Pada hari Sabtu, tanggal 25 November dan 2 Desember 2023, Mahasiswa/i Program Studi Statistika angkatan tahun 2020 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Statistika Angkatan 2020. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu program di mana mahasiswa dapat melakukan praktik langsung dari sebuah materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Kegiatan ini mengambil tema “Optimizing Marketing and Business Development Through Application of Machine Learning” yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dan kompetensi tambahan dengan topik Penerapan Machine Learning dalam Marketing dan Bisnis yang tidak dapat dipelajari melalui pembelajaran teori di dalam kelas.
 
    KKL Statistika Angkatan 2020 mengundang orang-orang hebat yang berasal dari startup bernama StarCore Analytics. Kegiatan ini bersifat In-House Training yang dilakukan dengan sistem tatap muka bersama pengajar dan beberapa pendamping untuk mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif dengan sistem komunikasi dua arah. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah semi-collaborative and case-based, yakni peserta dalam sesi tertentu akan diperbolehkan berkolaborasi dengan peserta lain untuk berdiskusi selama mengerjakan studi kasus.
    Pada hari Sabtu, 25 November 2023 di Laboratorium Komputer Rumpun Matematika, Gedung Dewi Sartika Lantai 5, Universitas Negeri Jakarta, kegiatan KKL Statistika Angkatan 2020 hari pertama diadakan. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan doa oleh MC, kemudian sambutan dari Koordinator Program Studi Statistika 2023, Ibu Dr. Dian Handayani, M.Si. Selanjutnya, penyampaian materi sesi pertama dilakukan. Sesi pertama merupakan materi pertama, yaitu Pengenalan Machine Learning, Software, dan Descriptive Analytics. Kegiatan dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan. Sesi kedua merupakan sesi materi kedua, yaitu Machine Learning: Clustering Analysis.


  Hari kedua pelaksanaan KKL dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 di tempat yang sama seperti hari pertama. Sesi ketiga dari rangkaian kegiatan KKL ini adalah penyampaian materi ketiga: Machine Learning: Association Rules. Setelah istirahat, dilanjutkan dengan penyampaian materi keempat: Machine Learning: Simple Predictive Modelling. Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata secara simbolis dari Program Studi Statistika UNJ oleh Ibu Dr. Dian Handayani, M.Si selaku Koordinator Program Studi Statistika 2023 kepada Bapak Rangga Pratama selaku Chief of Analytics StarCore Analytics Bapak Rangga Pratama selaku Chief of Analytics StarCore Analytics, serta foto bersama di depan Plaza UNJ. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa/i guna mengembangkan keterampilan dan kompetensi tambahan dan dapat dilanjutkan oleh adik-adik Program Studi Statistika UNJ tahun berikutnya.

0

You may also like

Kunjungan PUSDIKLAT
STUDIUM GENERALE Program Studi Statistika : “Peran Statistisi pada Riset Pemasaran dan Sains Data”
Inauguration of Jakarta State University Statistics Corner

admin

Leave a Reply