Senin, 18 Desember 2023 Program Studi Statistika yang terdiri dari Koordinator Prodi Statistika, Dr. Dian Handayani, M.Si, Editor in Chief Jurnal Statistika dan Aplikasinya (JSA), Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si, serta perwakilan dosen statistika, Vera Maya Santi, S.Si., M.Si., dan Faroh Ladayya, M.Si, melakukan kunjungan ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Pusat Statistik (Pusdiklat BPS). Pada kunjungan tersebut Tim dari Prodi Statistika disambut oleh Kepala Pusdiklat BPS, Suntono, S.E., M.Si, Bagian Umum, Dr. Watekhi, S.Si, MSE beserta tim dari pusdiklat BPS.

Tujuan dari kunjungan Prodi Statistika adalah untuk berkoordinasi dengan Pusdiklat BPS berkaitan dengan pengembangan dan pengelolaan JSA. Dalam sambutannya, Dr. Dian Handayani menyampaikan bahwa JSA telah berdiri sejak tahun 2017 dan saat ini sudah mendapatkan akreditasi Sinta 4. Kedepannya akan ditargetkan agar JSA bisa terakreditasi Internasional. Untuk tujuan tersebut beberapa syarat harus dipenuhi diantaranya perbaikan kualitas artikel yang diterbitkan oleh JSA, editor dan reviewer dari luar negeri, serta artikel yang penulisnya adalah kolaborasi internasional. Dalam hal ini BPS yang telah banyak menugaskan pegawainya melalui Tugas Belajar (TB) di berbagai universitas luar negeri diharapkan dapat berkolaborasi dengan JSA melalui artikel kolaborasi internasional serta merekomendasikan dosen-dosen dari luar negeri untuk menjadi editor atau reviewer JSA.

Kepala Pusdiklat BPS, Suntono menyambut dengan baik rencana dari Prodi Statistika. Pusdiklat BPS akan mendorong mahasiswa yang saat ini sedang TB di luar negeri serta yang baru saja menyelesaikan studi untuk mengirimkan artikel kolaborasi internasional ke JSA serta merekomendasikan dosen di luar negeri untuk menjadi editor atau reviewer JSA. Selain itu, Suntono dan tim juga menyampaikan tentang jurnal yang dikelola oleh Pusdiklat BPS yaitu International Journal of human Resource Management (IJHRM) yang bisa menjadi wadah untuk publikasi bagi mahasiswa maupun dosen di Prodi Statistika.
0

You may also like

PRESS RELEASE KKL STATISTIKA ANGKATAN 2020
STUDIUM GENERALE Program Studi Statistika : “Peran Statistisi pada Riset Pemasaran dan Sains Data”
Inauguration of Jakarta State University Statistics Corner

admin

Leave a Reply