Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/ Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi Magister Pendidikan Fisika yang mengacu pada rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang pada dimensi sikap dan keterampilan, serta pengetahuan dan keterampilan khusus yang disepakati dalam forum HKI, serta pemenuhan standar internasional pada kompetensi umum dan kompetensi khusus, sebagai berikut:

Kompetensi Umum

PLO1Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang pendidikan fisika.

Kompetensi Khusus

PL0 2 Menguasai pengetahuan lanjutan tentang fisika klasik dan fisika modern
PLO 3 Mampu mendesain pembelajaran fisika inovatif sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan menggunakan teknik evaluasi dan asesmen yang tepat
PLO 4Mampu mengembangkan alat bantu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi maju dan lingkungan peserta didik
PLO 5Mampu mengajukan berbagai alternatif pemecahan problematika pendidikan fisika dengan pendekatan inter- dan multidisipliner
PLO 6Mampu mendesain penelitian ilmiah untuk menyelesaikan persoalan pendidikan fisika
PLO 7Mampu melaksanakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan fisika berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.
PLO 8Mampu menghasilkan artikel ilmiah yang memiliki kebaruan, serta mempublikasikannya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi, prosiding seminar internasional, atau jurnal internasional

 Mapping Mata Kuliah dan Program Learning Outcomes :

The PLO of Master of Physics Education Study Programme :

AreaCodeProgramme Learning Outcome
Social CompetencePLO 1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang pendidikan fisika.
Specialist competencesPLO 2Menguasai pengetahuan lanjutan tentang fisika klasik dan fisika modern
PLO 3Mampu mendesain pembelajaran fisika inovatif sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan menggunakan teknik evaluasi dan asesmen yang tepat
PLO 4Mampu mengembangkan alat bantu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi maju dan lingkungan peserta didik
PLO 5Mampu mengajukan berbagai alternatif pemecahan problematika pendidikan fisika dengan pendekatan inter- dan multidisipliner
PLO 6Mampu mendesain penelitian ilmiah untuk menyelesaikan persoalan pendidikan fisika
PLO 7Mampu melaksanakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan fisika berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.
PLO 8Mampu menghasilkan artikel ilmiah yang memiliki kebaruan, serta mempublikasikannya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi, prosiding seminar internasional, atau jurnal internasional
id Indonesian
X