Kurikulum

Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Fisika FMIPA meliputi muatan mata kuliah untuk mengembangkan kompetensi lulusan, yang mencakup kompetensi umum, kompetensi utama, dan kompetensi pendukung sesuai Standar Isi Pendidikan Tinggi Program Pendidikan Akademik.


Kompetensi Umum

Kompetensi umum untuk program magister adalah kemampuan berfikir filosofis, metodologis, dan teknisi yang melandasi pengembangan keprofesian sesuai dengan bidang ilmu untuk setiap program studi. Kompetensi Umum diperoleh melalui perkuliahan :

  1. Filsafat Ilmu.
  2. Metodologi Penelitian Pendidikan.
  3. Statistik Penelitian Pendidikan.

Kompetensi Utama

Kompetensi Utama untuk Program Magister Pendidikan Fisika adalah kompetensi keahlian sesuai subtansi kajian bidang ilmu, teknologi dan seni yang menjadi ciri khas program studi. Kompetensi Utama Program Magister adalah:

  1.  Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode dan kaidah keilmuan disertai penerapannya sesuai dengan disiplin ilmunya.
  2. Memecahkan permasalahan dibidang disiplin ilmunya melalui penelitian dan perkembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  3. Mengembangkan kinerja dalam karir tertentu yang ditunjukan dengan ketajaman analisis permasalahan secara komperhensif.

Kompetensi utama diperoleh melalui perkuliahan :

  1. Kurikulum dan Desain Pembelajaran Fisika.
  2. Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran Fisika.
  3. Evaluasi dalam Pembelajaran Fisika.
  4. Kajian Penelitian dan Problematika Pendidikan Fisika.
  5. Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika.
  6. Metode Matematika dalam Fisika.
  7. Mekanika dan Termodinamika.
  8. Elektrodinamika dan Gelombang
  9. Pra Tesis.
  10. Tesis.

Kompetensi Pendukung

Kompetensi Pendukung adalah kompetensi yang diperlukan untuk mendukung, melengkapi, dan memperkaya kompetensi utama.

Kompetensi Pendukung Diperoleh melalui mata kuliah :

  1. Instrumen dalam Pendidikan Fisika.
  2. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika.
  3. Instrumentasi Elektronik untuk Pendidikan Fisika.
  4. Fisika Modern Lanjutan.
  5. Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.
  6. English for Scientific Communication.
  7. Data Science dalam Pendidikan.
  8. Sains Terpadu dan Lingkungan.

 

Sebaran Mata Kuliah

KODE

MATA KULIAH

SKS

Semester

1

2 3

4

A. Mata Kuliah Umum
30061052 Filsafat Ilmu

2

2

30061033 Metodologi Penelitian Pendidikan

3

3

30062013 Statistik Penelitian Pendidikan

3

3

B. Mata Kuliah Utama
32363162 Kurikulum dan Desain Pembelajaran Fisika

2

2

32363073 Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran Fisika

3

3

32362023 Evaluasi dalam Pembelajaran Fisika

3

3

32363103 Kajian Penelitian dan Problematika Pendidikan Fisika

2

2

32362033 Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika

3

3

32363062 Metode Matematika dalam Fisika

2

2

32363083 Mekanika dan Termodinamika

3

3

32363093 Elektrodinamika dan Gelombang

3

3

30063032 Seminar Proposal Tesis

2

2

30060016 Tesis

6

6

C. Mata Kuliah Pilihan
32360022 Instrumen dalam Pendidikan Fisika*

2

2*

32363033 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika*

3

3*

32363063 Instrumentasi Elektronik untuk Pendidikan Fisika*

3

3*

32363152 Fisika Modern Lanjutan*

2

2*

32363112 Teknik Penulisan Artikel Ilmiah*

2

2*

32363122 English for Scientific Communication*

2

2*

32363122 Data Science dalam Pendidikan*

2

2*

32363142 Sains Terpadu dan Lingkungan*

2

2*

Jumlah SKS Per Semester 15 15 10 6
*) Memilih tiga mata kuliah dari mata kuliah pilihan yang disediakan.

Deskripsi Mata Kuliah

30061052 – Filsafat Ilmu (2 sks)

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai filsafat ilmu, memahami ruang lingkup filsafat ilmu, tantangan dan masa depan ilmu, hakikat pengetahuan, kebenaran ilmiah, ontologi: hakikat ilmu, epistemologi: cara mendapatkan pengetahuan, aksiologi: nilai kegunaan ilmu, struktur ilmu pengetahuan, sarana ilmiah, serta sejarah perkembangan ilmu. Topik yang dibahas mencakup: pengertian filsafat dan filsafat ilmu, pengertian ilmu, cabang-cabang filsafat, aspek pengetahuan (ontologi, epistemologi, aksiologi), konsep kebenaran, ilmu dan agama, kebenaran ilmiah, metode ilmiah, sarana berpikir ilmiah, logika dan penalaran, karakteristik pengetahuan ilmiah, hubungan ilmu dengan moral.

 

30061033 – Metodologi Penelitian Pendidikan (3 sks)

Tujuan perkuliahan ini adalah untuk mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, sebagai pengetahuan dasar bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penulisan tesis. Topik yang dibahas meliputi: jenis-jenis penelitian, penelitian pengembangan (R&D), pemilihan topik penelitian, perumusan masalah, variabel penelitian, populasi dan sampling, instrumen dan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengujian hipotesis, penulisan proposal penelitian, penulisan hasil penelitian dalam tesis, teknik penulisan rujukan dan daftar pustaka, dan aturan-aturan dalam penulisan laporan hasil penelitian. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun proposal penelitian untuk tesisnya.

 

30062013 – Statistik Penelitian Pendidikan (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membahas teknik analisis data pada penelitian pendidikan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta interpretasinya. Topik yang dibahas meliputi: konsep dasar statistik, teori kesalahan, statistika deskriptif, distribusi probabilitas, teknik sampling, pengujian hipotesis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, analisis regresi dan korelasi, analisis variansi, analisis kovariansi, analisis jalur, dan model persamaan struktural (SEM). Mahasiswa juga akan belajar melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan software khusus.

 

32363162 –Kurikulum dan Desain Pembelajaran Fisika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membahas desain kurikulum dan implementasinya, khususnya pada pembelajaran fisika di sekolah. Selain itu dilakukan kajian terjadap kurikulum Nasional yang berlaku dan kurikulum Internasional yang banyak digunakan di sekolah Internasional di Indonesia. Topik yang dibahas dalam mata kuliah antara lain adalah: konsepsi kurikulum, sertifikasi dan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, metode pengembangan kurikulum, implementasi kurikulum dalam pembelajaran, kurikulum sebagai disiplin ilmu, kajian kurikulum Nasional, kurikulum Internasional, dan isu-isu terkini tentang pengembangan kurikulum. Strategi pembelajaran dan sistem evaluasi di negara maju juga akan dibahas sebagai studi kasus. Mahasiswa akan dilatih secara terbimbing bagaimana mendesain kurikulum fisika di sekolah tingkat menengah sebagai proses pembelajaran.

 

32363073 Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran Fisika (3 sks)

Tujuan perkuliahan pada mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa wawasan tentang konsep belajar dan pembelajaran dan penerapannya dalam mengembangkan pembelajaran fisika. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini, antara lain meliputi: teori belajar dan filosofi pembelajaran, faktor psikologis dan perkembangan siswa terhadap pembelajaran, teori multiple intelligence, standar isi (kurikulum) yang relevan dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan, pengelolaan pembelajaran (menentukan strategi, pendekatan, metode, dan model pembelajaran), memahami komponen-komponen  pengelolaan kelas dan interaksi belajar mengajar fisika serta studi lapangan. Pengalaman nyata dalam kegiatan perkuliahan ini dapat dilakukan melalui kunjungan kelas oleh mahasiswa ke sekolah atau mengundang guru dalam perkuliahan.

 

3236202 – Evaluasi dalam Pembelajaran Fisika (3 sks)

Perkuliahan ini bertujuan membahas konsepsi evaluasi dan penilaian berbasis kelas, bagaimana menyusun dan mengembangkan rencana penilaian, mengembangkan instrumen, menganalisis, dan menafsirkan hasil penilaian untuk membuat kebijakan dan perbaikan mutu pembelajaran fisika di kelas. Topik yang dibahas meliputi: paradigma penilaian kelas dalam melakukan perubahan; validitas dan reliabilitas hasil penilaian; bias dalam penilaian, menerapkan penilaian alternatif dan mengembangkan instrumennya; mengembangkan dan menganalisis penilaian diagnostik; menyusun, mengadministrasikan, dan memperbaiki penilaian di kelas; evaluasi dan grading perkembangan siswa dan penilaian kemajuan siswa di kelas. Secara praktis mahasiswa akan dilatih dalam projek terbimbing mendesain instrumen penilaian dan evaluasi pembelajaran fisika di kelas.

 

32363103 – Kajian Penelitian dan Problematika Pendidikan Fisika (2 sks)

Tujuan perkuliahan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi hasil penelitian dan problematika dalam pendidikan fisika berdasarkan pada jurnal nasional dan internasional terbaru (5 tahun terakhir). Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini, antara lain: perkembangan issue, tren, dan permasalahan dalam pendidikan fisika serta solusi yang ada berdasarkan hasil kajian jurnal. Kajian dilakukan dari berbagai sisi meliputi kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian hasil belajar, penelitian, media, dan penerapan pembelajaran berbasis ICT, serta kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. Di akhir perkuliahan mahasiswa menghasilkan makalah kajian pustaka tentang suatu topik dalam pendidikan fisika.

 

32362033 – Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) untuk pengajaran dan pembelajaran fisika. Berbagai topik akan dibahas dalam perkuliahan ini, antara lain meliputi: Peran ICT dalam Pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, ICT dalam pendidikan, perencanaan dan metode pengembangan media, penilaian dan analisis kebutuhan, pembelajaran jarak jauh dan e-learning system, desain e-lerning system, pengembangan sistem, e-learning system tools, model Learning Management System (LMS), implementasi dan pengujian sistem media fisik, media virtual Augmented dan Virtial Reality, manajemen projek. Pada matakuliah ini mahasiswa juga dilibatkan secara praktis dalam pengembangan e-learning system dan pendistribusiannya.

 

32363033 – Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika (3 sks)

Perkuliahan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam membangun sistem multimedia pembelajaran fisika menggunakan beberapa software untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran. Topik yang dibahas antara lain pengertian multimedia pembelajaran, peran dan fungi media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, teknik produksi media-media pembelajaran, teknik penyajian media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran, khususnya untuk pembelajaran fisika. Secara garis besar materi kuliah terbagi ke dalam beberapa pokok bahasan: (i) Pengantar Multimedia, (ii) Produksi Konten Multimedia, (iii) Representasi Data Multimedia, (iv) Penyimpanan dan Pengambilan Data Multimedia, (v) Jaringan Multimedia, dan (vi) Distribusi Multimedia. Perkuliahan dilengkapi dengan praktikum untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa bagaimana membuat desain dan memproduksi beberapa jenis multimedia yang sesuai dengan karakteristik siswa

 

32363062 – Metode Matematika dalam Fisika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa metode-metode matematika sehingga mampu menerapkan dan mengembangkannya pada perkuliahan fisika selanjutnya yang membutuhkan pengetahuan dasar matematika. Topik yang dibahas meliputi: analisis vektor, matriks dan determinan, persamaan eigen, diferensial parsial, integral, bilangan dan variable kompleks, deret dan transformasi Fourier, persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial parsial.

 

32363083 – Mekanika  dan Termodinamika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membahas konsep-konsep penting mekanika klasik dan implementasinya dalam termodinamika. Pada maka kuliah ini materi pembahasan meliputi (1) Mekanika Klasik: kinematika, dinamika, gaya sentral, gerak benda tegar, mekanika Lagrange, fluida; (2) Termodinamika: suhu dan kalor, hukum-hukum termodinamika. Perkuliahan menekankan pada aspek strategi pengajaran dan alat bantu yang diperlukan, khususnya untuk pembelajaran fisika di sekolah tingkat menengah.

 

32363093 – Elektrodinamika dan Gelombang (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membahas konsep-konsep penting dalam elektrodinamika dan gelombang, baik gelombang mekanik maupun elektromagnetik. Materi yang dibahas pada maka kuliah ini meliputi (1) Elektrodimakina: medan elektrostatik, hukum Coulomb, hukum Gauss, medan magnet, hukum Biot-Savart, hukum Ampere, medan dinamis, hukum Faraday; dan (2) Gelombang: fenomena gelombang, gelombang mekanik, gelombang elektrodinamik dan sifat-sifatnya. Perkuliahan menekankan pada aspek strategi pengajaran dan alat bantu yang diperlukan, khususnya untuk pembelajaran fisika di sekolah tingkat menengah.

 

32363152 – Fisika Modern Lanjutan (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan membahas keterbatasan mekanika klasik dalam menjelaskan dinamika sistem mikroskopik dan bagaimana konsep-konsep teori relativitas khusus dan fisika kuantum menjelaskannya. Materi yang dibahas meliputi (1) Teori relativitas khusus: Kerangka inersia, transformasi Lorentz; energi, massa, dan momentum relativistik, pengantar teori relativitas umum; (2) Mekanika kuantum: Dualisme gelombang-partikel, persamaan Schroedinger dan aplikasinya, atom hidrogen, atom berelektron banyak, mekanika statistik; zat padat, nuklir dan radioaktivitas, partikel elementer. Perkuliahan menekankan pada aspek strategi pengajaran dan alat bantu yang diperlukan, khususnya untuk pembelajaran fisika di sekolah tingkat menengah.

 

32363063 – Instrumentasi Elektronik untuk Pendidikan Fisika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam mendesain alat peraga dan set eksperimen pembelajaran fisika berbasis sensor dan mikrokontroler. Topik pembahasan meliputi analisis rangkaian resistif, dioda dan transistor, op amp dan penguat, rangkaian digital, mikrokontroler sebagai sistem kendali, dasar-dasar sensor, aplikasi sensor dan sistem kendali, khususnya untuk pengembangan perangkat pembelajaran fisika. Selain teori, perkuliahan juga diberikan praktikum penggunaan mikrokontroler, penggunaan sensor, proyek berbagai aplikasi sensor dan mikrokontroler untuk pengukuran dan pembuatan prototipe instrumen elektronik pembelajaran fisika.

 

32363132 – Data Science dalam Pendidikan (2 sks)

Tujuan perkuliahan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang analisis data dengan metode data science dan penerapannya dalam penelitian pendidikan. Topik pembahasan meliputi: pengantar data science, eksplorasi data, pengolahan data, pemodelan untuk prediksi klasifikasi, regresi linier dan logistik, analisis cluster, aturan asosiasi, dan evaluasi model cluster. Dalam perkuliahan ini akan diperkenalkan penggunaan software analisis data eksploratif dan penerapannya dalam analisis data pendidikan.

 

32363112 – Teknik Penulisan Artikel Ilmiah (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis dalam menulis artikel ilmiah secara terstruktur dan komprehensif, mulai dari persiapan penulisan artikel hingga proses publikasi di jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. Pada perkuliahan ini akan dibahas prinsip-prinsip dan perencanaan publikasi ilmiah; desain dan struktur artikel ilmiah; penggunaan gramatika, ejaan, dan penulisan angka; pengolahan gambar, tabel dan grafik; penulisan referensi; kode etik penulisan dan publikasi ilmiah; teknik memilih jurnal bereputasi; dan proses publikasi jurnal. Pada kuliah ini mahasiswa akan dipandu menulis draft artikel ilmiah sesuai dengan tema penelitiannya sebagai luaran dan akan direview oleh dosen sebagai bagian dari proses pembelajaran.

 

32363122– English for Scientific Communication (2 sks)

Tujuan perkuliahan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel dan presentasi oral pada forum ilmiah menggunakan bahasa Inggris. Pada perkuliahan ini mahasiswa akan belajar sejumlah topik menarik, antara lain: memahami komunikasi dalam bahasa Inggris, bahasa Inggris formal, tone, grammar, dan pengayaan vocabulary, analisis kalimat, dan proof reading, stategi membaca efektif, membuat artikel, membuat poster dan slide serta mempresentasikannya secara oral, menjawab pertanyaan,

mengenal chairing sessions dan diskusi panel pada forum ilmiah, seperti conference atau scientific meeting lainnya. Selain itu mahasiswa juga akan belajar secara praktis menggunakan editing tools, seperti Grammarly, Whitesmoke, dan Thesaurus untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel.

 

32363142 – Sains Terpadu dan Lingkungan

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang sains terpadu dan lingkungan yang mana meruakan subjek penting dalam pembelajaran sains di sekolah menengah. Perkuliahan akan membahas sejumlah topik, antara lain meliputi konsepsi keterpaduan sains; konsep-konsep fundamental di bidang fisika, kimia, biologi, lingkungan, astronomi, kebumian, dan bioteknologi; perkembangan sains terpadu; berbagai permasalahan dan metode pemecahan melalui sains terpadu, studi lingkungan dari perspektif konsep keterpaduan sains, termasuk persoalan global warming, energi terbarukan, dan lingkungan berkelanjutan.

 

30063032 – Seminar Proposal Tesis (2 sks)

Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pengalaman kerja mandiri kepada mahasiswa dalam menyusun proposal tesis penelitian pendidikan fisika. Proposal tesis meliputi beberapa bagian utama, antara lain: latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, kajian teori, dan metodologi penelitian. Proposal harus didukung dengan referensi artikel jurnal yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti dan terpublikasi dalam sepuluh tahun terakhir. Setelah proposal disetujui, mahasiswa akan mendapat dua orang dosen pembimbing. Selanjutnya proposal akan diuji kelayakannya dalam seminar proposal tesis.

 

30060016 – Tesis (6 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kerja mandiri kepada mahasiswa dalam melaksanakan penelitian bidang pendidikan fisika di bawah dua orang dosen pembimbing. Hasil penelitian kemudian harus ditulis dalam laporan penelitian berbentuk tesis dan artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Acuan penulisan tesis mengikuti buku panduan penulisan tesis Universitas Negeri Jakarta. Tesis yang telah disetujui oleh kedua dosen pembimbing kemudian diajukan untuk diuji dalam sidang ujian tesis.

 

id Indonesian
X