PENANDATANGANAN LOC (LETTER OF COLLABORATION) ANTARA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI MALAYSIA (UTM),   INSTITUTE OF BIOPRODUCT DEVELOPMENT (IBD)

PENANDATANGANAN LOC (LETTER OF COLLABORATION) ANTARA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI MALAYSIA (UTM), INSTITUTE OF BIOPRODUCT DEVELOPMENT (IBD)

PENANDATANGANAN LOC (LETTER OF COLLABORATION) ANTARA  FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI MALAYSIA (UTM),  

INSTITUTE OF BIOPRODUCT DEVELOPMENT (IBD)

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ) dalam hal ini adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terutama di bawah Program Studi Biologi. Merupakan Program studi yang menitikberatkan disamping proses pengajaran juga penelitian yang didukung oleh para dosen dan mahasiswa yang handal.  Salah satu upaya pengembangan kualitas prodi adalah dilakukannya kerjasama internasional dengan universitas terkemuka di dunia. Salah satu Universitas yang sekarang sedang terjalin kolaborasi adalah dengan UNIVERSITI TEKNOLOGI MALAYSIA (UTM).  UTM adalah sebuah perguruan tinggi di Malaysia yang terletak di Universiti Teknologi Malaysia, 81310 UTM Skudai, Johor Darul Ta’zim, Malaysia. Merupakan salah satu perguruan terbaik di Malaysia.

 

UTM memiliki central of research yaitu Institute of Bioproduct Development (IBD). IBD merupakan pusat research di UTM yang mengembangkan produk alami baik berasal dari tanaman, maupun dari mikroorganisme.  IBD membawa platform dalam teknologi bioprosessing untuk produksi senyawa bioaktif melalui proses fermentasi. Produk yang telah dikembangkan berupa probiotic, kosmetikm produk herbal. Selain menghasilkan produk yang berbasis natural juga dikembangkan upaya kolaborasi antar perguran tinggi di seluruh dunia.  Universitas Negeri Jakarta terutama Prodi Biologi memjajaki sebuah kerjasama antar peneliti yang mana hal tersebut dituangkan dalam sebuah Letter of Collaboration (LOC).  Perjanjian kolaborasi ditanda tanggani oleh Dekan FMIPA UNJ Prof Suyono dan Direktur Utama IBD Prof. Dr. Hesham A. El-Enshasy pada bulan Desember 2018.  Kolaborasi berlaku hingga tiga tahun ke depan 2018-2021.  Kerjasama yang dilakukan antara IBD, UTM Malaysia dengan FMIPA UNJ dalam hal:

  • Pertukaran informasi, ilmu pengetahuan dan material;
  • Pertukaran mahasiswa yang akan mengadakan penelitian bersama (Collaboration research);
  • Pertukaran staff pengajar;
  • Kolaborasi Penelitian;
  • Kolaborasi supervisor;
  • Kolaborasi training;
  • Kolaborasi aktivitas service;
  • Pengembangan aktivitas diberbagai bidang terutama dibidang penelitian antara UTM, IBD dan UNJ terutama FMIPA UNJ.

Perjanjian LOC ini merupakan langkah awal bagi Prodi Biologi dan Prodi Pendidikan Biologi dalam pengembangan kualitas rumpun Biologi dan para jajaran yang terkait untuk menjadi sebuah Universitas yang mumpuni baik staff pengajar maupun para sarjana yang dihasilkan untuk dapat bersaing secara internasional terutama ditingkat ASEAN. Kegiatan kolaborasi juga didukung penuh oleh Wakil Dekan III Dr. Muktiningsih bahwa kegiatan penelitian akan menjadi riset bersama dalam naungan FMIPA UNJ-UTM, IBD.   Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi FMIPA UNJ. Kegiatan yang telah dilakukan adalah kolaborasi penelitian dengan melakukan penulisan manuscript bersama; join workshop antara kedua perguruan tinggi yang telah dilakukan sejak bulan Desember 2018- hingga sekarang. (Penulis-DS).