ASEAN+3 Science Gifted Student Camp (ACGS)

ASEAN+3 Science Gifted Student Camp (ACGS)

Program Studi Biologi melaksanakan kegiatan pembinaan tentang labs skill di Laboratorium Biologi UNJ kepada para peserta kegiatan ASEAN+3 Science Gifted Student Camp (ACGS). Pada hari Selasa (12/12/2023). Kegiatan ini dipandu oleh Pak Muhammad Isnin Noer, M.Si dan Pak Agung Sedayu, M.Sc

Pada materi Ekologi, tampaknya sangat menarik karena terdapat banyak beberapa pembahasan yang dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta, pembahasan tersebut mulai dari pengaruh Climate change terhadap ekologi dan biodiversity, pengukuran tingkat karbon dioksida di udara, Energy harvesting with renewable energy, hingga peran siswa dalam menanggulangi permasalahan climate change.

Selain itu juga para peserta juga diajarkan cara penggunaan mikroskop dan preparat langsung di Laboratorium Biologi, pencandraan tanaman, serta juga disampaikan materi anatomi tumbuhan.

Sebelumnya telah diberitahukan bahwa Indonesia Science Center (PP-IPTEK) melalui Badan Riset dan Teknologi Nasional (BRIN) selalu mengirimkan perwakilan untuk menjadi peserta kegiatan ASEAN+3 Science Gifted Student Camp (ACGS) yang dilaksanakan oleh ASEAN+3 Center for Gifted Science. Tahun ini kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 17 – 22 Desember 2023 di Korea Selatan, dengan tema: “Sustainable Science and the Role of Scientist”.

ACGS merupakan suatu kegiatan workshop dan kompetisi sains bagi siswa usia 13 – 15 tahun yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan dan prestasi iptek serta memupuk bakat anak sebagai peneliti muda, yang menekankan pada kemampuan untuk mempergunakan peralatan laboratorium dan melakukan pemecahan masalah terhadap suatu penelitian.