Profil

Program Studi Magister Pendidikan Biologi

Sejarah

Program Magister Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Jakarta. Program studi ini berdiri lebih dari 1 (satu) dekade dalam rangka memberikan pelayanan pindidikan ditingkat magister kepada masyarakat. Program Studi didirikan berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 08/E/O/2012 Tanggal 4 Januari 2012 Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, UNJ mulai menyelenggarakan program pendidikan ini pada tahun akademik 2012/2013. Berdasarkan SK BAN-PT No. 2030/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017Program studi ini, telah terakreditasinasional (B) dari BAN-PT pada periode 2017-2021.

Visi

Merujuk pada visi universitas “Menjadi Universitas yang Bereputasi di Kawasan Asia” maka konsekuensi yang harus dilaksanakan oleh program studi adalah melaksanakan program pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan pendekatan outcome based education. Fokus program studi adalah menghasilkan lulusan pendidik yang mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi berbasis teknologi digital yang akuntabel, memiliki jiwa kepemimpinan, religius, mampu bekerja sama, bertanggungjawab, kreatif, kritis, dan komunikatif.

Sejalan dengan Visi Universitas untuk menjadi “Universitas yang bereputasi di kawasan Asia”dan Visi Fakultas MIPA yaitu “Tahun 2030 menjadi fakultas yang unggul dan memiliki daya saing dalam bidangMIPA dan pendidikan MIPA di tingkat ASEAN berlandaskan iman dan taqwa”, maka  Program Studi Magister Pendidikan Biologi menyusun visi akademik “Menjadi program studi yang unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran biologi berbasis teknologi digital di kawasan ASIA”.

Misi

misi program studi dalam penjabaran butir-butir sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi, berdasarkan diseminasi pengetahuan dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan dan Biologi terkini.
  2. Mengelola dan mengembangkan penelitian untuk memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui pendekatan interdisiplern, transdisipliner, atau multidisipliner
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran biologi yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat.
  4. Menghasilkan magister pendidikan biologi yang memiliki integritas dan kompetensi dalam penelitian, mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi dan memiliki daya saing di tingkat global.

 

Tujuan

Program Studi ini dibangun untuk menghasilkan sumber daya manusia pada tingkat Magister di bidang Pendidikan Biologi yang mampu:

  1. Merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan asesmen pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal dan teknologi digital.
  2. Merancang dan melakasanakan penelitian di bidang pendidikan biologi dan biologi serta mengkomunikasikannya dalam berbagai forum ilmiah .
  3. Merancang kurikulum dan pengelolaan satuan pendidikan serta mengimplementasikan pembelajaran sepanjang hidup (longlife learning).

AKREDITASI

Program Studi Biologi telah diakreditasi dengan nilai B(Baik) berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 4364/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2022 tanggal 12 Juli 2022 sampai tanggal 12 Juli 2027.

Sertifikat Akreditasi S2 Pendidikan Biologi 2022-2027