FMIPA UNJ Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

Humas UNJ, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Ibu kota Negara yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi yang bereputasi di Kawasan Asia. Usaha yang dilakukan oleh UNJ untuk menuju perguruan tinggi bertaraf internasional menjadi komitmen yang terus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika UNJ.

Komitmen ini salah satunya dilakukan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ dengan membangun jejaring kerja sama dengan pelbagai perguruan tinggi kelas dunia, salah satunya dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kerja sama antara FMIPA UNJ dengan UTM telah berlangsung dari tahun 2018.

Kolaborasi dimulai dengan menjalin kerja sama di mana Program Studi Biologi pada tahun 2018 menjalin Kerja sama dengan Institute of Bioproduct Development (IBD) yang merupakan sebuah centre of excellence dalam pengembangan natural products research and bioproduct development di bidang bioteknologi. Berikut beberapa kegiatan yang dilaksanakan bersama sepanjang tahun 2018-2021:
1. Kuliah Umum di lingkungan FMIPA UNJ yang diberikan oleh Prof. Dr. rer. nat. Hesham A. El Enshasy dengan tema Aplikasi Bioteknologi Dalam berbagai bidang kehidupan.
2. Workshop 3 Day Course On Bioprocess Platform Design For Industrial Products Of Probiotics (From Cell Bank To Bulk Powder) Kerja sama Antara FMIPA Dan IBD Pada Tanggal 12 September 2018 diselenggarakan di UTM dengan peserta dari UTM dan UNJ.
3. Professional Training Course for Isolation and Identification of Microbial Bio-factories for enzyme Production for Food and Feed Industry, 10-14 Desember 2018” diselenggarakan di Lab Mikrobiologi UNJ dengan peserta dari UTM dan UNJ.
4. Kolaborasi “7th International Conference on Biotechnology for the Wellness Industry” 27-28 November 2018 yang melibatkan dosen dan Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UNJ.
5. Kolaborasi The 2nd Internasional Postgraduate Symposium in Biotecnology 2019 yang melibatkan 10 Mahasiswa S1 Kimia dan Biologi FMIPA UNJ sebagai pembicara.
6. Kolaborasi dilanjutkan dengan membuat LOC selama 1 tahun sejak Januari 2019 kemudian dilanjutkan dengan MOU pada tahun 2020.
7. Kolaborasi Science and Mathematics International Conference (SMIC) 2020.
8. Publikasi bersama terkait dengan bidang keahlian masing-masing peneliti baik dari pihak UTM maupun UNJ yang berfokus pada Bioscience dan Biotechnology.
9. Kolaborasi terus berkembang hingga terjalinnya MOU antara UNJ dan UTM dengan capaian 50 publikasi baik berupa Paper maupun books chapter sejak tahun 2018- sekarang.

Tepat pada hari ini 17 Januari 2022, kembali dilakukan kerjasama antara FMIPA UNJ dengan UTM dalam bentuk One Day Workshop dengan topik “Biohelth in Tropic: Herbal and Microbial Resources”. Adapun kegiatan ini selain bertujuan untuk peningkatan kerja sama internasional, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati tercapainya 50 publikasi pada jurnal/Proceeding terindeks Scopus/Bereputasi selama berkolaborasi selama 3 tahun (2018-2021).

Adapun pelaksanaanya dilakukan secara daring melalui ZOOM dan disiarkan melalui kanal YouTube FMIPA UNJ.

Dalam workshop ini dari UNJ dihadiri oleh, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang perencanaan dan kerja sama, Prof. Muktiningsih selaku Dekan FMIPA dan para dosen dari FMIPA UNJ. Sementara dari UTM dihadiri oleh, Prof. Datuk Ahmad Fauzi Bin Ismail, Prof. Dr. Rosli Md. Illias, Prof. Dr. rer.nat. Hesham Ali-Enshasy; Assoc. Prof. Ir. Dr. Roshanida. Bt. Rahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.