KPAR LEUCOMYSTAX UNJ

Kelompok Pemerhati Amfibi dan Reptil Leucomystax Universitas Negeri Jakarta, yang disingkat KPAR Leucomystax UNJ merupakan kelompok studi yang menjadi wadah bagi pengembangan minat, pengembangan penelitian dan edukasi dalam konservasi herpetofauna dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. KPAR Leucomystax UNJ didirikan di Jakarta pada tanggal 10 Februari 2015.

Asal-usul simbol pada logo KPAR Leucomystax dikarenakan setiap agenda herping yang dilakukan, selalu ditemukan Katak Pohon Bergaris (Polypedates leucomystax) sehingga digunakanlah spesies tersebut sebagai logo pengenal kelompok studi ini.

VISI DAN MISI

Visi Organisasi KPAR Leucomystax UNJ :

Menjadi kelompok studi yang unggul dalam penelitian, edukasi dan konservasi untuk menjaga keanekaragaman herpetofauna.

Misi KPAR Leucomystax UNJ :

  1. Menjaga kekayaan dan keragaman Herpetofauna
  2. Melakukan penelitian di bidang Herpetofauna dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya
  3. Melakukan edukasi terhadap masyarakat di bidang herpetofauna
  4. Melakukan kegiatan konservasi herpetofauna dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya
  5. Menjadi lembaga yang berkontribusi pada kemajuan bidang herpetofauna
  6. Bekerjasama dengan instansi serta LSM yang berkaitan dan mendukung kelestarian Herpetofauna, tidak bertentangan dengan AD/ART KPAR leucomystax

STRUKTUR ORGANISASI

Baskara Ramadhan

Indira Putri Arthamoliza

Yunita Sari

  1. Muhammad Rizqi Windarto (Kepala Departemen)
  2. Juan Wijaya Rejekinta
  3. Sekar Aulia Hutami
  4. Asri Diwinta Butar Butar
  1. Lutfi Permana (Kepala Departemen)
  2. Umar Ahmad Muslih
  3. Nadia Afina Haqq
  4. Muhammad Azkha Pratama
  1. Fania Dewi Nasihah (Kepala Departemen)
  2. N. M.

PROGRAM KERJA

  1. RAKER (Rapat Kerja)
    Membahas proker yang akan dikerjakan selama satu periode. Proker ini akan dihadiri oleh departemen lain seperti departemen litbang, infokom dan BPH. Serta mengundang kakak, abang alumni.
  2. KUMTALK (Kumpul dan Talk)
    Proker ini sebagai ajang kegiatan bersilaturahmi dan membangun kedekatan serta kesehatian pengurus maupun dengan alumni.  Singkatnya adalah sebuah family gathering. Kegiatan diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan asyik (Games, dll).
  3. SENTIL (Semangatin Para Reptil)
    Proker ini bertujuan dalam membangun spirit internal secara berkala dengan menanyakan kabar para pengurus secara personal dan mengirimkan pesan – pesan misterius. Pesan – pesan tersebut akan berisi kalimat motivasi dimana akan memberikan energi positif yang  dapat menambah semangat kepengurusan KPAR Leucomystax 2023/2024.
  4. PELANTIKAN
    Proker ini untuk merekrut anggota baru dan melantik para anggota baru pemerhati amfibi dan reptile.
  5. SERTIJAB (Serah Terima Jabaran)
    Proker ini bertujuan untuk meneruskan estafet kepengurusan pemerhati amfibi dan reptile.
  1. KELAR (Kelas Ular)
    Kelas yang mana targetnya yaitu untuk meningkatkan pemahaman anggota KPAR Leucomystax tentang ular sebagai bekal edukasi di masyarakat nantinya.
  2. HERPING
    Kegiatan pengamatan satwa jenis herpetofauna yaitu reptil dan amfibi di habitat aslinya.
  3. EDUKASI HERPETOFAUNA
    Kegiatan pengenalan seputar herpetofauna ke kalangan masyarakat awam seperti kunjungan ke sekolah-sekolah maupun desa setempat.
  • HUIA (Hari Besar Sedunia)
    Huia (Hari Besar Sedunia) merupakan postingan beberapa hari besar untuk memperingati, merayakan maupun menyadarkan terkait hari herpetofauna maupun yang lainnya dalam bentuk feeds instagram.
  • BOA (Birthday KPAR Leucomystax 2023-2024)
    BOA (Birthday KPAR Leucomystax 2023-2024) merupakan peringatan ulang tahun tiap anggota KPAR leucomystax 2023-2024 yang diupload melalui Instastory dan Grup Whatsapp. Tujuannya untuk mempererat kekeluargaan antar anggota.
  • HERPING LIST
    Herping List merupakan program kerja kolaborasi Dept. Litbang dan Dept. Infokom berupa postingan hasil herping (list spesies dan data yang didapatkan) serta apresiasi hasil foto herpetofauna dari anggota KPAR Leucomystax berupa feeds Instagram maupun Reels.
  • PICIS (Herpetofauna Species)
    PICIS (Herpetofauna Species) merupakan postingan informasi mengenai spesies Herpetofauna di Indonesia berupa feeds Instagram (carousel) dan share via grup KPAR Leucomystax.
  • NAJA (Informasi atau Penjelasan Herpetofauna)
    NAJA (Informasi atau Penjelasan Herpetofauna) merupakan postingan informasi/penjelasan mengenai topik herpetofauna (materi berlaku rolling dari tiap departemen) dengan menyertakan sumber yang valid. Postingan berupa feeds Instagram (carousel) dan via share grup Whatsapp KPAR leucomystax.

Dokumentasi Kegiatan