Deskripsi Mata Kuliah

NoKodeMata KuliahSKSKeteranganDeskripsi ModulRencana Pembelajaran Semester (RPS) LAMDIK (Unduh)
130061052Filsafat Ilmu2Tujuan mata kuliah ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai filsafat ilmu. Topik yang dibahas mencakup: pengertian filsafat, filsafat ilmu, pengertian ilmu, cabang-cabang filsafat, aspek pengetahuan (ontologi, epistemologi, aksiologi), konsep kebenaran, ilmu dan agama, kebenaran ilmiah, metode ilmiah, sarana berpikir ilmiah, logika dan penalaran, karakteristik pengetahuan ilmiah, dan hubungan ilmu dengan moral. Perkuliahan akan dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning). Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan di bidang keilmuan dan penelitian yang berkualitas.Filsafat Ilmu
230061033Metodologi Penelitian Pendidikan3Mata Kuliah Metodologi penelitian pendidikan fisika mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, sebagai pengetahuan dasar bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penulisan Tesis. Topik yang dibahas meliputi: jenis-jenis penelitian, penelitian pengembangan (R&D), pemilihan topik penelitian, perumusan masalah, variabel penelitian, populasi dan sampling, instrumen dan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengujian hipotesis, penulisan proposal penelitian, penulisan hasil penelitian dalam Tesis, teknik penulisan rujukan dan daftar pustaka, dan aturan-aturan dalam penulisan laporan hasil penelitian. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun proposal penelitian Tesis.Metodologi Penelitian Pendidikan
330062013Statistik Pendidikan3Mata kuliah ini bertujuan membahas teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta interpretasinya. Topik yang dibahas meliputi: konsep dasar statistik, teori kesalahan, statistika deskriptif, distribusi probabilitas, teknik sampling, pengujian hipotesis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, analisis regresi dan korelasi, analisis variansi, analisis kovariansi, analisis jalur, dan model persamaan struktural (SEM). Mahasiswa juga akan belajar melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan perangkat lunak khusus sehingga akan membantu mereka dalam kegiatan penelitian secara praktis. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasan terhadap materi perkuliahan ini akan membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berkualitas.Statistik Penelitian Pendidikan
432363162Kurikulum dan Desain Pembelajaran Fisika2Mata kuliah ini bertujuan membahas kurikulum pendidikan secara umum, baik nasional maupun internasional, dan implementasinya dalam mendesain kurikulum pembelajaran fisika. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini antara lain adalah: konsepsi kurikulum, sertifikasi dan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, metode pengembangan kurikulum, implementasi kurikulum dalam pembelajaran, kurikulum sebagai disiplin ilmu, kajian kurikulum Nasional, kurikulum Internasional, dan isu-isu terkini tentang pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran fisika. Strategi pembelajaran dan sistem evaluasi di negara maju juga akan dibahas sebagai studi kasus. Mahasiswa akan dilatih secara terbimbing bagaimana mendesain kurikulum fisika di sekolah sebagai bagian dari proses pembelajaran. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasan terhadap perkuliahan ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan, keilmuan dan mengembangkan dirinya secara profesional.Kurikulum dan Desain Pembelajaran Fisika
532363172Inovasi Pembelajaran Fisika2Mata kuliah ini bertujuan membahas konsep belajar dan pembelajaran, berbagai inovasi pembelajaran, serta penerapannya dalam pembelajaran fisika. Topik yang dibahas meliputi: teori belajar dan filosofi pembelajaran, faktor psikologis dan perkembangan siswa terhadap pembelajaran, teori multiple intelligence, standar isi (kurikulum) yang relevan dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan, model-model pembelajaran, pengelolaan pembelajaran (menentukan strategi, pendekatan, metode, dan model pembelajaran), komponen-komponen pengelolaan kelas dan interaksi belajar mengajar fisika, dan studi lapangan. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Melalui perkuliahan ini diharapakan mahasisa akan mampu meningkatkan pengetahuan lanjutan dalam keilmuan, inovasi, dan mengembangkan profesionalitas dirinya di bidang pendidikan fisika.Inovasi Pembelajaran
632363192Asesment Pembelajaran Fisika2Perkuliahan ini bertujuan membahas konsep evaluasi dan penilaian berbasis kelas, bagaimana menyusun dan mengembangkan rencana penilaian, mengembangkan instrumen, menganalisis, dan menafsirkan hasil penilaian untuk membuat kebijakan dan perbaikan mutu pembelajaran fisika di kelas. Topik yang dibahas meliputi: paradigma penilaian kelas dalam melakukan perubahan; validitas dan reliabilitas hasil penilaian; bias dalam penilaian, menerapkan penilaian alternatif dan mengembangkan instrumennya; mengembangkan dan menganalisis penilaian diagnostik; menyusun, mengadministrasikan, dan memperbaiki penilaian di kelas; evaluasi dan grading perkembangan siswa dan penilaian kemajuan siswa di kelas. Secara praktis mahasiswa akan dilatih dalam projek terbimbing mendesain instrumen penilaian pembelajaran fisika di kelas. Untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa maka perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case- and project based learning. Melalui perkuliahan ini diharapakan mahasisa akan mampu meningkatkan pengetahuan lanjutan dalam keilmuan dan mengembangkan profesionalitas dirinya di bidang pendidikan fisika.Asesment Pembelajaran Fisika
732363182Kajian Penelitian Pendidikan Fisika2Tujuan perkuliahan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi hasil penelitian dan problematika dalam pendidikan fisika berdasarkan pada jurnal nasional dan internasional bereputasi dan terbaru yang terbit dalam lima tahun terakhir. Topik yang dibahas meliputi: perkembangan issue, tren, dan permasalahan dalam pendidikan fisika serta solusi yang ada berdasarkan hasil kajian jurnal. Kajian dilakukan dari berbagai aspek meliputi kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian hasil belajar, penelitian, media, dan penerapan pembelajaran berbasis ICT, serta kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. Di akhir perkuliahan mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan makalah studi literatur tentang suatu topik dalam pendidikan fisika. Untuk itu perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning sehingga diharapakan dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, profesionalitas, dan melakukan penelitian yang berkualitas.Kajian Penelitian Pendidikan Fisika
832363033TI dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran3Perkuliahan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan dan keterampilan dalam membangun sistem multimedia pembelajaran fisika. Topik pembahasan meliputi: (1) TIK dalam pendidikan: infrastuktur TIK, e-learning system, teknologi pendidikan berbasis TIK; dan (2) Pengembangan multimedia pembelajaran: pengantar multimedia, produksi konten multimedia, representasi data multimedia, penyimpanan dan pengambilan data multimedia, jaringan multimedia, dan distribusi multimedia. Perkuliahan dilengkapi dengan praktikum untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa bagaimana mendesain dan memproduksi multimedia yang sesuai dengan karakteristik siswa. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case- and project-based learning. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan terampil dan mampu menciptakan karya inovatif dan teruji melalui pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan Fisika.Pengembangan Multimedia Pembelajaran IT dan Fisika
932363202Mekanika Lanjut2Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang membahas konsep-konsep esensial mekanika klasik dan penerapannya secara mendalam. Bahan kajian meliputi perkembangan mekanika klasik dan penerapannya, mekanika Newtonian – gerak partikel, osilasi, metode dalam kalkulus variasi, mekanika Lagrangian dan Hamiltonian, gravitasi dan gaya sentral, dinamika sistem partikel, gerak dalam kerangka non-inersial, dinamika benda tegar, dan sistem kontinu: persamaan gelombang. Selanjutnya, untuk memberikan pemahaman secara faktual, mahasiswa akan diberikan topik-topik terkini tentang mekanika klasik dan isu-isu dalam pendidikan fisika. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based blended learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, mengikuti perkuliahan keilmuan terkait lainnya, dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisikaMekanika Lanjut
1032363212Elektrodinamika lanjut2Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang membahas konsep-konsep esensial elektrodinamika dan penerapannya secara lebih mendalam. Pembahasan meliputi fenomena kelistrikan, kemagnetan, induksi elektromagnetik, radiasi gelombang elektromagnetik dan interaksinya dalam bahan. Selain itu juga dibahas bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi saat ini. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, mengikuti perkuliahan keilmuan terkait lainnya, dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisika.Elektrodinamika Lanjut
1132363152Fisika Modern Lanjut2Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang membahas perkembangan fisika modern dan penerapannya dalam berbagai teknologi saat ini. Pembahasan dalam kuliah ini meliputi berbagai topik, meliputi perkembangan fisika klasik dan kelemahannya dalam menjelaskan beberapa hasil eksperimen, teori relativitas khusus, sifat partikel-gelombang, permodelan atom, pendahuluan mekanika kuantum dalam bentuk persamaan Schroedinger yang diaplikasikan untuk penerapan model atom Hidrogen dan spektroskopi atom, atom berelektron banyak, molekul, radioaktivitas, dan pemakaiannya. Selanjutnya, untuk memberikan pemahaman secara faktual, mahasiswa akan diberikan topik-topik terkini yang berhubungan dengan penelitian di bidang fisika modern. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based blenden learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisika.Fisika Modern Lanjutan
1230063032Seminar Tesis2Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pengalaman kerja mandiri kepada mahasiswa dalam menyusun proposal tesis penelitian pendidikan fisika. Proposal tesis meliputi beberapa bagian utama, antara lain: latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kajian teoretik, dan metodologi penelitian. Proposal harus didukung dengan referensi artikel jurnal yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti dan terpublikasi dalam sepuluh tahun terakhir. Setelah proposal disetujui, mahasiswa akan dibimbing oleh dua dosen pembimbing. Selanjutnya proposal akan diuji kelayakannya dalam seminar proposal tesis. Perkuliahan dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berkualitas.Seminar Proposal
1330060016Tesis6Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kerja mandiri kepada mahasiswa dalam melaksanakan penelitian bidang pendidikan fisika di bawah dua orang dosen pembimbing. Hasil penelitian kemudian harus ditulis dalam laporan penelitian berbentuk tesis dan artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Acuan penulisan tesis mengikuti buku panduan penulisan tesis dari universitas. Tesis yang telah disetujui oleh kedua dosen pembimbing kemudian diajukan untuk diuji dalam sidang ujian tesis. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu melakukan penelitian yang berkualitas, diakui secara nasional dan internasional, serta bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.Thesis
1432363112Teknik Penulisan Artikel Ilmiah2Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis dalam menulis artikel ilmiah secara terstruktur dan komprehensif, mulai dari persiapan penulisan artikel hingga proses publikasi di jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. Pada perkuliahan ini akan dibahas, antara lain prinsip-prinsip dan perencanaan publikasi ilmiah; desain dan struktur artikel ilmiah; penggunaan gramatika, ejaan, dan penulisan angka; pengolahan gambar, tabel dan grafik; penulisan referensi; kode etik penulisan dan publikasi ilmiah; teknik memilih jurnal bereputasi; dan proses publikasi jurnal. Pada kuliah ini mahasiswa akan dipandu menulis draft artikel ilmiah sesuai dengan tema penelitiannya sebagai luaran dan akan direview oleh dosen sebagai bagian dari proses pembelajaran. Untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa maka perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case- and project based learning. Pengalalam praktis dalam perkuliahan ini diharapkan akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan, profesionalitas dalam penelitian yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.Teknik Penulisan Artikel Ilmiah
1532363122English for Scientific Communication2Tujuan perkuliahan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel dan presentasi oral pada forum ilmiah Internasional menggunakan bahasa Inggris. Pada perkuliahan ini mahasiswa akan belajar: memahami komunikasi dalam bahasa Inggris, bahasa Inggris formal, tone, grammar, dan pengayaan vocabulary, analisis kalimat, dan proof reading, stategi membaca efektif, membuat artikel, membuat poster dan slide serta mempresentasikannya secara oral, menjawab pertanyaan, mengenal chairing sessions dan diskusi panel pada forum ilmiah, seperti conference atau scientific meeting lainnya. Selain itu mahasiswa juga akan belajar secara praktis menggunakan editing tools untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel. Untuk memberikan pengalaman praktis maka perkuliahan akan dilakukan dengan pendekatan case- and project based learning. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan mampu meningkatkan pengetahuan dan profesionaliatasnya di bidang pendidikan fisika dan mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.English for Scientific Communication
1632363063Instrumentasi Elektronik untuk Pendidikan Fisika3Matakuliah ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam membangun alat bantu pendidikan menggunakan instrumen elektronik untuk menghasilkan produk alat peraga pembelajaran fisika. Topik pembahasan meliputi berbagai aspek dalam pengembangan instrumen elektronik, meliputi konsep dasar elektronika, semikonduktor, rangkaian analog dan digital, sensor, mikroprosesor, mikrokontroler, dan antar muka, serta aplikasinya dalam pengembangan alat peraga pendidikan fisika. Perkuliahan dilengkapi dengan praktikum sehingga mahasiwa memiliki pengalaman praktis bagaimana mendesain dan memproduksi instrumen alat peraga. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case- and project-based learning. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan terampil dan mampu menciptakan karya inovatif dan teruji melalui pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan Fisika.Instrumentasi Elektronik untuk Pendidikan Fisika
1732363232Simulasi Komputer untk Pembelajaran Fisika2Dalam fisika, simulasi komputer sekarang menjadi bagian integral dari fisika dasar dan komputasi sama pentingnya dengan teori dan eksperimen.  Matakuliah ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan kepada mahasiswa secara lebih mendalam tentang pentingnya komputer dalam fisika,  simulasi komputer, metode numerik, tools untuk membangun simulasi visual, dan pemrograman berorientasi objek dalam konteks pembelajaran sains.  Perkuliahan ini juga memfasilitasi mahasiswa mengembangkan keterampilan secara praktis bagaimana membuat simulasi interaktif, khususnya untuk tujuan pengajaran dan pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat lunak pembuatan simulasi komputer diskrit. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran berbasis kasus dan projek (case- and project-based learning). Pengalaman langsung selama perkuliahan diharapkan akan meningkatkan keterampilan siswa dalam pemrograman sehingga mampu menciptakan karya inovatif dalam pendidikan fisika.Simulasi Komputer untuk Pembelajaran Fisika
1832363242Data Raya dalam Pendidikan Fisika2Perkuliahan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana melakukan penggalian data untuk menemukan pola-pola dan informasi berharga yang tersimpan dalam data. Untuk mencapai tujuan tersebut, pada mata kuliah ini akan dibahas konsep-konsep dasar data raya dan berbagai metode/teknik penggalian data, meliputi semua aspek mulai dari prapemrosesan data hingga evaluasi dan analisis, serta pemanfaatannya di bidang pendidikan fisika. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan wawasan keilmuan dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisika.Data Raya dalam Pendidikan Fisika
1932363252Termodinamika Lanjut2Matakuliah ini akan membahas konsep-konsep dasar termodinamika dan aplikasinya dalam fisika dan teknik kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mekanika statistik dan aplikasinya di bidang sains dan teknologi saat ini. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, mengikuti perkuliahan keilmuan terkait lainnya, dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisika.Termodinamika Lanjut
2032363142Sains Terpadu dan Lingkungan2Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang sains terpadu dan lingkungan yang mana merupakan subjek penting dalam pembelajaran sains di sekolah menengah. Perkuliahan akan membahas sejumlah topik, antara lain meliputi konsepsi keterpaduan sains; konsep-konsep fundamental di bidang fisika, kimia, biologi, lingkungan, astronomi, kebumian, dan bioteknologi; perkembangan sains terpadu; berbagai permasalahan dan metode pemecahan melalui sains terpadu, studi lingkungan dari perspektif konsep keterpaduan sains, termasuk persoalan global warming, energi terbarukan, dan lingkungan berkelanjutan. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Pengusaan terhadap matakuliah ini akan membantu mahasisa dalam meningkatkan pengetahuan dalam keilmuan dan penerapannya sehingga mampu mengembangkan dirinya secara profesional.Sains Terpadu dan Lingkungan