SEMINAR NASIONAL FISIKA 2016

 

SEMINAR NASIONAL FISIKA 2016

Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA
Universitas Negeri Jakarta
Jakarta, 28 Mei 2016

Latar Belakang
Seiring perkembangan zaman, para ilmuwan fisika telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Penemuan dan inovasi dikembangkan mulai dari teknologi analog hingga digital, dari konsep fisika mekanik hingga fisika kuantum, dari penemuan energi berbahan fosil hingga energi terbarukan, dan lain sebagainya.
Pesatnya perkembangan penemuan-penemuan ini perlu diimbangi dengan penyampaian informasi yang luas kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi beserta dampak dan pemanfaatannya.
Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta melaksanakan suatu kegiatan dalam bentuk Seminar Nasional Fisika 2016 (SNF UNJ 2016). Seminar Nasional Fisika kali ini mengangkat tema “Back to fundamental physics to get comprehensive understanding on science, education and technology”, dimana kegiatan ini mengupas berbagai pandangan para peneliti mengenai ilmu fisika dan berbagai penemuannya. Seminar ini merupakan wadah temu ilmiah berkala yang diadakan oleh Program Diploma Fisika dan Program Diploma Pendidikan Fisika FMIPA UNJ sebagai forum interaksi, kolaborasi dan integrasi antara pendidik, peneliti dan praktisi. Peserta seminar adalah para peneliti dan pendidik baik dosen, guru maupun mahasiswa dan praktisi dari dalam maupun luar negeri.
Sejak pertama kali diadakan, kegiatan Seminar Nasional Fisika UNJ menjadi bagian dari rangkaian acara Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta setiap tahunnya. Semenjak tahun 2014, SNF UNJ diselenggarakan bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Cabang Jakarta.
Pada tahun ini SNF UNJ adalah kegiatan kali keenam, yang diselenggarakan dengan mengusung tema kekinian yaitu “Back to Fundamental Physics to Get Comprehensive Understanding on Science, Education and Technology”. Dalam seminar ini seluruh peserta menyajikan berbagai tulisan, poster dan karya ilmiahnya untuk disajikan secara luas.

Kegiatan seminar ini bertujuan :
1. Sebagai wadah diseminasi hasil-hasil penelitian Dosen, Pendidik, Peneliti dan Praktisi;
2. Sebagai wadah untuk pertukaran informasi antara Universitas-universitas maupun lembaga-lembaga lain terkait dari seluruh Indonesia;
3. Menfasilitasi mahasiswa S1 dan S2 mempublikasikan hasil penelitiannya sebagai salah satu syarat wajib kelulusan;
4. Sebagai upaya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
5. Sebagai bentuk kerjasama konkrit Program Studi Fisika dan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta dengan Himpunan Fisika Indonesia Cabang Jakarta.

Ruang lingkup kajian yang menjadi fokus utama dalam SNF UNJ 2016 ini meliputi:
1. Pendidikan Fisika;
2. Fisika Instrumentasi dan Komputasi;
3. Fisika Material;
4. Fisika Medis dan Biofisika;
5. Fisika Kebumian dan Antariksa;
6. Fisika Teori, Partikel dan Nuklir;
7. Fisika Lingkungan dan Energi Terbarukan, serta bidang-bidang lain yang belum termasuk topik diatas selama masih relevan dengan ilmu fisika.

Semua makalah yang masuk dan dipresentasikan akan dipublikasikan dalam Prosiding Online. Makalah terpilih akan dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF) dan Jurnal Spektra yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Jurnal ini terindeks oleh Google Scholar dan Indonesian Publication Index. Sedangkan semua makalah yang dipublikasikan akan mendapatkan Digital Object Identifier (DOI) sehingga dapat memudahkan pencarian dan proses akreditasi hasil penelitian.

Kegiatan Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Jakarta 2016 (SNF 2016 UNJ) diselenggarakan pada :

Hari, tanggal : Sabtu, 28 Mei 2016
Waktu : Pukul 08.00 s/d 16.00 WIB
Tempat : Aula Latief Hendradiningrat, Gedung Dewi Sartika
Universitas Negeri Jakarta

Adapun kegiatan seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara inti, yaitu :
1. Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional)
2. Prof Agus Setyo Budi, Dosen pada Universitas Negeri Jakarta, dan
3. Prof. Dr. Yusaku Fujii, Dosen pada Gumma University, Jepang.

Para peserta seminar berasal dari berbagai latar belakang baik dosen, pendidik/guru, mahasiswa, peneliti, pemerhati teknologi, kalangan pemerintah maupun kalangan industri/swasta. Adapun jumlah peserta pada seminar ini sebanyak 297 pemakalah yang terdiri dari kategori peserta pemakalah, poster dan peserta pendengar. Fasilitas yang diberikan mendapatkan Seminar Kit berupa :
1. Alat tulis
2. Block Note
3. Goodie bag
4. Buku Abstrak
5. Name Tag
6. Sertifikat

Berikut daftar afiliasi para peserta seminar yang berasal dari berbagai institusi antara lain :
Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Lampung, Politeknik Negeri Batam, MtsN 2 Serang, UIN Syarif Hidayatullah, LIPI, SMAN 8 Samarinda, Universitas Negeri Medan, BATAN, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Terbuka, LAPAN, ISTN, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Universitas Katolik Widya Mandira, Universitas Padjajaran, Universitas Tadulako Palu, Institut Pertanian Bogor, President University, STTN-BATAN Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, STIKIP Taman Siswa Bima, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Makassar, MAN 3 Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Tanjung Pura, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Palangka Raya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Padang, Universitas Bengkulu, Universitas Islam Riau, ITS, Universitas Riau, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Gadjah Mada, IKIP PGRI Pontianak, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Universitas Hassanudin, Politeknik Negeri Bandung, STIKIP Surya, Universitas Pancasila, BPPT, AKA Caraka, MAN 15 Jakarta, STIKIP Lubuk Linggau, Universitas Andalas, BMKG, SMAN 11 Pandeglang, Politeknik Jambi, STIKIP PGRI Sumatera Barat, STT PLN, dan Universitas Muhammadyah Riau.

Sebelum dilaksanakan kegiatan seminar, para peserta terlebih dahulu disajikan beberapa performance dari Tim Kesenian Fisika UNJ, antara lain tarian Lenggang Nyai, Nandak Ganjen, dan Ondel-ondel. Setelah disajikan tarian khas asal Jakarta tersebut, kemudian dikumandangkan lagu Indonesia Raya.
Mengawali kegiatan Seminar Nasional Fisika, Ketua Panitia SNF 2016 UNJ, Dr. Mutia Delina memberikan laporannya mengenai segala persiapan seminar, jumlah peserta yang hadir dan mitra kerja (sponsor) yang berpartisipasi dalam mendukung kegiatan seminar. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HFI Jakarta Ariadne L. Juwono, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan appresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan SNF 2016 yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta. Acara kemudian diikuti dengan sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Rektor UNJ yang diwakili oleh Dekan Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Suyono. Beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan seminar dapat berjalan lancar dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia khususnya di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika terapan.
Selain kegiatan utama seminar yang dipresentasikan oleh ketiga pembicara inti, kegiatan seminar dilanjutkan dengan presentasi dari para peserta pemakalah secara parallel. Sesi poster dan pameran sponsor (exhibition) juga mendapatkan alokasi dan tempat secara khusus.

Para mitra kerja/sponsor yang terlibat adalah :
1. BNI 46
2. PT Quantum Home Appliance
3. Wiley
4. PT. Tri Sumber Makmur Indah

Dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, kami selakuk Panitia SNF 2016 UNJ mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pimpinan Universitas Negeri Jakarta, Himpunan Fisika Indonesia cabang Jakarta, seluruh panitia SNF 2016 UNJ, para mitra kerja (sponsor) dan para pihak yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini.
Selain itu kelancaran dan kesuksesan kegiatan tidak terlepas juga dari keprofesionalan panitia dan pendukung yang terlibat.

Jakarta, Agustus 2016
Ketua Panitia SNF 2016 UNJ,

Dr. Mutia Delina, M.Si