FMIPA UNJ dan FPMIPA UPI bekerjasama dalam program MBKM

FMIPA UNJ pada hari Rabu, 13 Juli 2022 menerima kunjungan FPMIPA UPI dalam rangka penguatan kelembagaan dan penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuan dari kegiatan ini adalah Sharing terkait penyusunan kurikulum dan penyelenggaraan perkuliahan dengan program MBKM. Kegiatan diawali dengan sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UNJ Dr. Esmar Budi, MT dan Wakil Dekan Bidang Akademik FPMIPA UPI, Dr. rer. nat. Adi Rahmat, M.Si. Pada sesi pertama  diadakan diskusi dan sharing di tingkat dekanat dan  masing-masing program studi. Kegiatan diskusi berlangsung hangat dan efektif karena UNJ dan UPI telah lama menjalin kerjsama dalam berbagai program. Kegiatan ini telah menghasilkan beberapa kesepakatan pelaksanaan MBKM pada tahun akademik 2022/2023.

Sesi berikutnya adalah presentasi masing-masing program studi terkait kerjasama penyelenggaraan program MBKM dan kerjasama dalam bidang lain seperti, pertukaran dosen pembimbing dan narasumber, penelitian, pengabdian, dan pengelolaan jurnal. Kesepakatan pelaksanaan MBKM antara lain adalah terkait 20 SKS di luar prodi yang tentunya harus didukung oleh sistem informasi akademik yang menunjang, pelaksanaan pertukaran mahasiswa dapat secara daring atau luring. Pihak dekanat di bidang akademik, bidang umum dan keuangan, juga bidang kemahasiswaan juga telah berhasil berbagi informasi yang sangat membangun untuk kemajuan di bidangnya masing-masing

Pertemuan ini telah menghasilkan kesepakatan yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, di tingkat program studi, fakultas dan universitas. Kegiatan ditutup pada sore hari oleh Wakli Dekan Bidang Akademik dari UNJ dan UPI.

Leave a Comment