Guest Lecture: Machine Learning and Regression oleh Prof. Debasis Kundu, B.Stat., M.Stat., M.A., Ph.D

Program studi S1 Statistika UNJ bersama Prodi Matematika dan Prodi Ilmu Komputer pada hari Rabu, 17 Juli 2024 menyelenggarakan Guest Lecture dengan tema “Machine Learning and Regression” di Gedung Hasyim Asy’arie FMIPA UNJ.

Pembicara pada guest lecture ini adalah Prof. Debasis Kundu, B.Stat., M.Stat., M.A., Ph.D. dari Indian Institute Of Technology Kanpur. Peserta pada kegiatan ini antara lain mahasisa Prodi S1 Statistika, S1 Matematika, dan S1 ilmu Komputer beserta Bapak/Ibu Dosen Rumpun Matematika FMIPA UNJ.

Dr. Esmar Budi, M.T selaku Wakil Dekan I memberikan sambutan sekaligus membuka acara guest lecture. Prof. Debasis Kundu, B.Stat., M.Stat., M.A., Ph.D.  dengan moderator Prof. Suyono, M.Si, menyampaikan materi dan diskusi tentang penerapan regresi khususnya non linear regression dalam analisis data. Materi diawali dengan sedikit pengantar tentang model regresi dan regresi linier berganda, kemudian mulai diperkenalkan dengan bentuk-bentuk non linear regression. Beliau juga menjelaskan bagaimana estimasi parameter pada non linear regression dan terakhir menjelaskan tentang contoh penerapannya pada beberapa data.

Peserta terlihat antusias dengan materi tersebut, beberapa pertanyaan dari dosen dan mahasiswa seperti bagaimana fungsi non linear regression, estimasi parameter dalam non linear regression, apakah terdapat pemeriksaan terhadap asumsi seperti halnya linear regression dan beberapa pertanyaan yang lain.

Diskusi kemudian ditutup dengan penyerahan plakat, kenang-kenangan dan foto bersama. Harapannya kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan di rumpun matematika UNJ khususnya Prodi Statistika UNJ. Selain itu dari kegiatan Guest Lecture semoga bisa menjadi pembuka kerjasama yang baik baik antara UNJ dan Indian Institute of Technology Kanpur.

0

You may also like

PRESS RELEASE KKL STATISTIKA ANGKATAN 2020
Kunjungan PUSDIKLAT
STUDIUM GENERALE Program Studi Statistika : “Peran Statistisi pada Riset Pemasaran dan Sains Data”