Prodi Statistika bersama BEMP Statistika mengadakan kegiatan Studium Generale yang mengusung tema “Peran Statistisi pada Riset Pemasaran dan Sains Data” di Auditorium Gedung Ki Hajar Dewantara UNJ, Selasa (26/09/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Prodi Statistika UNJ. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada civitas akademik di Prodi Statistika terkait penerapan ilmu Statistika khususnya pada Riset pemasaran dan Sains Data. Kegiatan ini menghadirkan Bapak Zul Muhammad, Chief Operating Officer dari StarCore Analytics,  perusahaan startup yang fokus pada analisis baik big data maupun small data. Adapun pesertanya adalah sekitar 150 mahasiswa dari seluruh angkatan dan dosen Prodi Statistika.

Pembukaan Studium Generale diawali dengan sambutan dari ketua BEMP, Bambang Rizky, kemudian sambutan dari Koordinator Program Studi Statistika, Dr. Dian Handayani, M.Si. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (WR) I Prof. Suyono, M.Si. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung kegiatan kuliah umum atau studium generale terlebih dengan tema yang diusung sangat sesuai dalam kaitannya mengahadapi era teknologi informasi 4.0.

Bapak Zul Muhammad dalam materinya menyampaikan tentang gambaran dunia kerja di Industri Riset Pemasaran. Pengalaman beliau bekerja di Nielsen, salah satu perusahan terbaik dunia dalam bidang riset pemasaran, membuat audience memahami bahagaimana suatu riset pemasaran dilaksanakan. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa alur proses standar dari riset pemasaran meliputi research design, data collection, data preparation and validation, data processing, data analysis, dan tahap terakhir presentation and reporting. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang masa depan riset marketing yang memanfaatkan Artificial Intelligence dengan adanya neuroscience dan neuromarketing.

Terakhir Bapak Zul memutarkan video tentang programnya di StarCore Analytics yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berhasil menjuarai kompetisis SAS di LAS VEGAS, USA 2023. Program yang telah dibuat adalah Jakarta water resources Analytics yaitu tentang penerapan Machine Learning dan Internet of Things untuk pencegahan banjir Jakarta.

Pemaparan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disambut sangat antusias oleh mahasiswa. Beberapa pertanyaan diberikan terkait pengalaman riset marketing yaitu bagaimana mendeteksi data yang salah dalam tahap data validation, dan pertanyaan terkait pengalaman kerja dari narasumber. Pesan penutup dari Bapak Zul untuk mahasiswa khususnya adalah tentang bagaimana dalam bekerja dimanapun hendaknya menjaga attitude dan senantiasa bertanggung jawab dan bermanfaat bagi lingkungan kerja.

0

You may also like

PRESS RELEASE KKL STATISTIKA ANGKATAN 2020
Kunjungan PUSDIKLAT
Peresmian Pojok Statistik Universitas Negeri Jakarta

admin

Tinggalkan Balasan