E-Learning

LMS UNJ : https://onlinelearning.unj.ac.id/login/index.php

LMS Magister Pendidikan Fisika UNJ : https://epsilon.smart-unj.id/

Peningkatan dan pengembangan sistem pembelajaran terus dilakukan, baik dari segi bahan ajar, pengembangan konten, maupun sistem pembelajaran. Salah satu upaya perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran Program Studi Fisika mengembangkan sistem pembelajaran online (e-learning) Program Studi. Pelaksanaan pembelajaran selama ini dilakukan dengan metode blended learning, sistem pembelajaran online mendukung pelaksanaan sistem pembelajaran tatap muka. Dukungan sistem ini terdiri dari: penyediaan bahan ajar, sistem penugasan, termasuk ke dalam nya sistem penilaian.

Perkembangan e-learning di program studi Fisika:

  • Periode 1999-2012 Program Studi Fisika menggunakan e-learning secara localhost, sumber dan media pembelajaran hanya dapat diakses melalui jaringan internal dalam kampus
  • Periode tahun 2012-2016 Program Studi Fisika bekerjasama dengan Wiley dalam pelaksanaan e-learning menggunakan sistem yang difasilitasi oleh Wiley. E-learning hasil kerjas sama ini dapat diakses mahasiswa di manapun dan kapanpun dengan mengakses laman https://www.wileyplus.com
  • Periode tahun 2016-2019, Program Studi Fisika telah mengembangkan sistem e-learning sendiri yang instalasinya sesuai dengan basis instalasi server universitas. yang diberi nama EPSILON (http://fmipa.unj.ac.id/fisika/epsilon/).
  • Semenjak tahun 2020 tautan EPSILON dimigrasi menjadi https://epsilon.smart-unj.id/. Semua bentuk dukungan ini membuat proses pembelajaran terekam dengan baik, sejalan dengan perkembangan revolusi pembelajaran dan ditargetkan oleh Program studi Fisika menuju Learning 3.0, seperti ditunjukkan pada Gambar berikut.
id Indonesian
X