GUEST LECTURE “BIOPROCESSING INDUSTRIES: SQUEEZING CELLS TO MAKE MONEY”

GUEST LECTURE “BIOPROCESSING INDUSTRIES: SQUEEZING CELLS TO MAKE MONEY”

Pada hari Jumat, 4 Mei 2018 Universitas Negeri Jakarta, Prodi Biologi UNJ menyelenggarakan kegiatan  Guest Lecture dengan tema: “SQUEEZING CELLS TO MAKE MONEY”. Prodi Biologi mendapat tamu kehormatan Prof. Dr. rer. Nat. Hesham Ali El – Enshasy Program Studi Biologi dan Program Studi Pendidikan Biologi untuk hadir dalam Guest Lecturer. Beliau adalah Professor pada Bioprocess Engineering Department Faculty of Chemical Engineering and Energy Universiti Teknologi Malaysia (UTM), 81310 Skudai, Johor, Malaysia: Acting Director Institute of Bioproducts Development Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Skudai,Johor Malaysia. 

 

Acara dihadiri oleh para dosen dan  mahasiswa dari rumpun Biologi, yaitu Prodi Biologi dan Prodi Pendidikan Biologi. Acara dimulai dengan pembukaan oleh WD III Dr Iwan Sugiharto. Kemudian dilanjutkan  pemberian materi oleh Prof. Hesham.Pada materi kuliah yang diberikan oleh Prof Hesham sangat menarik minat para mahasiswa dan dosen rumpun Biologi yang turut hadir pada acara tersebut.  Prof Hesham menyampaikan salah satu sumber asset kekayaan alam yang luar biasa adalah mikroorganisme. Mikroorganisme baik prokariotik maupun eukariotik memiliki kemampuan untuk menghasilkan senyawa metabolite sekunder yang sangat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.  Mikroorganisme dapat menghasilkan antibiotik, vitamin, asam amino, protein, enzime dan banyak senyawa lain yang bermanfaat bagi lingkungan. Prof Hesham menjelaskan mengenai berbagai macam produk yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Bakteri dapat menghasilkan senyawa asam laktat, antibiotik. Khamir dapat digunakan sebagai mikroba penghasil biofluel, penghasil ethanol melalui proses fermentasi, dan sebagai feed substitute pada produk pakan.  Mikroorgansime lain yang juga memberi yang bermanfaat kapang Basidiomycota yaitu mushroom. Salah satu mushroom yang memberikan manfaat yang luar biasa adalah Pleurotus ostreatus. Jamur bertubuh buah ini memiliki aktivitas sebagai antikanker, immunomodulatory, antiapoptotic, anti hypocholesterolemic, anti hyperglycemic, antimicrobial, anti-inflammatory, anti- osteoporetic, dan lainnya. Mushroom P. ostreatus juga menghasilkan senyawa antioksidan seperti memiliki kandungan  bioactive compounds seperti  phenolics, beta carotene, lycopene, ascorbic acid, tocopherols, dan ergosterols. Mempelajari kekayaan alam kemudian mengeksplore potensinya merupakan sumber dalam mendapatkan uang dan kesejahteraan. Dari sebuah produk biologi dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi manusia dan lingkungannya.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan Prof Hesham ke laboratorium rumpun Biologi, dengan Dr Reni Indrayanti selaku koorprodi mendampingi Prof. Hesham meninjau lab. Mikrobiologi UNJCC (Universitas Negeri Jakarta Culture Collection) dan lab. lainnya. Salah satu laboratorium yang dikunjungi adalah Lab. Mikrobiologi. Laboratorium mikrobiologi memiliki kapasitas sebagai laboratorium dasar pengujian identifikasi dan preservasi mikroorganisme serta pengujian kemampuan penghasil enzim dengan kit rapid testing method.  Kunjungan diakhiri dengan kesepakatan Bersama untuk berlanjut pada kemungkinan penjajakan kolaborasi antara UTM dan UNJ khususnya Prodi Biologi. Kolaborasi ditujukan untuk pertukaran pelajar antar kedua perguruan tinggi, kolaborasi join tranning, kolaborasi penulisan karya ilmiah Bersama, pertukaran staf maupun research funding.