You are currently viewing Pelatihan Asisten Laboratorium Rumpun Kimia 2022

Pelatihan Asisten Laboratorium Rumpun Kimia 2022

Jakarta – Dalam rangka melatih keterampilan dasar dalam mengelola laboratorium mahasiswa rumpun kimia tahun angkatan 2019 yang akan menjadi asisten laboratorium TA. 2022/2023, maka baik Program Studi Kimia maupun Pendidikan Kimia membuat agenda “Pelatihan Asisten Laboratorium Rumpun Kimia 2022”.

Pelatihan ini diadakan dalam 2 rangkaian kegiatan. Rangkaian pertama acara ini dimulai dengan diadakannya sosialisasi yang dilakukan pada hari Selasa, 13 September 2022. Sosialisasi dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting pukul 09.00 WIB. Pada sosialisasi ini, mahasiswa diberikan pengarahan umum mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Bapak Fauzan Karim, SKM. M.K.K.K. Agenda sosialisasi ini dimulai dari pengenalan Struktur Organisasi Laboratorium Kimia oleh Ibu Dr. Yusmaniar, M.Si. selaku Kepala Laboratorium Penelitian Kimia, hingga pembagian asisten laboratorium dan jadwal praktikum yang akan berjalan di Semester 117. Dengan adanya pelatihan K3 ini, diharapkan mahasiswa rumpun kimia terutama yang akan menjalankan tugasnya sebagai asisten laboratorium mampu menerapkan tujuan K3, sehingga mahasiswa dapat melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja serta menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.

Setelah itu, rangkaian dilanjutkan dengan pelatihan langsung di Laboratorium Kimia, Gedung Hasyim Asy’ari, FMIPA UNJ pada hari Kamis, 15 September 2022. Pelatihan dimulai pukul dengan materi pelatihan mengenai keterampilan dasar dalam menggunakan alat-alat laboratorium oleh para laboran dari laboratorium Kimia FMIPA UNJ. Pelatihan ini disambut antusias oleh para mahasiswa calon asisten laboratorium yang sebentar lagi akan segera menjalankan tugasnya. Pelatihan Asisten Laboratorium Rumpun Kimia 2022 dihadiri banyak mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program studi kimia dan pendidikan kimia, serta para dosen dari kedua rumpun. Pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola laboratorium dan menggunakan alat-alat laboratorium dengan tetap menerapkan aturan dan etika kerja di laboratorium.

Tinggalkan Balasan