Laporan STUDIUM GENERALE Ilmu Komputer UNJ 2021

Pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 telah dilaksanakan Studium Generale Ilmu Komputer Universitas Negeri Jakarta 2021 dengan tema “Tren Riset Kecerdasan Buatan di Indonesia”. Dimulai dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu ada sambutan dari Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNJ Bu Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si dan Koor Prodi Ilmu Komputer UNJ Bu Ir. Fariani Hermin Indiyah, M.T. Setelah itu ada pembacaan CV pemateri oleh MC dan dilanjutkan dengan Pembawaan Materi oleh pemateri yaitu Bapak Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T, M.Kom. dan dimoderatori oleh Bapak Muhammad Eka Suryana, M.Kom. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab berhadiah untuk 5 orang penanya. Dikarenakan Bapak Wisnu yang tidak bisa mengikuti acara hingga akhir sehingga sesi dokumentasi dilakukan lebih dulu. Setelah itu ada testimoni belajar AI oleh Bapak Grafika Jati, M.Kom selaku asisten Pak Wisnu. Lalu acara ditutup oleh MC dengan penyampaian rangkuman acara.

Pemanfaatan AI harus berhati-hati. Perkembangan AI yang dulunya terhambat, berkat kemajuan teknologi hardware, sekarang sudah lebih mudah.

Pemanfaatan pada teknologi lalu lintas dengan memanfaatkan data dari kamera dan sensor untuk memetakan masalah kemacetan dan pendeteksian pelanggaran lalu lintas.

Penerapan AI pada robot meliputi pemetaan wilayah, penanganan bencana, utnuk urusan militer dengan drone

Penerapan AI pada kesehatan dengan menyelesaikan masalah seperti disparity pada tenaga kerja, fasilitas, dll antar daerah. pengembangan telehealth system yang terintegrasi, memberikan analisa akurat untuk pasien.

AI punya potensi untuk mendukung kondisi new normal.

Virtual Backgroud, Materi, Track Record Pembicara :
http://bagi.to/FileStudiumGenerale

Recording Acara :
http://bagi.to/VideoStudiumGenerale

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *