Kurikulum

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 Ayat 1 tentang Kurikulum menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar, dan metode yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Pasal 35 ayat 2 juga menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi untuk setiap program studi yang meliputi pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Struktur kurikulum dirancang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi, analisis kebutuhan masyarakat, kebutuhan pemangku kepentingan, link and match dengan dunia usaha dan industri, evaluasi diri secara komprehensif, serta semua aspek yang terkait dengan revisi kurikulum. dan pengembangan. Program Learning Outcomes (PLOs) di Program Studi Magister Pendidikan Kimia disajikan pada Tabel 1. 

Tabel 1. Program Learning Outcomes (PLOs) di Prodi Magister Pendidikan Kimia 

Kode  Program Learning Outcomes (PLOs) 
PLO 1.
Taat kepada Tuhan Yang Maha Esa; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama, moral, dan etika; berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila; dan memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik sekaligus pembelajar sepanjang hayat; 
PLO 2.
Mampu menerapkan pemikiran dan kolaborasi yang logis, kritis, sistematis, inovatif untuk pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat guna dan aplikatif pada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya; 
PLO 3.
Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis, seperti kimia organik, biokimia, kimia analitik, kimia fisik, kimia anorganik, serta aplikasi di tingkat sekolah menengah dan universitas; 
PLO 4.
Mampu menerapkan konsep pedagogis (teori pendidikan teoritis baik klasik maupun modern, yaitu behavioristik, humanistik kognitif, dan konstruktivisme) dalam pembelajaran kimia; 
PLO 5.
Mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran kimia yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan media sesuai dengan karakteristik siswa, materi pelajaran, dan tujuan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan TPACK; 
PLO 6.
Mampu mengembangkan dan mengevaluasi eksperimen laboratorium kimia untuk tingkat SMA dan universitas; 
PLO 7.
Mampu merancang dan melakukan penelitian ilmiah melalui pendekatan multidisiplin atau interdisipliner untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan kimia; 
PLO 8.
Mampu menulis dan mengkomunikasikan laporan ilmiah berdasarkan data penelitian secara efektif dan mempublikasikannya pada jurnal ilmiah bereputasi.

 Peta jalan mata kuliah untuk mencapai PLOs ditunjukkan pada Gambar 1. Peta jalan tersebut menunjukkan bahwa struktur kurikulum terdiri dari 20 mata kuliah, meliputi mata kuliah universitas, wajib, dan pilihan. Kurikulum dirancang untuk memungkinkan lulusan memperoleh gelar Magister Pendidikan Kimia (M.Pd.) dalam 4 semester.

Gambar 1. Struktur Kurikulum untuk Mencapai PLOs