1.Statistika Berbagi

Ada begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan dan wajib untuk disyukuri. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah adalah dengan bersedekah. Dalam rangka menumbuhkan rasa peduli mahasiswa Statistika UNJ dan juga masyarakat umum serta sebagai bentuk pengabdian masyarakat Departemen Rohis Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNJ mempunyai rasa tanggung jawab untuk mengadakan agenda Statistika Berbagi. Kegiatan ini bertujuan untuk terus menumbuhkan rasa peduli dan memfasilitasi mahasiswa Statistika UNJ maupun masyarakat umum untuk bersedekah. Dana yang sudah dikumpulkan nantinya akan  dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan dalam bentuk paket sembako. Untuk periode ini, kegiatan Statistika Berbagi akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada bulan April dan Desember 2022. Untuk Statistika Berbagi ke-1 sudah terlaksana pada 26 April 2022 dengan membagikan sekitar 40 paket sembako.  

2.Statistika Tahsin Al-Qur’an (STATAQU)

Statistika Tahsin Al-Qur’an adalah program kerja dari Departemen Rohis BEMP Statistika FMIPA UNJ periode 2022 – 2023. Melihat pentingnya Al-Qur’an untuk setiap muslim maka seyogyanya seorang muslim bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. STATAQU hadir untuk memfasilitasi muslim/muslimah khususnya mahasiswa Statistika UNJ untuk bisa memperbaiki bacaan Al-Qur’an-nya sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Kegiatan ini berupa pembelajaran sekaligus praktik tahsin Al-Qur’an (memperbaiki bacaan Al-Qur’an) yang disampaikan oleh pemateri melalui aplikasi video conference sebanyak 3 – 4 kali pertemuan dengan materi yang berbeda pada setiap pertemuannya. Kegiatan STATAQU pertama berlangsung pada 12 Juni 2022 dengan materi pengenalan tahsin dan makhorijul huruf dalam Al-Qur’an. Selanjutnya, untuk kegiatan STATAQU kedua berlangsung pada 26 Juni 2022 dengan judul mengetahui sifat huruf, hukum mim serta nun sukun/tanwin, dan hukum idgham.

3. Pelatihan Minat dan Bakat Mahasiswa (PMBM)

Departemen Akademik dan Keprofesian BEMP Statistika FMIPA UNJ berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan membuat sebuah program kerja yang memiliki sasaran mahasiswa Statistika UNJ dan juga tamu undangan nantinya yakni Pelatihan Minat Bakat Mahasiswa (PMBM).  Mengangkat tema “Upgrade Your Skill to Survive in The 21st Century” kegiatan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan peserta kegiatan untuk dapat bersiap menghadapi The 21st Century. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi kemahasiswaan seperti pola pikir keilmiahan, pemikiran yang kritis, kreatif, inovatif, serta produktif secara optimal. Dalam perencanaannya PMBM ini akan diadakan sebanyak lima kali. Untuk PMBM pertama yang mengangkat tema “Bedah Skripsi Statistika” sudah terlaksana pada 20 Juni 2022 dengan dihadiri oleh 62 peserta dan tamu undangan. Untuk PMBM selanjutnya, direncanakan berlangsung pada pekan ke-1 dan ke-2 bulan Oktober serta pekan ke-2 dan ke-3 bulan Desember.  

4. Level Up

Level Up adalah agenda kerja internal event berupa suatu kegiatan yang berisi pelatihan softskill berorganisasi untuk anggota BEM Prodi Statistika FMIPA UNJ. Softskill tersebut dapat berupa kemampuan berbicara di depan umum, berpendapat, berbahasa Inggris, memanajemen waktu, ataupun softskill lainnya. Selain untuk meningkatkan softskill anggota, kegiatan ini juga ditujukan agar hubungan internal antar anggota BEM Prodi Statistika FMIPA UNJ semakin baik dan kompak. Agenda ini dapat dilaksanakan secara daring ataupun luring. Untuk Level Up pertama sudah terlaksana pada 1 Juli 2022 secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan penyampaian materi tentang personal branding.  

5. Paguyuban Statistika

Manusia adalah makhluk sosial atau makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain serta perlu untuk menjalin komunikasi dengan individu lain. Menurut Iswanto, rukh dari silaturahmi ini adalah kasih sayang dan menyambung tali persaudaraan, sehingga jika persaudaraan terputus maka dengan adanya silaturahmi suatu hubungan akan tersambung lagi. Dalam rangka menjalin tali silaturahmi tersebut, Departemen Humasi BEMP Statistika FMIPA UNJ  bermaksud mengadakan sebuah kegiatan untuk lingkup Statistika Universitas Jakarta yaitu kegiatan Paguyuban Statistika (PASTA) 2022. Agar kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak manfaat, maka akan diadakan sesi sharing dari dosen dan alumni Statistika UNJ terkait bagaimana eksistensi lulusan statistika. Untuk kegiatan ini juga diramaikan dengan ditampilkannya karya persembahan dari mahasiswa Statistika UNJ tiap angkatannya. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat terjalinnya tali silaturahmi antar mahasiswa dan dosen Statistika UNJ serta tersampaikannya informasi terkait eksistensi lulusan statistika di era industri 5.0. Kegiatan ini terlaksana pada 16 Juli 2022 secara daring melalui video conference dengan dihadiri oleh 75 mahasiswa Statistika UNJ dari angkatan 2017 –  2021.  

6. Smart Statistics (SMATIC) 3.0

SMART STATISTIC (SMATIC) 3.0 merupakan salah satu program kerja dari Departemen Akademik dan Keprofesian BEM Prodi Statistika Universitas Negeri Jakarta yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2022, merupakan tahun ke-3 BEM Prodi Statistika UNJ menyelenggarakan agenda ini. Agenda ini merupakan sebuah ajang perlombaan tingkat nasional pada bidang statistika yakni lomba infografis dan lomba penulisan esai yang terbuka untuk mahasiswa aktif tingkat diploma atau sarjana dari seluruh Indonesia. Agenda SMART STATISTIC tahun ini mengangkat tema “Bangkitkan kreatifitas mahasiswa menuju Indonesia Emas 2045” dan dilaksanakan secara daring. Agenda ini dilaksanakan selama 3 bulan pelaksanaan, mulai dari bulan Juni sampai bulan Agustus 2022. Agenda ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa yang ingin mengekspresikan kreatifitasnya melalui karya infografis ataupun esai. SMATIC 2022 diikuti oleh 69 tim yang berasal dari 31 instansi yang tersebar di 11 provinsi berbeda di Indonesia. Alhamdulillah kegiatan SMATIC 3.0 ini berjalan dengan lancar sampai akhir dengan peserta yang sangat meningkat pula dibandingkan tahun sebelumnya.  

7. Olimpiade Statistika Nasional (OLIMSTAT) 2022

Olimpiade Statistika Nasional merupakan salah satu program kerja dari Departemen Akademik dan Keprofesian BEM Prodi Statistika Universitas Negeri Jakarta yang berbentuk perlombaan berupa pemberian soal-soal atau kasus terkait bidang statistika. Olimpiade Statistika ini diikuti oleh mahasiswa aktif tingkat diploma atau sarjana dari seluruh Indonesia. Di tahun 2022 ini, karena wabah COVID-19 di Indonesia belum sepenuhnya usai maka Olimpiade Statistika Nasional dilaksanakan secara daring dengan mengangkat tema “Statistika untuk Indonesia Emas 2045″. Agenda ini dilaksanakan selama 3 bulan pelaksanaan, yaitu pendaftaran peserta pada bulan Juni 2022, pelakasanaan lomba pada Bulan Juli 2022, dan pelaksanaan final sekaligus pengumuman pemenang lomba pada Bulan Agustus 2022. Olimpiade Statistika ini diikuti oleh 18 tim dari 11 instansi berbeda yang tersebar di 7 provinsi berbeda di seluruh Indonesia. Kegiatan Olimpiade Statistika Nasional ini berjalan dengan lancar serta memberikan dampak positif dan banyak manfaat bagi kita semua.  

8. Pelatihan Analisis Data (PESTA)

Pelatihan Analisis Data (PESTA) adalah kegiatan pelatihan analisis data statistika yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi analisis data untuk menunjang kebutuhan akademik maupun profesi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berlangsung secara terbuka untuk mahasiswa aktif tingkat diploma atau sarjana dari seluruh Indonesia dan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 27 dan 28 Agustus 2022. Tahun ini kegiatan PESTA kembali dilaksanakan secara daring melalui video conference dengan tema “Seek Deeper about Machine Learning Knowledges”. Dari tema tersebut, maka materi yang akan disampaikan adalah seputar machine learning knowledges. Untuk hari pertama dipaparkan materi tentang pengenalan machine learning terlebih dahulu. Lalu, pada hari kedua dilakukan pengaplikasian analisis data menggunakan salah satu metode machine learning yang telah dipaparkan pada hari sebelumnya menggunakan bahasa pemrograman Python di Google Colab. Dengan pemateri pada PESTA yaitu Bapak Gery Alfa Dito S.Si.,M,Si.  Pasca kegiatan ini, pemateri memberikan analysis data challenge untuk seluruh peserta. Challenge diberikan melalui platform Kaggle untuk mengetahui kemampuan peserta setelah mengikuti kegiatan PESTA ini. Kegiatan PESTA pada day-1 diikuti oleh 112 peserta dan pada day-2 diikuti oleh 130 peserta dari seluruh Indonesia.  

9. PKKMB

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Studi Statistika atau yang disebut sebagai PKKMB Program Studi Statistika adalah sebuah acara penyambutan mahasiswa baru Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta. PKKMB ini merupakan ajang untuk memperkenalkan berbagai hal penting terkait Program Studi Statistika kepada mahasiswa baru Program Studi Statistika. Selain itu, dengan adanya PKKMB ini, kami berupaya untuk mengarahkan mahasiswa baru Statistika untuk dapat menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kebangsaan, akademis, moral, sosial, rohani, serta karakteristik mahasiswa statistika dengan mengangkat tema STRATIFIED (Statisticians, Religious, Active, Creative, Professional, Innovative, Excellence, Discipline). Mahasiswa baru Statistika dilatih untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam mencari informasi dan kontributif dalam berorganisasi dan bersosialisasi. Selain itu, kegiatan PKKMB merupakan sarana untuk membangkitkan semangat kreatifitas mahasiswa dengan diberikan beberapa penugasan yang memancu tingkat kreatifitas mahasiswa agar mahasiswa baru tersebut dapat terpacu untuk memunculkan ide-ide kreatif dan dapat menyiapkan diri untuk menjadi mahasiswa Statistika. PKKMB Statistika ini dilaksanakan dalam 3 rangkaian yaitu rangkaian pertama, pembekalan PKKMB Statistika dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2022 secara daring dengan materi di dalamnya terkait kiat sukses dalam belajar dan berorganisasi serta pengenalan Opmawa Statistika. Rangkaian kedua, day-1 PKKMB Statistika dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2022 secara daring dengan materi di dalamnya yaitu terkait pengenalan prodi Statistika. Rangkaian ketiga, dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2022 secara luring di Gedung Hasyim Asjari, Universitas Negeri Jakarta dengan materi yang disampaikan yaitu pengenalan kampus merdeka dan SKPI.  

10. Share and Talk About Statistic (STOKASTIK)

[Coming Soon]. Mahasiswa baru adalah mahasiswa yang masih dalam proses transisi dari jenjang sebelumnya, sehingga pengetahuan tentang program studi yang diambil saat ini masih sangat minim. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan atau agenda yang berguna untuk menambah pengetahuan seputar program studi yang diambil saat ini oleh mahasiswa baru. Berdasarkan latar belakang tersebut, Departemen Kaderisasi BEMP Statistika FMIPA UNJ mengadakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang dunia statistika kepada mahasiswa baru Prodi Statistika UNJ, berupa talkshow yaitu Share and Talk about Statistic (STOKASTIK). Share & Talk about Statistic (STOKASTIK) adalah sebuah kegiatan talkshow yang diberikan terkhusus kepada mahasiswa baru prodi Stastistika UNJ untuk mengenalkan secara lebih dalam mengenai dunia statistika. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan berlangsung secara terbuka untuk mahasiswa baru Statistika UNJ. Mekanisme yang digunakan adalah pemberian materi oleh narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. [Coming Soon]

11. Kajian Bareng Statistika (KABASTA)

[Coming Soon]. Kajian Bareng Statistika (KABASTA) adalah salah satu program kerja Departemen Rohis BEMP Statistika FMIPA UNJ. Kajian ini akan dilaksanakan secara daring melalui video conference yang memiliki tujuan untuk memajukan, meningkatkan pengetahuan, mendalami ajaran-ajaran Islam untuk kemudian dapat diamalkan di kemudian hari, untuk menjaga ruhiyah mahasiswa muslim/muslimah FMIPA UNJ, serta agar dapat menjaga tali silaturahmi antar mahasiswa muslim dan muslimah di FMIPA UNJ. Mekanisme yang digunakan dalam kajian ini adalah pemberian materi oleh narasumber disertai dengan sesi tanya jawab. Jika sesuai perencanaan, KABASTA akan diadakan pada pekan ke-1 bulan September 2022. [Coming Soon ]

12. Pelatihan Desain (PEDES)

[Coming Soon]. Pelatihan desain (PEDES) adalah program kerja Departemen Humasi BEMP Statistika FMIPA UNJ yang berupa kegiatan pelatihan di bidang desain dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi desain untuk menunjang akademik, nonakademik, maupun profesi. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini akan berlangsung secara terbuka untuk mahasiswa rumpun matematika FMIPA UNJ. Mekanisme yang digunakan adalah pemaparan materi dan praktik dengan dibimbing langsung oleh pemateri. Tahun lalu, PEDES diikuti oleh 53 mahasiswa rumpun matematika FMIPA UNJ. Untuk tahun ini, PEDES akan berlangsung  bulan Desember 2022. [Coming Soon].

   
0

You may also like

Kegiatan BEMP Statistika UNJ 2021/2022
Program Kerja BEMP Statistika 2019-2020
KISS (Kajian Islam Kamis Sore)

admin

Tinggalkan Balasan