6.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
|
| |||||||
Total CP | 4 | 6.0 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
TOTAL CREDITS | 145 | 217.5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||||||||
Mata Kuliah Pilihan |
| |||||||||||||||||||||
33150952 | Kewirausahaan | 3 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
|
|
| v |
|
| |||||||
33154092 | Media Pembelajaran | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
30050042 | Bahasa Inggris | 2 | 3.0 | v | v |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33150012 | Biokimia Medis | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33150462 | Bioteknologi | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33151482 | Bahan Kimia Produk Alami | 2 | 3.5 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33151492 | Penjelasan Struktur Molekul | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33250362 | Nanosains dan Nanoteknologi | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33150282 | Kimia Polimer | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33150272 | Kimia Lingkungan | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33154322 | Green Chemistry | 2 | 3.0 | v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33151332 | Sejarah Kimia dan Pendidikan Kimia | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
33151342 | Pembelajaran Sains | 2 | 3.0 | v |
| v |
| v |
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33151392 | Science Technology Engineering Mathematics (STEM) | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
33154202 | Komputer | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v |
|
|
|
|
|
|
| |||||||
33151422 | Etnopedologi | 2 | 3.0 | v | v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
33151432 | Kimia untuk Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | 3.0 | v | v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
33151452 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | 3.0 |
| v |
|
|
| v |
|
|
|
|
|
| |||||||
33154302 | Lingkungan belajar | 2 | 3.0 |
| v |
|
|
| v |
|
|
|
|
|
| |||||||
33154272 | Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v |
| v |
|
|
|
|
| |||||||
33154312 | Pengembangan Instrumen | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v | v | v |
|
|
|
|
| |||||||
33151442 | ICT dalam Pembelajaran Kimia | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v | v |
|
|
|
|
| ||||||||
33151402 | Konsep Penting dalam Kimia | 2 | 3.0 |
| v |
|
| v | v |
|
|
|
|
| ||||||||
3151382 | Manajemen Sekolah | 2 | 3.0 | v | v |
|
| v | v |
|
|
|
|
| ||||||||
MBKM (20 credits) |
| |||||||||||||||||||||
Pilihan 1 |
| |||||||||||||||||||||
30052072 | Seminar Pra Skripsi | 2 | 3.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
|
| |||||||
30055032 | Praktik Keterampilan Mengajar | 6 | 18.0 | v |
|
| v | v |
| v | v |
|
| v |
| |||||||
| Mata Kuliah Universitas | 12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
Pilihan 2 |
| |||||||||||||||||||||
30052072 | Seminar Pra Skripsi | 2 | 3.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
|
| |||||||
30055032 | Praktik Keterampilan Mengajar | 6 | 18.0 | v |
|
| v | v |
| v | v |
|
| v |
| |||||||
| Mata Kuliah Pilihan | 12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
Pilihan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
30052072 | Seminar Pra Skripsi | 2 | 3.0 |
| v |
| v | v | v | v |
| v |
|
|
| |||||||
30055032 | Praktik Keterampilan Mengajar | 6 | 18.0 | v |
|
| v | v |
| v | v |
|
| v |
| |||||||
| MBKM (8 program) | 12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||
Struktur dan mata kuliah (modul) pada program studi Pendidikan Kimia terdiri dari 145 SKS. Pada program studi mata kuliah terdiri dari mata kuliah wajib 99 sks memberikan kompetensi umum dan dasar untuk gelar sarjana kimia dan 7 sks untuk mata kuliah pedagogi umum. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa terdiri dari 4 SKS tambahan 20 SKS MBKM dan 14 SKS mata kuliah umum. Mata kuliah pilihan dikategorikan menjadi lima kelompok minat yaitu Bioscience, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, dan Kimia Analitik, dan Pedagogi Kimia. Pada prodi Pendidikan Kimia, struktur kurikulum dibagi menjadi 4 tahun program intensi. Tahun pertama studi difokuskan pada pengetahuan dasar matematika dan ilmu pengetahuan alam, mata kuliah umum dan filsafat dasar pendidikan yang terdiri dari 40 sks mata kuliah. Tahun kedua studi fokus mata kuliah pedagogi, kimia dan pedagogi kimia yang terdiri dari 39 sks mata kuliah. Tahun ketiga studi berfokus pada kimia dan pedagogi kimia dengan total 42 sks. Tahun terakhir studi terdiri dari 24 sks yang harus dilalui oleh mahasiswa yang fokus pada program MBKM, tesis dan mata kuliah pilihan yang mendukung tesis. Setiap mata kuliah memberikan kontribusi terhadap PLO di prodi Pendidikan Kimia seperti diagram di bawah ini. Struktur pada program studi pendidikan kimia berdasarkan peraturan di tingkat nasional dan universitas yang merupakan kombinasi antara pengetahuan konten kimia dan pedagogi.