SEMINAR NASIONAL FISIKA 2018

SEMINAR NASIONAL FISIKA 2018

Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA
Universitas Negeri Jakarta
Jakarta, 14 Juli 2018

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dirasakan hingga saat ini merupakan implementasi penemuan-penemuan dari hasil riset di bidang fisika khususnya dan sains umumnya. Sedemikian cepat dan besar perkembangan ini dalam memberikan kotribusi terhadap kesejahteraan hidup manusia. Betapa tidak, dengan kemajuan teknologi yang sedemikian rupa, manusia dalam melakukan aktivitas tidak lagi dibatasi ruang dan waktu. Aplikasi di dalam teknologi informasi, terutama kecepatan akses dalam memperoleh informasi, kecepatan dan akurasi dalam pengukuran dan diagnosis, aplikasi dalam mem-peroleh energi alternatif terbarukan dan lain-lain. Kesemuanya itu tidak terlepas dari peran fisika dalam teknologi. Integrasi ilmu fisika dengan bidang ilmu dasar lain dalam sains dan integrasinya dengan bidang ilmu lain khususnya bidang ilmu terapan menjadikan model pembelajaran terintegrasi antara sains, teknologi, rekayasa (teknik) dan matematika menjadi model pembelajaran yang efektif saat ini khususnya dalam membangun literasi masyarakat abad 21. Kemampuan untuk mengidentifikasi, menerapkan dan mengintegrasikan konsep sains, teknologi, rekayasa dan matematika sangat membantu dalam pembaruan (inovasi) dan penyelesaian permasalahan rumit (kompleks).

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi (PT) merupakan institusi pendidikan yang mencetak lulusan melalui kegiatan Tridarma PT meliputi aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ sudah memulai mengawali pelaksanaan kegiatan pendidikan melalui integrasi sains, teknologi, rekayasa (teknik) dan matematika didalam perkuliahan dan penelitiannya. Hasil-hasil pembelajaran dan penelitian ilmu fisika dan terapannya yang diintegrasikan dengan perkembangan teknologi, rekayasa dan matematika disebarluaskan (disiminasi) dan dikomunikasikan dalam bentuk publikasi dengan dengan salah satu bentuk kegiatannya adalah Seminar Nasional Fisika.

Seperti pelaksanaan seminar-seminar sebelumnya, Seminar Nasional Fisika 2018 Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Kepengurusan Jakarta dan Banten. Seminar tahun ini mengangkat tema “Research Development on Physics and Implementation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) to Strengthen Teaching and Learning Process”. Seminar ini mengupas berbagai pandangan ilmu fisika dari hasil riset berbagai bidang dan penerapan STEM dalam proses belajar dan mengajar. Bidang-bidang riset ilmu Fisika dan aplikasinya meliputi bidang Instrumentasi, Komputasi, Material, Fisika Medis, Biofisika, Fisika kebumian-antariksa, Teori-Partikel-Nuklir, Fisika Lingkungan dan Energi terbarukan. Sedangkan bidang kajian Pendidikan Fisika, seperti Classroom Action Research, Research and Development, Experimental Education Research, dan lain-lain. Hasil seminar dipublikasikan dalam bentuk prosiding SNF maupun Jurnal Spektra dan Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF).

Seminar ini merupakan wadah temu ilmiah berkala yang diadakan oleh Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA UNJ sebagai fórum interaksi, kolaborasi dan integrasi antara pendidik, peneliti dan praktisi. Peserta seminar adalah para pendidik dan peneliti yang meliputi dosen, guru dan mahasiswa serta para praktisi dari dalam maupun luar negeri.

 

 

Written by