Monev Audit Mutu Internal Program Studi Biologi

Monev Audit Mutu Internal Program Studi Biologi

Pada tanggal 30 November 2023, Program Studi Biologi FMIPA UNJ melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di Ruang Prodi Biologi Gedung Hasyim Ashari lantai 6. Kegiatan dihadiri oleh 12 dosen, termasuk Koorpordi Biologi Dr. Dalia Sukmawati M.Si. Kegiatan diawali dengan tanya jawab terkait visi dan misi prodi Biologi. Dilanjutkan dengan diskusi dan pertanyaan terkait 69 butir petanyaan pada dokumen instrument pertanyaan pada indikator penilaian kinerja Prodi.

Prodi Biologi menetapkan profil lulusan dengan kualifikasi kompetensi yang mengintegrasikan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja. Profil ini mencakup peran sebagai ilmuwan, akademisi, dan praktisi inovatif di laboratorium dan industri. Untuk mempertahankan keunggulan, Prodi Biologi terus meningkatkan mutu pembelajaran melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI).

Kegiatan audit berlangsung dengan baik. Audit dilakukan terkait pengukuran kepuasan pelanggan baik kepuasan penggunan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan pada sarana dan prasarana. Catatan penting yang menjadi masukan tim Audit adalah adanya kepatuhan dalam hal kepuasan pengguna berdasarkan dokumen yang telah dipersiapkan oleh SPM berdasarkan 9 kriteria. Prodi Biologi Bersama dengan tim TPJM dan GPJM tingkat universitas telah melakukan semua kriteria ini dengan baik, dimana terintergrasi dengan FMIPA.

Hal lain yang perlu dicermati adalah informasi mengenai tracer studi sistem yang dibentuk prodi lebih ditingkatkan. Intergrasi dengan Universitas dimana data tracer study harus mendapatkan perhatian agar tergambar serapan dan kebermaknaan prodi terhadap kinerja dan daya serap alumni dalam hal kebermanfaatan bagi Masyarakat. Hasil akhir kegiatan tidak diperoleh temuan, semua telah terlaksana dengan baik. Kegiatan diakhiri dengan foto Bersama seluruh dosen prodi Biologi dan tim auditor Dr Nurjannah.