Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PR Mikrobiologi Terapan OR Hayati dan Lingkungan (BRIN) dengan FMIPA-Prodi Biologi UNJ

Rabu (01/03/2023), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNJ menggelar acara penandatanganan perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pusat Riset Mikrobiologi Terapan-Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan di Ruang Rapat Lantai 6, Gedung Hasyim Asjarie, Kampus A UNJ Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas MIPA UNJ, Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi awalan yang baik untuk memulai banyak kerja sama lainnya baik terkait riset, kerjasama pendidikan, maupun kerjasama penulisan artikel yang akan dipublikasikan.

Hal ini dapat sangat bermanfaat dalam pengayaan kerjasama nasional antara UNJ, BRIN dan mitra.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Pusat Mikrobiologi Terapan – BRIN, Dr. Ahmad Fathoni, menyatakan kolaborasi ini sebagai upaya hilirisasi dalam menciptakan produk yang bermanfaat. Sehingga orientasi riset tidak hanya berpaku pada publikasi dan paten, namun juga produk yang dapat diimplementasikan di masyarakat.

Pada kesempatan ini, fokus riset berkaitan dengan pengembangan kualitas kakao (Theobroma cacao) berbasis fermentasi khamir dan bakteri asam laktat (BAL), identifikasi dan analisis enzim serta senyawa volatil dari khamir dan BAL dalam meningkatkan kualitas kakao fermentasi, suatu pengendalian mikroba patogen serta analisis komponen bioaktif.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi lompatan riset yang dapat dikembangkan bersama mitra di bidang bioteknologi menjadi inovasi yang dapat berguna bagi masyarakat, terutama unit usaha kecil, dunia industri dan stakeholder.