Pada tanggal 27-29 November 2022, telah dilaksanakan acara Lokakarya Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Penyusunan Program Kerja Asosiasi MIPA LPTK Indonesia oleh 12 perwakilan FMIPA perguruan tinggi yang tergabung dalam AMLI di UTC dan FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini dilakukan sehubungan dengan keberlangsungan kerjasama antar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di lingkungan Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) serta penyusunan program kerja AMLI 2023-2025.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang akademik UNJ, Prof. Dr. Suyono, M.Si. mengungkapkan semangat mendorong maju dalam rangka meningkatkan kualitas FMIPA sehingga dapat melayani seluruh masyarakat Indonesia secara merata serta membangun diskusi program kerja yang baik agar setiap program studi mendapatkan kualifikasi mahasiswa yang sesuai dan menghasilkan lulusan sarjana yang siap industri.

Pembahasan identifikasi diskusi usulan program dipandu oleh ketua AMLI, Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si. mengenai analisis SWOT. Melalui paparan tersebut, keunikan dan keunggulan institusi masing-masing bisa menjadi kesatuan untuk mengoptimalisasikan potensi kinerja AMLI serta masukan program kerja yang dapat dilakukan dalam mengatasi tantangan dan kelemahan yang ada. Pada hari pertama kegiatan ini, para hadirin dipersilahkan untuk memberikan masukan dan saran program kerja yang bisa diimplementasikan. Usulan-usulan tersebut antara lain menyediakan fasilitas kolaborasi riset dan database instrumen, workshop pengembangan kurikulum, pembinaan untuk memicu prestasi mahasiswa, serta peningkatan kebijakan MBKM. Setelah itu, dilakukan kegiatan serah terima dokumen pengurusan AMLI untuk masing-masing perwakilan perguruan tinggi yang dilanjutkan oleh penandatanganan PKS 12 MIPA LPTK dan diskusi usulan program AMLI.

Diskusi program kerja dan sharing dilanjutkan pada hari kedua sesuai dengan bidang anggota yang berlangsung di ruang sidang GHA UNJ. Pelaksanaan berlangsung efektif dimana semua anggota menyampaikan pendapatnya sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dan memberikan insight baru untuk menyusun program kerja yang membangun selama penyelenggaraan  AMLI kedepannya.

Pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan rapat pleno dan finalisasi program kerja yang akan diaplikasikan selama periode 2023-2025. Masing-masing wakil bidang menyampaikan hasil diskusi dan usulannya. Pembahasan Wakil Dekan 1  terkait dengan akademik AMLI meliputi:

  • Program mobilitas internasional dosen dan mahasiswa (MBKM) dengan melibatkan seluruh anggota AMLI;
  • Program Akreditasi NasionalLAMSAMA dan LAMDIK AMLI, dalam rangka menyelesaikan permasalahan dan kendala usulan akreditasi nasional;
  • Program Akreditasi Internasional ASIIN;
  • Program Seminar Internasional AMLI, dimana setiap anggota AMLI wajib mengirimkan peserta dan memungkinkan publish artikel di jurnal prodi.

Topik yang disampaikan oleh Wakil Dekan 2 antara lain:

  • Pengelolaan Income Generating Revenue dengan kebijakan yang jelas dan fleksibel sehingga mendukung kegiatan tridarma;
  • Tarifikasi dan pengelolaan layanan laboratorium melalui peraturan rektor dan diikuti mekanisme pengelolaan yang jelas;
  • Pengelolaan Unit Usaha oleh Fakultas dengan pengembangan dan pelatihan;
  • Pengembangan karir dan kesejahteraan pegawai.

Terakhir Wakil Dekan 3 menyampaikan rencana program kerja bidang kemahasiswaan AMLI melalui berbagai inovasi. Tujuan dari program ini adalah mengoptimalisasikan jumlah mahasiswa dan dosen pembina untuk meraih prestasi tingkat nasional maupun internasional. Program tersebut diimplementasikan melalui penyelenggaraan kompetisi dan kegiatan workshop oleh AMLI seperti kompetisi paduan suara, DIMAS TI, MTQ, PKM, KN MIPA, dan workshop kreativitas dan inovasi kemahasiswaan dengan kebijakan dan ketentuan yang sistematis.

Para hadirin dengan antusias mengikuti tahap demi tahap acara dengan mengembangkan usulan-usulan yang solutif. Tercapainya susunan program AMLI yang terstruktur diharapkan bisa mengembangkan AMLI dalam rangka meningkatkan kualitas FMIPA untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dokumen presentasi dan informasi terperinci pada kegiatan ini dapat diakses melalui laman AMLI.

Leave a Comment