Students Entrepreneurship Expo 2019

Students Entrepreneurship Expo 2019

Semarang – Students Entrepreneurship Expo 2019 adalah kegiatan gelar karya/pameran/bazar tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan ini diadakan dalam rangka pagelaran Dies Natalis UNNES ke-54. Kegiatan tersebut di lakukan di sekitar gedung Dekanat FMIPA UNNES yang disediakan berupa stand-stand untuk menjajarkan produk hasil karya mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 162 peserta dari tiga belas perguruan tinggi dari beberapa daerah di Indonesia, dan Biologi Universitas Negeri Jakarta menjadi salah satu pesertanya. Kegiatan ini bertujuan menjadi sarana untuk menciptakan jiwa wirausahawan muda dengan mengembangkan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Mahasiswa prodi Biologi mengikuti kegiatan terdiri dari mahasiswa.wi Prodi Biologi angkatan 2016. Mahasiswa Biologi UNJ ikut berpartisipasi dalam dua kelompok, yaitu kelompok Mycoyogurt yang menjajarkan produk berupa yougurt hasil fermentasi dan juga kelompok Nobi Charcoal yang menjajarkan produk berupa arang aktif yang terbuat dari limbah ampas tebu (Gambar 1).

Gambar 1. Kelompok mahasiswa membawakan produk Mycoyogurt dan Nobi Charcoal.

Pagelaran kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua hari. Hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 dengan rangkaian kegiatan berupa pembukaan expo, pameran hasil produk, peninjauan stand oleh juri, serta adanya kegiatan bazar dan jual beli peserta dengan pengunjung. Kemudian hari kedua dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019. Pada hari kedua ini terdapat kunjungan oleh Rektor UNNES dan pengumuman pemenang. Kelompok Myco Yogurt berhasil menjadi juara  II katagori bidang makanan dan minuman (Gambar 2).

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rezeki kepada kelompok kami dan juga Biologi UNJ sehingga kami bisa menang juara 2 di bidang makanan dan minuman. Tak lupa kami berterimkasih atas dukungan para dosen kami yang selalu memberikan kami semangat” ujar kelompok Myco Yogurt.

Gambar 2. Pemenang  II tingkat nasional katagori makanan dan minum mycoyogurt