Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak CPCe 4.1

Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak CPCe 4.1

Sabtu 16 Desember 2023, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan Perhimpunan Biologi Indonesia melaksanakan Kegiatan Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak CPCe 4.1 Sebagai Analisis Tutupan Terumbu Karang pada Ruang Prodi Biologi Gedung Hasyim Ashari lantai 6. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa institusi secara daring maupun luring seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, Dinas Kelautan dan Perikanan, IPB University, Universitas Jenderal Soedirman, LSM Fauna & Fauna, Universitas Oso, Universitas Muhammadiyah Lamongan, dan CMC Acropora.

Kegiatan kerjasama Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta dengan Perhimpunan Biologi Indonesia ini terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak CPCe 4.1 dan Sharing session poster atau makalah bagi beberapa peserta. Rangkaian diawali dengan pelatihan penggunaan perangkat lunak CPCe 4.1 yang dibawakan oleh Eko Burhanuddin, M.Si. sebagai narasumber untuk menganalisis tutupan terumbu karang ini dinilai beberapa peserta cukup efisien dan menghemat waktu jika digunakan sebagai salah satu alat untuk mendukungnya penelitian mengenai terumbu karang.

Usai rangkaian pelatihan, Sharing session diadakan bagi beberapa peserta baik secara daring maupun luring untuk memaparkan risetnya. Kegiatan kerjasama ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta yang telah antusias mengikuti pelatihan ini pada daring dan luring.