Kurikulum yang saat ini diterapkan oleh Program Studi Biologi dikembangkan berdasarkan SK Menristek RI Nomor 44 Tahun 2015. Pembaruan dan pengembangan kurikulum dirancang berdasarkan KKNI, Lulusan, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Konsorsium Biologi Indonesia dengan mengingat perubahan orientasi era industri 4.0 dan OBE. Kurikulum disusun berdasarkan capaian pembelajaran lulusan yang telah ditetapkan sebelumnya. Capaian program studi juga dirancang untuk memenuhi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya global yang tidak terlepas dari pengembangan potensi kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Program Studi Biologi.

TUJUAN PEMBELAJARAN PRODI

SUBJECT-SPECIFIC COMPETENCES

  1. Memahami ilmu matematika dasar dan ilmu alam, biologi dasar dan bidang terkait lainnya.
  2. Mampu memanfaatkan pengetahuan dan keterampilannya berdasarkan metodologi penelitian untuk memecahkan masalah biologi dan masalah terkait lainnya
  3. Mampu berkomunikasi dalam team work untuk berkolaborasi dan menciptakan jejaring kerjasama (networking).
  4. Memiliki etika yang baik dalam konteks akademik, sosial, dan lingkungan
  5. Mampu mengembangkan ilmu untuk studi lanjut dan kebutuhan kerja sebagai pembelajar sepanjang hayat

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

KOMPETENSI SOSIAL

Kids social skills concept icon. Children interactions. Childcare. Positive attitude and using manners. Social behavior idea thin line illustration. Vector isolated outline RGB color drawing
CPL 1 Menunjukkan sikap religius, etika yang baik, kepedulian sosial, tanggung jawab, kepemimpinan.
CPL 2 Mampu menerapkan pemikiran dan metode yang logis, kritis, sistematis, inovatif, ilmiah dalam memecahkan masalah di bidang biologi dan bidang lainnya yang terkait.
CPL 3 Mampu menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik dalam konteks sosial dan akademik, menyebarkan informasi ilmiah secara komunikatif dan bertanggung jawab mengenai lingkungan budaya, membangun jaringan dan kolaborasi.
CPL 4 Mampu memahami konsep dan aplikasi matematika dasar dan dasar-dasar sains.
CPL 5 Menguasai pengetahuan biologi seluler dan molekuler, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika dan keanekaragaman hayati, evolusi, ekologi secara komprehensif dan sesuai dengan kelimuan.
CPL 6 Menguasai ilmu lain yang relevan secara terpadu dan berkelanjutan.
CPL 7 Mampu menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan suatu masalah dalam biologi dan konteks lain yang relevan yang mencakup pendekatan dalam analisis data besar.
CPL 8 Mampu menerapkan ilmu biologi dalam merancang dan menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif secara berkesinambungan.
CPL 9 Mampu merencanakan, mengelola, menerapkan, dan mengevaluasi tugas laboratorium dan lapangan secara mandiri dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan lingkungan.

KOMPETENSI KHUSUS

Figure 1. Spider Plot of Students’ PLO Achievement in Biology Program

MATRIKS TPS DAN CPL

BAHAN KAJIAN

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Biologi Sel dan Molekuler Materi pembelajarannya meliputi biokimia, biologi sel, dan biologi molekuler untuk memahami struktur dan fungsi sel. Studi biologi sel berkaitan dengan struktur dan fungsi sel eukariotik, biosintesis membran dan organel sel, pertumbuhan sel, transportasi, reseptor, dan signaling sel, sitoskeleton, matriks ekstraseluler, struktur kromosom, konsep DNA, RNA, dan sintesis DNA. Biologi Molekuler mempertimbangkan rekombinasi genetik prokariotik, transkripsi dari DNA ke RNA, translasi protein. Kontrol ekspresi gen pada prokariota dan eukariota. Teknik Dasar Molekuler-Isolasi DNA. Penanda Genetik (Hibridisasi, PCR, Urutan). Mata kuliah wajib:

Biokimia dan Kimia Organik, Biologi Sel dan Biologi Molekuler

 

Mata kuliah pilihan: Bakteriologi, Biologi Khamir, Enzimologi, Proteomik

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Fisiologi Materi pembelajaran tentang fisiologi hewan dan tumbuhan. Mata kuliah fisiologi hewan membahas prinsip, proses, dan mekanisme yang terlibat dalam fungsi biologi hewan, dasar seluler fisiologis hewan dengan mempertimbangkan homeostasis fisiologis, sistem endokrin dan reproduksi, osmoregulasi, dan sistem pencernaan pada hewan. Mata kuliah fisiologi tumbuhan  membahas tentang pengenalan struktur biomolekul tumbuhan, metabolisme tumbuhan, dan proses fisiologis yang didasarkan pada perkecambahan biji, pertumbuhan dan perkembangan, serta respon tumbuhan terhadap lingkungan. Mata kuliah wajib:

Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan

 

Mata kuliah pilihan:

Bio Reproduksi Hewan, Biologi Manusia, Imunologi, Ektoparasitologi dan Endoparasitologi Hewan, Endokrinologi Hewan, Laboratorium Manajemen Hewan

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Genetika Materi pembelajaran genetika menguraikan prinsip-prinsip dasar pewarisan pada tingkat seluler, organisme, dan populasi. Materi pembelajaran ini mempelajari tentang bagaimana karakter fisik diwariskan dan bagaimana struktur kimia mempengaruhi karakter tersebut dan diturunkan ke keturunannya. Bidang ini juga mempelajari DNA sebagai materi genetik suatu organisme, sintesis protein dan bagaimana materi genetik dan lingkungan mengontrol karakter fenotipik organisme, dan bagaimana perubahan urutan DNA penyebab mutasi mengakibatkan variasi dalam individu dan populasi spesies, mengarah ke perubahan evolusioner. Bidang genetika juga memperkenalkan teknologi rekombinan plasmid yang memanfaatkan sistem biologis, organisme hidup, atau bagian untuk mengembangkan atau membuat produk yang berbeda. Mata kuliah wajib:

Genetika, Bioteknologi

 

Mata kuliah pilihan:

Genetika Populasi, Genetika Konservasi, Bioteknologi Hewan, Bioteknologi Tanaman, Reproduksi dan Pemuliaan Tanaman

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Struktur dan Perkembangan (Tumbuhan dan Hewan) Materi pembelajaran meliputi struktur dan perkembangan tumbuhan dan hewan. Materi kajian tumbuhan membahas tentang struktur luar (morfologi) dan internal (anatomi) serta perkembangan tumbuhan tingkat tinggi. Dibahas pula perkembangan struktur primer dan sekunder tumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman pada fase vegetatif dan generatif. Embriogenesis dan organogenesis tumbuhan. Materi pembelajaran struktur dan perkembangan hewan membahas tentang struktur histologi jaringan dasar dan jaringan spesifik yang menyusun suatu organ hewan serta menjelaskan struktur internal dan proses pembentukan dan perkembangan berbagai sistem organ pada vertebrata. Perkembangan hewan juga membahas tahap transisi atau tidak langsung perkembangan pada beberapa vertebrata, mekanisme metamorfosis, dan regenerasi. Mata kuliah wajib:

Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Struktur dan Perkembangan Hewan, Kultur Jaringan Tumbuhan, Mikrobiologi

 

Mata kuliah pilihan:

Histologi Hewan, Mikroteknik Hewan, Teratologi, Mikroteknik Tumbuhan, Ekonomi Botani, Biodiversitas Urban, Dasar-Dasar Hortikultura, Mikroba Patogen Tumbuhan

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Biosistematika dan Evolusi Biosistematika adalah studi tentang diversifikasi organisme dan hubungan antara organisme ini. Biosistematika mencakup subdisiplin taksonomi dan sistematika. Taksonomi meliputi penemuan spesies dan pengenalan, identifikasi, diagnosis, perbandingan, klasifikasi, dan penamaan. Sistematika mempelajari hubungan evolusioner antara spesies dan unit taksonomi yang lebih tinggi (seperti genera dan famili) dalam hubungan evolusioner. Sistematika biologi juga membahas tentang keanekaragaman hayati makhluk hidup yang meliputi tumbuhan (kriptogam dan fanerogam), hewan (vertebrata dan avertebrata), bakteri, alga, jamur, serta penerapannya dalam klasifikasi makhluk hidup dan aspek konservasinya. Mata kuliah wajib:

Biodiversitas dan Sistematika Kriptogram, Biodiversitas dan Sistematika Fanerogam, Biodiversitas dan Sistematika Vertebrata, Biodiversitas dan Sistematika Avertebrata, Evolusi

 

Mata kuliah pilihan:

Keanekaragaman Hayati Jamur, Biosistematika Mikroorganisme, Fikologi, Orkidologi, Pteridologi

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Ekologi Ekologi adalah ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya dan lingkungan sekitarnya. Materi pembelajaran ini memberikan latar belakang dalam prinsip-prinsip ilmu ekologi, konsep seleksi alam, ekologi populasi dan komunitas, keanekaragaman hayati, dan keberlanjutan. Lingkungan yang terus berubah juga mendorong makhluk hidup untuk terus beradaptasi. Kajian ini juga membahas tentang berbagai sumber daya alam yang ada di lingkungan dan pengelolaannya. Mata kuliah wajib:

Ilmu Lingkungan, Ekologi Dasar, Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

 

Mata kuliah pilihan:

Ekologi Hewan, Ekologi Tumbuhan, Ornitologi, Biogeografi, Limnologi, Mikrobiologi Lingkungan, Ekofisiologi Tumbuhan, AMDAL

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Analisis Data Materi pembelajaran ini berfokus pada penggunaan beberapa alat untuk analisis data penelitian ilmiah pada tumbuhan, hewan, mikrobiologi, dan bidang ilmu terkait. Kajian ini juga membahas metode dan desain deskriptif dan eksperimental untuk penelitian ilmiah—teknik analisis dan diseminasi hasil yang diperoleh dalam tugas akhir. Mata kuliah wajib:

Matematika Dasar, Statistika Dasar, Metodologi Penelitian Biologi, Rancangan Percobaan, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Skripsi

 

Mata kuliah pilihan:

Dasar-Dasar Bioinformatika

Bahan Kajian (BK) Deskripsi Bahan Kajian Nama Mata Kuliah

(relevan dengan BK)

Manajemen Berbasis Biologi Materi pembelajaran ini meliputi materi tentang bagaimana mengatur pekerjaan di laboratorium, mengelola pekerjaan di berbagai bidang yang berkaitan dengan produk biologi dan menulis laporan untuk tugas akhir. Mata kuliah wajib:

K3L, Kewirausahaan Berbasis Biologi, Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Seminar Proposal Penelitian

 

Mata kuliah pilihan:

Bioetik Hewan