SEMINAR NASIONAL FISIKA 2017

SEMINAR NASIONAL FISIKA 2017

Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA
Universitas Negeri Jakarta
Jakarta, 20 Mei 2017

Seminar Nasional Fisika (SNF) 2017 Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sebagai forum interaksi, kolaborasi dan integrasi antara pendidik, peneliti dan praktisi. Peserta seminar adalah para pendidik dan peneliti yang meliputi dosen, guru dan mahasiswa serta para praktisi dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan SNF kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu 20 mei 2017 dan secara rutin bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Cabang Jakarta. Seminar tahun ini mengangkat tema “Research Implementation into Practice in Physics and Physics Education”. Seminar ini mengupas berbagai pandangan ilmu fisika dari hasil riset berbagai bidang, sep-erti bidang instrumentasi-komputasi, material, medis–biofisika, kebumian-antariksa, teori-partikel-nuklir, lingkungan-energi terbarukan dan bidang kajian pendidikan fisika, seperti Classroom Action Research, Research and Develop-ment, Experimental Education Research, dan lain-lain.
Kegiatan SNF selalu melibatkan peran alumni khususnya dalam bentuk keikutsertaan sebagai peserta, sponsor maupun pembicara utama (Keynote speaker). Pembicara utama SNF 2017 salah satunya adalah Bapak Saehu Nurdin, M.M. (P.T. Garuda Indonesia) yang merupakan alumni sekaligus Ketua IKA (Ikatan Alumni) Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Keterlibatan alumni didalam kegiatan SNF merupakan salah satu bentuk kontribusi dari organisasi alumni guna memperkuat dan memperluas kompetensi mahasiswa dan civitas academia guna mendukung visi dan misi program studi.

Hari/Tanggal : Sabtu/20 Mei 2017
Tempat : Aula Latief Gd. Dewi Sartika Kampus A UNJ
Jl. Rawamangun Muka I Jakarta
Pembicara Utama (Keynote Speakers) 1. Prof. Hsiang Lin Liu (National Taiwan Normal University)
2. Marie Paz E Morales, Ph.D, Sci.Ed. (Philippine Normal University)
3. Prof. Dr. Md. Rahim Sahar (Universiti Teknologi Malaysia)
4. Saehu Nurdin, M.M. (PT. Garuda Indonesia)

Para peserta seminar berasal dari berbagai latar belakang baik dosen, pendidik/guru, mahasiswa, peneliti, pemerhati teknologi, kalangan pemerintah maupun kalangan industri/swasta. Adapun jumlah peserta terdaftar pada seminar ini sebanyak 394 peserta dengan 282 hadir sebagai peserta yang terdiri dari kategori peserta pemakalah, poster dan peserta pendengar. Fasilitas yang diberikan mendapatkan Seminar Kit berupa :
1. Alat tulis
2. Block Note
3. Goodie bag
4. Buku Abstrak
5. Name Tag
6. Sertifikat

Berikut daftar afiliasi para peserta seminar yang berasal dari berbagai institusi dengan jumlah kurang lebih 70 intansi antara lain :
Unversitas Negeri Jakarta, Universias Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, SMAN 2 Muara Enim, Universitas Katholik Parahyangan, Universitas Pancasila, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Semarang, Universitas TanjungPura, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Negeri Padang, Universitas Flores, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sriwijaya, Universitas Pattimura, BETEN, IKIP GRI Pontianak, Universitas Bengkulu, Politeknik Gajah Tunggal, Unsika Karawang, Universitas Riau, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Presiden, Universitas Bengkulu, Universitas Sumatera Utara, STMIK Nusa Mandiri Jakarta, LIPI, Universitas PGRI Palembang, Universitas Negeri Medan, Universitas Lampung, Universitas Jember, FKIP UHO Kendari, Institut Teknologi Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Pamulang, Universita Kristen Satya Wacana, BMKG UII, STMKG, LAPAN, LEMIGAS, BPPT, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Malang,

Sebelum dilaksanakan kegiatan seminar, para peserta terlebih dahulu disajikan beberapa performance dari Tim Kesenian Fisika UNJ, dengan taran dari daerah Papua dan Kalimantan. Setelah disajikan tarian khas Indonesia, kemudian dikumandangkan lagu Indonesia Raya.
Pembukaan SNF 2017 diawali dengan penampilan tarian dari tim seni Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika antara lain tarian yospan (papua), dayak (Kalimantan) dan tarian kompilasi. Selanjutnya dmenyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya oleh seluruh peserta seminar dipandu oleh dirijen. Selanjutnya acara sambutan dari
a. Sambutan Ketua Panitia SNF 2017 Bapak Prof. Dr. I Made Astra, M.Si sebagai laporan kegiatan khususnya mengenai segala persiapan seminar, jumlah peserta yang hadir dan mitra kerja (sponsor) yang berpartisipasi dalam mendukung kegiatan seminar.
b. Sambutan Ketua HFI Jakarta Ibu Ariadne L. Juwono, M.Eng., Ph.D. beliau menyampaikan appresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan SNF 2017 yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta sekaligus mendukung kegiatan tersebut secara organisasi.
c. Sambutan Rektor Universitas Negeri Jakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Kejasama Bapak Dr. Achmad Ridwan, M.Si sekaligus membuka kegiatan seminar secara resmi. Beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan seminar dapat berjalan lancar dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia khususnya di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika terapan.

Sesi pertama SNF disampaikan oleh pembicara utama
a. Prof. Hsiang Lin Liu (National Taiwan Normal University) dengan tema “Advances in Physis and Beyond”.
b. Marie Paz E. Morales, Ph.D (Normal University of Philipine) dengan tema “Research Implementation into Practice in Physics Education”.
c. Dr. Md. Rahim Sahar (UTM Malaysia) dengan tema “Plasmon mediated glass based lasing materials: Influence of nanoparticles”.
d. Saehu Nurdin, M.M (P.T. Garuda Indonesia) dengan tema “Fungsi Pusat Kendali Operasi dalam sebuah Operasi Penerbangan”.

Selain kegiatan utama seminar yang dipresentasikan oleh empat pembicara inti, kegiatan seminar dilanjutkan dengan presentasi dari para peserta pemakalah secara parallel. Sesi poster dan pameran sponsor (exhibition) juga mendapatkan alokasi dan tempat secara khusus.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, kami selaku Panitia SNF 20167 UNJ mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pimpinan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), FMIPA UNJ, Prodi Fisika dan Pendidikan Fisika, Himpunan Fisika Indonesia (HFI) cabang Jakarta, seluruh panitia SNF 2017 UNJ, para mitra kerja (sponsor) dan para pihak yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini.