Lulusan Prodi Pendidikan Matematika diberi gelar Sarjana Pendidikan dan disingkat S.Pd.

Profil Lulusan

Kompeten dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran

Memenuhi syarat untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metodologi penelitian yang tepat untuk memberikan solusi alternatif untuk masalah pendidikan di Matematika.

Kompetensi

KOMPETENSI

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;


e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;


g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;


i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;


j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan


k. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik

Kompetensi sikap

Keterampilan umum

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;


b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;


c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;


d. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;


f. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;


g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;


h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;


i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Kompetensi keterampilan umum

Keterampilan khusus

a. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;


b. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya


c. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal


d. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;


e. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;


f. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar,


g. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.

h. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;


i. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas;


j. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan


k. Mampu menganalisis situasi nyata untuk menemukan permasalahan dan merancang alternatif pemecahan masalah berdasarkan kajian ilmu dalam bidang pendidikan matematika.


l. Mampu melaksanakan penelitian pendidikan matematika dan analisa data dengan bantuan software yang sesuai dan menginterpretasikan hasil analisis data.


m. Mampu mengaplikasikan hasil penelitian untuk merefleksikan diri dalam melaksanakan pembelajaran dan memberikan alternatif perbaikan dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan


n. Mampu merancang, memproduksi dan menggunakan alat peraga pendidikan matematika.

Kompetensi keterampilan khusus

Pengetahuan

a. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan


b. memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan


c. menguasai teori belajar dan pembelajaran;


d. menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan


e. menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian


f. Mampu memformulasikan bagian-bagian bidang pengetahuan dalam matematika menjadi suatu kesatuan yang terstruktur dan mengaplikasikannya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik matematika yang professional

g. Mampu memformulasikan Teori Pendidikan dan model pengembangan pembelajaran matematika dan dapat mengaplikasikannya untuk merancang pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan paradigma pembelajaran masa kini.


h. Mampu menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran matematika berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran bilingual.


i. Mampu bertanggungjawab dalam melaksanakan profesinya sebagai pendidik matematika serta mengembangkan diri, beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan paradigma pendidikan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi profesi guru.

Kompetensi pengetahuan

Translate »