previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

DESKRIPSI

Laboratorium Pendidikan Struktur Perkembangan Tumbuhan yang berlokasi di Gedung Hasjim Asjarie Lantai 8, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta merupakan Laboratorium yang digunakan untuk menunjang kegiatan Praktikum pada Mata Kuliah Wajib dan MK Pilihan yang ada di Kurikulum Program Studi Biologi FMIPA UNJ. Laboratorium Pendidikan Struktur Perkembangan Tumbuhan ini digunakan dengan konsep  kerangka kerja yang fleksibel, menampung kelompok kerja mahasiswa yang lebih dinamis.

Kegiatan praktikum Struktur Perkembangan Tumbuhan secara umum meliputi topik pengamatan sel tumbuhan, dinding sel tumbuhan dan protoplas, bahan ergastik non protoplasmik, jaringan meristem, pelindung, dasar dan penyokong, vaskuler, sekretori, hingga organ akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.  Kegiatan Praktikum Struktur Perkembangan Tumbuhan dilakukan tidak hanya pengamatan dari ilmu morfologi, namun juga ilmu anatomi, sehingga keterampilan penggunaan mikroskop secara tidak langsung juga akan diterapkan. Selanjutnya terdapat pula kegiatan praktikum dari mata kuliah lain diantaranya: bryologi, fikologi, orchidologi, dan mikroteknik tumbuhan, yang menuntut mahasiswa agar terampil dalam pengamatan menggunakan mikroskop. Daya tampung ruang ini adalah 40 mahasiswa.

Peralatan yang tersedia di laboratorium ini adalah: mikroskop listrik, mikroskop compound, inkubator, serta peralatan gelas pendukung kegiatan praktikum. Laboratorium ini terdiri dari dua meja kerja panjang, satu meja instruktur, meja simpan yang cukup untuk menampung spesimen atau objek praktikum.

Laboratorium Kultur Jariangan digunakan untuk mendukung kegiatan Praktikum MK:

  1. Struktur Perkembangan Tumbuhan (Compulsory course)
  2. Bryology (elective course)
  3. Fikologi (elective course)
  4. Orchidologi (elective course)
  5. Mikroteknik Tumbuhan (elective course)
Nama AlatSpesifikasiJumlah
Lemari esSanyo1
InkubatorMemmert1
Vacuum pumps & CompressorsGast (D0A-P104-BN)1
Triangle Biomedical Sciences (TBS)Durham, N. C1

Dokumentasi Kegiatan di Laboratorium

Dokumentasi Kegiatan di Lapangan