DESKRIPSI KERJA STRUKTUR K3L FMIPA

DIVISI PENGENDALI DOKUMEN K3L

Divisi Pengendali Dokumen K3L (document control) bertugas menerbitkan, mengesahkan, mendistribusikan, menyimpan dan mengendalikan berbagai dokumen yang berkaitan dengan proses K3L di lingkup FMIPA UNJ. Selama ini tiap laboratorium rumpun bidang ilmu telah memiliki berbagai dokumen, seperti HIRADC, JSA, SOP, bahkan SMK3 lab masing-masing yang kadang cukup spesifik, namun juga kadang cukup umum, memiliki persamaan dengan laboratorium lain. Terkait hal ini, maka salah satu tugas Divisi Pengendali Dokumen K3L adalah menstandarisasi dokumenK3L pada tingkatan fakultas, yang mewadahi baik dokumen-dokumen K3L laboratorium, umum (perkantoran, ruang kuliah), maupun lingkungan hidup.

DIVISI PROMOSI DAN EDUKASI K3L

Divisi Promosi dan Edukasi K3L bertugas mengelola promosi K3L secara internal pada pengguna gedung-gedung FMIPA, yaitu dosen, staf TU, kontraktor, mahasiswa dan pengunjung luar dalam meningkatkan kesadaran pengguna akan pentingnya K3L. Jumlah pengguna gedung yang semakin banyak dan ukuran gedung yang semakin tinggi (high rise) menyebabkan kesadaran pengguna akan bahaya (hazard) dan risiko (risk) serta mitigasinya perlu ditingkatkan dalam bentuk promosi dan edukasi. Upaya ini akan mempertahankan pengguna gedung yang kadang selalu silih berganti  untuk selalu pada tingkat keselamatan optimum. Selanjutnya divisi ini akan juga berkontribusi pada promosi dan edukasi K3L pada tingkat UNJ mengingat kebutuhan akan aspek K3L pada gedung-gedung tinggi di kampus UNJ yang semakin banyak adalah kebutuhan mutlak.

DIVISI K3L PERKANTORAN, RUANG KULIAH DAN UMUM

Divisi ini bertugas mengelola upaya pencegahan dan pengurangan penyakit akibat kondisi kerja, serta kecelakaan pada pengguna fasilitas perkantoran, perkuliahan dan umum di kalangan FMIPA. Lebih lanjut divisi ini mengelola tercapainya suasana kerja dan perkuliahan yang sehat, aman, nyaman, sehingga staf dan mahasiswa serta pengunjung terlindungi dalam kondisi selamat, bugar, berkinerja dan produktif. Divisi ini secara umum mengelola K3L lantai 1—6 GHA dan GDS lt 6.

DIVISI K3L LABORATORIUM

Divisi ini mengelola upaya-upaya keselamatan dan kesehatan pengguna dan pengunjung  laboratorium FMIPA di GHA lt 7—10, GDS lt 5—6, eks BAAK dan Kampus B. Divisi ini bertugas memperkuat pengelolaan bahaya, risiko dan mitigasinya di laboratorium yang sebenarnya sudah dikelola dengan baik oleh struktur laboratorium rumpun. Dalam konteks ini, Divisi K3L Laboratorium mengkoordinasikan sinkronisasi pengelolaan K3L (existing) antar laboratorium.

Divisi K3L Laboratorium memiliki Sub Divisi Pengelolaan Limbah B3. Hal ini merupakan antisipasi FMIPA akan adanya bahaya limbah B3 yang ditimbulkan pada kegiatan laboratorium. Sub-Divisi ini akan mengelola perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang limbah B3 di laboratorium FMIPA.

DIVISI K3L LINGKUNGAN HIDUP

Divisi K3L Lingkungan Hidup bertugas mengelola lingkungan hidup di dalam dan sekitar GHA, eks BAAK dan Kampus B. Pengelolaan oleh divisi ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian bahaya flora-fauna, pengelolaan, pemeliharaan dan pemanfaatan flora (taman) serta pengelolaan sampah non-B3.