Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) jenjang Magister Pendidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (FMIPA UNJ) telah dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Agustus 2022 secara daring. Kegiatan berlangsung dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru jenjang magister pendidikan FMIPA UNJ berjumlah 78 orang yang terdiri dari 26 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika, 14 mahasiswa program studi Pendidikan Kimia, 28 mahasiswa program studi Pendidikan Biologi, dan 10 mahasiswa program studi Pendidikan Fisika, serta 8 orang mahasiswa aktif jenjang magister pendidikan yang bertugas membantu menyukseskan pelaksanaan kegiatan PKKMB FMIPA UNJ 2022. Kegiatan juga diikuti oleh bapak ibu dosen pengajar serta dosen pimpinan yang terdiri dari dekanat dan jajarannya, serta koordinator program studi FMIPA UNJ.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta MARS UNJ secara hikmad. Kemudian kegiatan dilanjut dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh ketua pelaksana PKKMB, Dr.rer.nat. Bambang Heru Iswanto. Kegiatan PKKBM jenjang magister pendidikan tahun 2022 kemudian dibuka secara resmi oleh Ibu Dekan FMIPA UNJ, Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si, dengan sambutan hangat ibu dekan untuk seluruh mahasiswa baru dan tamu undangan yang sudah hadir. Kegiatan PKKMB kemudian dilanjutkan dengan pengenalan bapak-ibu dosen pimpinan dan dosen koordinator program studi FMIPA UNJ yang dipandu oleh Wakil Dekan II FMIPA UNJ, Drs. Sudarwanto, DEA dengan harapan mahasiswa baru dapat mengenal bapak-ibu dosen yang bertugas sesuai fungsi dan tupoksinya di FMIPA UNJ.

Inti kegiatan diisi dengan sosialisasi pengenalan sistem akademik, sistem keuangan, dan sistem kemahasiswaan FMIPA UNJ jenjang magister pendidikan oleh bapak-ibu wakil dekan FMIPA UNJ. Materi pertama terkait sistem akademik disampaikan oleh Dr. Esmar Budi, M.T., selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FMIPA UNJ, dilanjutkan dengan materi kedua terkait sistem keuangan yang disampaikan oleh Drs. Sudarwanto, DEA, selaku Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan FMIPA UNJ. Materi terakhir terkait sistem kemahasiswaan disampaikan oleh Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si, selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama dan humas FMIPA UNJ. Setelah penyampaian materi selesai, moderator yang bertugas memandu kegiatan diskusi antara mahasiswa baru dengan bapak-ibu pemateri dan diskusi berlangsung dengan aktif.

Kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan dialog dan diskusi bersama koordinator Program Studi Magister Pendidikan MIPA yang terdiri Dr. Makmuri, M.Si selaku Korprodi Magister Pendidikan Matematika, Dr.rer.nat. Bambang Heru Iswanto selaku Korprodi Magister Pendidikan Fisika, Dr. Afrizal, M.Si selaku Korprodi Magister Pendidikan Kimia dan Dr. Supriyatin, M.Si selaku Korpodi Magister Pendidikan Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui breakout rooms, dihadiri jugaoleh bapak ibu pengajar. Materi diskusi berkisar pada struktur kurikulum dan penyelesaian tugas akhir tesis oleh koordinator program studi serta penjelasan singkat terkait deskripsi mata kuliah yang disampaikan oleh masing-masing pengajar.

Melalui sosialisasi tersebu, kegiatan PKKMB diharapkan dapat memberikan informasi orientasi yang bermanfaat untuk mahasiswa baru dan mendukung kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan di FMIPA UNJ.

Selamat datang mahasiswa baru Magister MIPA 2022

Leave a Comment